Panduan Stat Honkai Star Rail, 4 Stat Baru Wajib Perhatikan!

stat honkai star rail stat guide

Stat adalah suatu hal yang sangat penting kamu mengerti saat bermain Honkai Star Rail, terutama untuk optimalisasi build karakter.

Game dengan sistem gilir atau turn-based game ini memerlukan build yang mumpuni karena kekuatan, kecepatan, dan keberhasilan kamu saat melawan musuh.

Berbeda dengan game pendahulunya yaitu Genshin Impact, terdapat 4 stat baru yang sangat penting kamu perhatikan saat build karakter di Honkai Star Rail ini. 

Oleh karena itu, kali ini kami akan membahas lengkap mengenai stat Honkai Star Rail agar mempermudah kamu bermain game ini.

Baca juga: Panduan Honkai Star Rail: Gameplay, Karakter, dan Lainnya

Stat Honkai Star Rail: Definisi, Kategori , Jenis Stat

Kita akan mengupas tentang definisi, kategori stat hingga jenisnya. Hal ini agar kita sama-sama memahami apa itu stat Honkai Stat Star Rail.

Definisi

stat honkai star rail relics stat
Stat Pada Relics (source: VCGamers)

Stat atau biasa disebut juga sebagai atribut di game Honkai Star Rail adalah sebuah angka tertentu yang digunakan mengatur pertarungan dan eksplorasi di Honkai Star Rail. 

Berbagai stat ini dapat mempengaruhi kekuatan karakter, seberapa cepat karakter dapat menggunakan kemampuan atau serangan ultimate, kemampuan memulihkan HP, dan kemampuan bertahan hidup karakter.

Stat pada dasarnya dimiliki oleh karakter seperti ATK, HP, DEF, dan lainnya. Tapi ada beberapa stat tambahan juga yang harus kamu dapatkan dari set relics atau pasif lightcones.

Pada Honkai Star Rail kelas dan kemampuan setiap karakter dibagi atas Path. Path inilah yang akan menentukan peran karakter.

Misalnya, Path Preservation untuk Tanker, Path Destruction untuk DPS solo target, Abundance untuk Healer, dan masih banyak lagi.

Perbedaan Path karakter ini menentukan stat mana yang harus kamu optimalisasi agar kemampuan karakter tersebut semakin bersinar. 

Selain Path, elemen karakter juga berpengaruh untuk menemukan titik lemah musuh atau melakukan debuff pada musuh. Path dan Element tidak terlalu berhubungan namun saling memperkuat karakter.

Kategori dan Jenis Stat Honkai Star Rail

stat honkai star rail lightcone stat
Stat pada Light Cone (source: VCGamers)

Pada game Honkai Star Rail, terdapat berapa Atribut dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori: Basic (stat dasar), Advanced (tambahan atau lanjutan), dan Elements.

Stat Dasar adalah stat yang dapat ditingkatkan dengan mudah oleh pemain dengan meningkatkan level dan ascension karakter.

Stat ini akan otomatis naik saat kamu meningkatkan level karakter atau dapat diperoleh dari stat utama relics atau lightcone. Stat yang termasuk stat dasar adalah sebagai berikut: 

  • HP (Health Point)
  • ATK (Attack)
  • DEF (Defense)
  • SPD (Speed)

Stat Lanjutan adalah stat yang dibutuhkan karakter dan belum tentu akan kamu dapatkan dari kenaikan level atau ascension karakter. 

Advanced stat ini akan kamu dapatkan dari relics atau lightcone saja. Stat lanjutan terdiri dari :

  • Crit Rate (Critical Rate)
  • Crit DMG (Critical DMG)
  • Break Effect
  • Outgoing Healing Boost
  • Max Energy
  • Energy Regeneration Rate
  • Effect Hit Rate
  • Effect RES

Stat Elemen adalah stat yang berhubungan dengan elemen yang dimiliki oleh karakter. Element (contoh: Quantum, Fire, Ice, dan sebagainya) Boost DMG dan Element RES Boost termasuk dalam kategori stat ini.

Baca juga: Rekap Honkai Star Rail Special Program, Umumkan Tanggal Rilis!

Stat Baru

stat honkai star rail 4 new advanced stat
Stat Baru.(source: VCGamers)

Sebagian besar stat pada game Honkai Star Rail mirip dengan game pendahulunya terutama dengan Genshin Impact.

Kemiripan ini tentunya akan memudahkan kamu bermain Honkai Star Rail apabila sebelumnya sudah bermain game yang dirilis oleh HoYoVerse lainnya terlebih dahulu.

Namun, ada beberapa stat baru yang mungkin akan sedikit membingungkan karena fungsinya seperti apa untuk karakter.

Stat baru tersebut adalah: Speed (SPD), Break Effect, Hit Rate, dan Energy Regeneration Rate.

Speed (SPD)

Speed atau SPD adalah stat yang menyatakan seberapa cepat interval durasi anatar asaat karakter menyelesaikan aksi (giliran) mereka dan memulai giliran lainnya.

SPD juga sangat mempengaruhi urutan aksi yang akan dillakukan karakter ketika memasuki mode bertarung.

Break Effect

Break Effect adalah stat yang meningkatkan Weakness Break Effect yang diberikan karakter kepada musuh.

Hal ini mempengaruhi DMG dari Weakness yang diberikan, seberapa besar Damage over Time (DoT) dari elemen yang ada di Honkai Star Rail, serta seberapa lama durasi debuff untuk menghambat serangan musuh.

Effect Hit Rate

Effect Hit Rate atau Hit Rate adalah stat yang dapat meningkatkan kemungkinan karakter untuk melakukan debuff terhadap musuh.

Semakin besar Effect Hit Rate yang dimiliki oleh karakter, semakin besar karakter tersebut memberikan debuff pada musuh.

Energy Regeneration Rate (ERR)

Energy Regen Rate (ERR) adalah stat yang bisa dibilang paling langka dan sulit didapatkan oleh sebagian besar pemain Honkai Star Rail. ERR hanya bisa kamu dapatkan dari Relics, terutama pada bagian Link Rope dan Planar. 

Fungsi dari ERR adalah untuk melipatgandakan Energy yang dihasilkan oleh serangan (Normal, terkena serangan musuh, skill, dan lainnya) yang digunakan untuk menggunakan serangan Ultimate.

Sehingga, durasi yang kamu butuhkan untuk mengumpulkan energi lebih singkat dan kamu bisa menggunakan Ultimate menjadi lebih sering.

Baca juga: Yuk Beli Voucher VCGamers di CariParkir, Diskon 50 Persen!

Game ini masih sangat terbilang baru namun memiliki potensi untuk menjadi terkenal seperti game HoYoVerse lainnya.. Jangan lupa untuk penuhi kebutuhan game HoYoVerse seperti Crystal Genshin Impact di tempat terpercaya seperti di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!