6 Alasan Solo Leveling Jadi Anime yang Laris

Solo Leveling

Siapa yang tidak tahu Solo Leveling? Anime ini menjadi produk Korea Selatan yang tak kalah kondang dari BTS dan Black Pink. Sebenarnya apa yang membuat Anime dengan latar Isekai ini laris manis, terutama di Indonesia? 

Nah, pada pembahasan kali ini kita akan membahas secara singkat alasan yang membuat anime asal Korea Selatan ini cukup diminati.

Sebelum membahasnya lebih jauh, untuk kamu yang belum sempat melihat anime ini berikut akan dijelaskan sinopsis singkat dari anime Solo Leveling.

Baca juga: Infinix ZERO 30 4G: Spesifikasi dan Harga Resminya di Indonesia

Ulasan Singkat Anime Solo Leveling

Ulasan Singkat Anime Solo Leveling
(Source: IDLIX Official Website/Google)

Anime ini bermula ketua sebuah portal menuju Dungeon terbuka dan menyebabkan banyak monster yang masuk ke dunia manusia.

Monster tersebut tidak bisa dibunuh dengan senjata konvensional sekalipun yang tercanggih. 

Jika dalam kurun waktu yang sudah ditentukan manusia tidak bisa mengalahkan bos Dungeon maka dunia manusia akan dikuasai monster. 

Namun, monster tersebut menjadi berkah tersendiri bagi umat manusia karena ketika berhasil dibunuh mereka akan mengeluarkan kristal yang berharga sangat mahal. 

Dengan kristal tersebut para karakter Solo Leveling (Hunter) juga dapat membangkitkan kekuatan unik.

Sayangnya, tokoh utama dalam anime ini, Sung Jinwoo menjadi Hunter yang paling lemah sepanjang sejarah.

Dalam dunia Solo Leveling, Hunter dibagi dalam rank tertinggi S hingga terendah E. Nah, Sung Jinwoo berada di rank E. 

Sangat mustahil Jinwoo menjadi kuat karena tidak ada sistem level dan EXP dalam dunia Solo Leveling.

Tapi berkat rentetan kejadian absurd Jinwoo menjadi yang terkuat berkat kemustahilan itu. Hingga Jinwoo menjadi yang berbeda diantara para Hunter lainnya. 

Alasan Anime Solo Leveling Banyak Digemari

Alasan Anime Solo Leveling Banyak Digemari
Solo Leveling Ragnarok. Source: Youtube.

Secara konsep anim ini ya mirip-mirip dengan anime isekai pada umumnya. Akan tetapi popularitasnya hari ini Solo Leveling mempunyai lebih banyak penonton dalam waktu singkat daripada anime isekai seperti Overlord dan Sword Art Online

Pertanyaannya, mengapa anime isekai ini bisa menjadi paling populer diantara anime isekai yang banyak sekali?

Saking banyaknya penggemar anime ini mereka sempat membuat server streaming anime down gara-gara episode dua rilis. 

Terlepas dari itu semua mari kita bahas alasan dibalik anime isekai Solo Leveling menjadi sangat populer, simak penjelasannya berikut ini: 

Intro Anime yang Bagus

Intro Anime yang Bagus
Solo Leveling. Source: VCGamers

Penilaian ini agak bersifat subjektif tetapi kalau dipikir-pikir karakter Solo Leveling yang lemah di awal perkenalan cerita menjadi daya tarik tersendiri. 

Jika kita melihat anime isekai Sword Art Online, Kirito sang tokoh utama sudah jago berpedang sejak awal. Kemudian jika kita melihat anime Overlord, tokoh utamanya adalah seorang dewa yang punya segalanya. 

Nah, anime ini berani tampil beda dari kompetitor pendahulunya tersebut. Meskipun pada akhirnya sang tokoh utama menjadi kuat tetapi pada awal cerita kerja keras Jinwoo menjadi daya tarik anime ini.

Daya tarik anime ini ada pada perjalanan Jinwoo yang dalam menyelesaikan quest setiap harinya. Mulai dari lari 10 Km, sit up, push up, dan quest simple lainnya yang justru malah menarik untuk diikuti. 

Baca juga: NBA 2K24 PS5, Game Basket Terbaik yang Pernah Dibuat

Alur Cerita Solo Leveling 

Alur Cerita Solo Leveling 
Ragnarok Leveling. Source: Anime Soul.

Anime ini mengusung alur cerita yang menarik, sepanjang perjalanan Solo Leveling menampilkan konsep game RPG dalam setiap pertarungannya. 

Setiap item drop yang Jinwoo temukan bakal berguna untuk meningkatkan kemampuannya. Setiap item tersebut mempunyai kelebihan dan efek sampingnya masing-masing. 

Dari sistem item tersebut, anime ini berhasil menggeser anime kompetitor pendahulunya seperti Sword Art Online, Overlord, dan masih banyak lainnya.

Meski termasuk anime fantasy yang menggambarkan berbagai kekuatan super. Anime asal Korsel ini menyajikan cerita dan pertarungan yang lumayan realistis. 

Bisa dibilang porsi fantasi dengan realita yang ada disajikan dengan seimbang. Kita lihat anime One Punch Man, karakter yang ada disana rasanya kurang realistis. Apaligi jika mereka termasuk pahlawan rank tinggi. 

Hal semacam ini tidak berlaku di anime Solo Leveling, karena para Hunter class S tetap mempunyai rasa takut saat menghadapi musuh yang tidak sebanding.

Trauma pasca pertarungan juga tergambarkan dengan apik oleh author. Seperti pada adegan shell shock yang dialami oleh Lee Joohee pasca dirinya selamat dari Double Dungeon.

Baca juga: Supermarket Simulator: Gameplay, Spesifikasi PC, dan Harganya 

Visualisasi Karakter dan Lingkungan

Visualisasi Karakter dan Lingkungan
Choi Jong-In. Source: Youtube/Bansh Sama

Visualisasi karakter dan lingkungan di anime Solo Leveling sangat bagus bahkan versi manhwanya sudah full warna. 

Salah satu potongan komik yang memorable karena dijadikan bahan meme di Indonesia adalah saat Jinwoo dan Hunter lain bersujud di hadapan tiga patung raksasa. 

Selain itu desain karakter yang ada di anime ini adalah desain karakter. Mungkin karakter manusia kurang bisa untuk menggambarkan keberhasilan visualisasi sang author. 

Akan tetapi jika kita melihat visualisasi karakter yang ada pada Shadow Army maka akan berhasil menilai kalau visual anime ini berkelas. Author anime ini berhasil menggambarkan Shadow Army dengan detailnya masing-masing. 

Pengembangan Karakter Jinwoo

Pengembangan Karakter Jinwoo
Solo Leveling. Source: Solo Leveling/Facebook

Jika bicara mengenai pengembangan karakter, sebenarnya yang dialami Jinwoo tidak sedalam pengembangan karakter Vinland Saga Thorfinn. 

Akan tetapi, pengembangan karakter Jinwoo yang berkaitan dengan kekuatan dan ketampanannya menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian kalangan. 

Perjalanan Jinwoo tidak sebagus Thorfinn tapi tetap saja syarat akan makna. Jinwoo tidak mendapat kekuatan instan, jika ingin naik level Jinwoo harus menyelesaikan banyak Quest yang tidak mudah. 

Perjuangan Jinwoo ini yang menarik sekali untuk diikuti. Apalagi di awal cerit dirinya sangat lemah dan bahkan hampir mati oleh monster sekelas goblin. 

Baca juga: 10 Link Download Mod Bussid Truck Canter Muatan Berat

Pertarungannya Epic dan Menegangkan

Pertarungannya Epic dan Menegangkan
Manhwa Solo Leveling. Sumber: Comic Para Todos

Pada perjalanan awal chapter mungkin agak menyedihkan ketika melihat karakter utama Solo Leveling yang lemah dan tak berguna. Tapi ke belakang pertarungan Jinwoo bakalan semakin epic.

Pertarungan yang akan Jinwoo hadapi selalu berhasil membuat penonton merasa tegang dan penasaran akan kelanjutan misterius.  

Kombinasi Visual, Cerita, dan Pengembangan Karakter yang Berhasil 

Kombinasi Visual, Cerita, dan Pengembangan Karakter
Sung Jinwoo. Source: VCGamers

Alasan keempat ini yang menempatkan Solo Leveling menjadi anime isekai terbaik sepanjang masa. Kombinasi antara anime isekai power fantasi dengan konsep RPG di dalamnya adalah daya tarik anime ini. 

Konsep rank yang berlaku di kalangan para Hunter dan portal Dungeon yang dikulik dengan detail membuat cerita anime ini sangat kaya. 

Kompleksitas lainnya yang menambah kedalaman cerita anime ini ada pada pembagian rank dungeon dan monster-monster yang ada di dalamnya. 

Pertemuan antar Hunter dari lintas negara juga turut menjadi daya tarik dari anime ini. Saking detailnya anime ini bahkan build item dalam anime ini juga berlaku. 

Memang anime seperti Shield of Hero, Overlord, SAO, dan Mushoku Tensei memang bagus untuk diikuti. Hanya saja Solo Leveling berhasil mengenalkan karakter anime ini dengan baik. 

Baca juga: 5 Situs Nonton Anime Legal dan Sub Indo Terbaik!

Bingung cari tempat Top Up game dan berlangganan produk digital? Kunjungi VCGamers Marketplace sekarang juga!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!