Tips Epic Comeback Mobile Legends, Tim Lawan Auto Kesel!

Epic Comeback

Epic Comeback merupakan hal yang diinginkan tim yang kalah dalam hal mengeliminasi. Namun, hal ini menjadi suatu hal yang menguntungkan bagi tim yang mampu melakukannya.

Kekalahan dalam game sering kali menghantarkan banyak player Mobile Legends mencicipi pahitnya lost strike.

Ya, epic comeback dapat menjadi modal penting bagi banyak orang agar terhindar dari kekalahan. Lantas sebenarnya, apa sih sejatinya epic comeback itu?

Kami yakin, semua pemain ML pasti pernah merasakan kondisi ini, terlepas itu disengaja ataupun tidak. Di beberapa pertandingan kelas tinggi bahkan, skema ini merupakan sebuah setup yang biasa digunakan – khususnya oleh para pro-player.

Yap, pada konteks itulah epic comeback bisa dikatakan sebagai suatu kesengajaan. Lantas untuk bisa membahas lebih jauh mengenai kondisi ini, bisa banget menyimak artikel yang satu ini.

Dijamin apabila sudah selesai, kalian bisa langsung menerapkannya di pertandingan. So, cekidot yah!

Baca juga: Rekomendasi 4 Hero Counter Sun MLBB Terbaru 2023

Apa itu Epic Comeback?

Martis Hero Tabrak Epic Comback
Martis Hero Tabrak Epic Comback. Sumber: VCGamers

Pembahasan akan dimulai dari sejatinya epic comeback itu sendiri. Tentu ini bukan sesuatu yang asing di mata para pemain ML, baik di tier rendah (Grand Master ke bawah), menengah (Epic), maupun tinggi (Legend ke atas).

Namun VCGamers yakin, bahwa tidak semua pemain sudah memahami esensi dari skema ini. Nah, supaya bisa berangkat dari poin pemahaman yang sama akan coba dipaparkan beberapa basik-basiknya terlebih dahulu.

Epic comeback merupakan keadaan yang menggambarkan ketika suatu pihak yang terlihat sudah terdesak pada suatu pertandingan, ternyata berhasil membalikkan keadaan dan akhirnya mendapatkan kemenangan.

Kondisi ini menunjukkan bahwa ML sendiri bukanlah suatu permainan yang pasti dan memiliki banyak kemungkinan.

Segala hal dapat terjadi sampai base turret benar-benar hancur. Dengan begitu kedua belah tim bisa mengupayakan kemenangan hingga titik darah penghabisan.

Baca juga: 7 Hero yang Cocok untuk Counter Chou di MLBB 2023

Tips Setup Epic Comeback

Akai Meta Tank Sawi
Akai Tank Sawi. Sumber: VCGamers

Meski begitu, di beberapa pertandingan, skema epic comeback perlu untuk dijadikan suatu setup agar mendapatkan kemenangan.

Ini terjadi ketika tim lawan mengalami dua kondisi:

  • Menerapkan setup fighter “tabrak” early-mid game;
  • Berhasil melakukan snowballing ke late game.

Apabila dua hal tersebut sudah terjadi, mau tak mau, setup ini harus diambil. Namun tentu ada perbedaan di masing-masing kondisi tersebut. Ini penting di kritisi agar kalian nantinya tidak salah mengambil langkah.

Musuh Menggunakan Setup Fighter Tabrak

Tentu kondisi ini sudah bisa terlihat dari fase draft pick sendiri. Apabila tim lawan mengambil fighter “barbar” sebagai core (Martis, Alucard, Freya, dll.), mau tidak mau, skema ini harus diamankan dari awal. Jangan memaksa untuk war dan usahakan untuk bisa sampai pada late game.

Musuh Berhasil Snowballing

Ini sering terjadi apabila musuh mengambil setup tank ‘sawi’, berhasil mendapatkan banyak turtle dan lord, serta memenangkan war.

Bila begini, mau tak mau tim akan mengalami kalah gold maupun level. Upayakan untuk farming terlebih dahulu dan menunggu musuh melakukan blunder.

Baca juga: Mengenal apa itu Physical Attack dan Fungsinya di MLBB

Tips Epic Comeback

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kamu ingin epic comeback di dalam game. Hal ini bisa kamu coba agar tidak kalah saat melawan hero lawan.

Jangan Terlalu Banyak War

Jika tim kalian dirasa sudah cukup tertekan, baik di masing-masing lane maupun ketika dihutan, pastikan agar kalian tidak banyak melakukan war.

Fokus kepada objektif dan utamakan farming. Ini akan memperbesar kemungkinan kalian bertahan hingga akhir dan mendapatkan epic comeback.

Jangan Banyak Melakukan Blunder

Blunder adalah kunci kekalahan. Karena itu jangan sampai tim kalian banyak melakukannya.

Hindari kesalahan-kesalahan fatal seperti feeder, mukil tanpa memedulikan objektif, mengabaikan lane, dan lain sebagainya.

Tunggu Momen

Dan sebaliknya tunggu saatnya musuh melakukan blunder. Ini bisa hadir dengan berbagai bentuk, baik ketika anggota tim lawan ada yang offside, upaya ganking yang terlalu over-committed, mencolong lord/turtle, dan lain sebagainya.

Manfaatkan momen-momen ini untuk kepentingan tim kalian, agar nantinya gap perolehan (gold maupun level) menjadi semakin kecil dan akhirnya mampu epic comeback.

Victory Epic Comeback
Victory Epic Comeback. Sumber: VCGamers
Baca juga: Sistem Tier Mythic MLBB Terbaru di Season 28, Simak!

Pada dasarnya, pengetahuan seperti ini sudah dapat dilakukan secara sadar oleh para player, karena ini semua bagian dari makro. Apabila makro yang dimiliki sudah baik, poin-poin di atas akan otomatis dimiliki.

Jangan lupa, Top Up Diamond Mobile Legends Murah, Cepat dan Aman di VCGoamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!