Apa Itu Flow? Simak Penjelasannya Di Sini!

Apa Itu Flow

Apa itu dlow? Hal ini adalah sebuah inovasi baru dalam teknologi blockchain. Sebuah blockchain yang saat ini memiliki pasar NFT populer seperti NBA Top Shot, NFL All Day, dan UFC Strike. 

Tidak hanya itu, Flow juga merupakan salah satu blockchain yang kompatibel untuk Instagram dalam menampilkan koleksi NFT di feed pengguna Instagram. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang teknologi ini, baca artikel berikut. 

Apa Itu Flow?

Apa Itu Flow
Mengenal koin Flow

Flow adalah blockchain Proof of Stake (PoS) layer-1 yang diluncurkan oleh Dapper Labs pada tahun 2020. Dapper Labs sebelumnya dikenal karena menciptakan Crypto Kitties yang terkenal, yang merupakan salah satu pelopor game berbasis NFT dan blockchain.

Crypto Kitties yang diluncurkan pada tahun 2017 di blockchain Ethereum tumbuh begitu cepat sehingga terpukul. Inilah yang mendorong Dapper Labs untuk membuat blockchainnya sendiri, karena Ethereum pada saat itu dapat memproses 30 transaksi per detik.

Blockchainnya dikenal dengan sistem pendukung bisnis yang cepat, murah, terdesentralisasi, dan ramah pengembang. Token ini dirancang untuk aplikasi Web3 yang membutuhkan pengalaman pengguna seperti bermain game, NFT, metaverse, untuk menghasilkan uang.

Banyak produk yang dibangun di blockchainnya berfokus pada olahraga dan NFT seperti NBA Top Shot, NFL All Day, UFC Strikes, dan lainnya. Mengacu pada Flowverse, saat ini ada lebih dari 300 proyek dalam pengembangan di blockchainnya.

Pengguna dapat menggunakan Dapper Wallet dan dompet lainnya untuk melakukan berbagai transaksi pada produk teknologi ini.

Untuk mendukung ekosistem blockchain, tenologi ini meluncurkan stablecoin Flow USD (FUSD) yang dipatok terhadap dolar AS dengan rasio 1:1. BUSD digunakan untuk mendukung transaksi pembayaran bagi pengembang yang membangun sistem di blockchainnya.

Setelah memulai FUSD, Flow dan Prime Trust, sebuah perusahaan real estate yang berbasis di AS. Namun, stablecoin yang digunakan tidak hanya BUSD. Flow juga mendukung penggunaan USDC di jaringannya.

Cara Kerja Flow

Kegunaan web 3.0
Cara kerja teknologi blokchain

Seperti disebutkan di atas, Flow adalah blockchain yang menggunakan Proof of Stake (PoS). Kontrak ini menggunakan blockchain (yang bertindak sebagai node) untuk memproses dan mendukung transaksi.

Dalam model blockchain yang khas, node menyimpan semua data dan melakukan proses validasi transaksi blok sendiri.

Di blockchainnya, pekerjaan empat portal dibagi menjadi tugas-tugas yang disebutkan di atas dan pembagian vertikal dilakukan. Istilah ini dikenal sebagai pipa.

Saat terjadi transaksi, setiap node hanya melakukan satu transaksi sehingga bisa fokus pada pekerjaannya. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi pada setiap tahap dukungan bisnis.

Proses ini juga memungkinkannya memberikan produktivitas ribuan kali lipat dengan biaya lebih rendah. Flow mengimplementasikan sistem multi-node ini untuk memecahkan masalah skalabilitas yang dihadapi oleh blockchain generasi pertama seperti Ethereum.

Baca juga: Pengertian Inside Bar Candle Dan Cara Mengenalinya

Bisa Digunakan Sebagai Investasi

Portofolio Crypto
Koin NFT sebagai salah satu investasi terbaik

Menurut Coinmarketcap, FLOW menempati peringkat ke-32 dalam kapitalisasi pasar sebesar $1,75 miliar dan memiliki sirkulasi 1,04 miliar koin.

Saat ini, per 5 Oktober 2022, harganya FOW 1,69 dollar AS dengan volume perdagangan 44.881,137 dollar AS. FLOW mencapai harga tertinggi atau All Time High (ATH) satu kali dengan menyentuh harga US$46,16 pada tanggal 5 April 2021.

Ketika FLOW dirilis, 1,25 miliar FLOW dibuat dan didistribusikan kepada pemegang FLOW dengan 32 persen bagian untuk pengembangan ekosistem, 20 persen untuk Dapper Labs, 18 persen untuk pengembang, 11,1 persen untuk donasi besar, 10 persen untuk komunitas, dan 8,9 persen untuk donatur kecil .

Dengan blockchain yang cepat dan mudah digunakan, ia bekerja dengan baik dengan banyak perusahaan game dan NFT. Selain itu, teknologi juga bekerja sama dengan forum-forum besar seperti NBA, UFC, Instagram, Ticketmaster, OneFootball, dan forum lainnya. Diperkuat oleh prinsip-prinsip inti ini, masa depan FLOW patut mendapat perhatian kita.

Jadi, apa itu flow? Teknologi blockchain yang mendukung segala aktivitas seni yang bisa kamu beli sebagai investasi di masa depan.

Baca juga: Marubozu Candle: Definisi, Fungsi, Cara Memanfaatkannya untuk Trading

Kamu juga bisa membeli VCG Token di Inodax dan BitMax sebagai investasimu. Token crypto ini dirilis oleh VCGames sebagai bentuk dukungan pada perkembangan game web3 di Indonesia.

Dapatkan update VCG Token terbaru hanya di VCNews!

Artikel Crypto oleh PINTU


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!