Cara Mengaktifkan Steam Mobile Authenticator, Catat Ini!

steam mobile authenticator

Steam benar-benar platform yang bagus untuk mengunduh dan memainkan game PC. Kamu bisa menggunakan steam mobile authenticator di HP. 

Platform ini telah menjadi sangat populer selama bertahun-tahun dan telah menjadi platform masuk bagi jutaan pengguna untuk mengunduh dan bermain game online. Meskipun Steam pada dasarnya adalah platform game, ia masih memiliki banyak fitur jejaring sosial. 

Misalnya, di platform, kamu dapat menambahkan teman untuk bermain game, mengobrol dengan mereka, bertukar file, dan banyak hal lainnya. Menjadi platform jejaring sosial dan permainan, ia memperkenalkan fitur keamanan steam mobile authenticator.

Apa Itu Steam Mobile Authenticatorr? 

Steam mobile authenticator

Steam mobile authenticator adalah tindakan keamanan tambahan yang memastikan bahwa orang yang mencoba mengakses akun online adalah seperti yang mereka katakan.

Otentikasi dua faktor memerlukan proses login tambahan di mana kamu harus memasukkan kode verifikasi yang dikirim ke nomor telepon atau alamat email. Hanya setelah menerima kode, kamu akan dapat memulihkan akun online-mu.

Steam memiliki dua fitur tetapi memiliki nama yang berbeda,Steam Guard. Kode keamanan Steam akan dikirimkan kepada kamu melalui aplikasi Steam di ponsel atau ke alamat email terdaftar.

Cara Mengaktifkan Steam Mobile Authenticator

Steam mobile authenticator
Cara mengaktifkan steam mobile authenticator

Untuk mengaktifkan steam mobile authenticator atau Steam Guard di akun Steam, ikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini;

  1. Buka Steam di komputer dan klik ikon Steam di sudut kiri atas. Dalam daftar opsi, klik Pengaturan.
  2. Di jendela Pengaturan, klik opsi Akun di sebelah kiri.
  3. Di sebelah kanan, klik opsi Kelola Keamanan Akun Steam. Pilih opsi “Dapatkan Kode Keamanan Steam dari aplikasi Steam di ponsel saya” di Kelola Keamanan Steam.
  4. Sekarang buka aplikasi Steam di ponsel dan klik menu hamburger di sudut kiri atas. Di menu yang muncul, ketuk Steam Guard.
  5. Pada layar Steam Security, klik tombol Add Authenticator. Steam sekarang akan mengirim kode SMS ke nomor telepon yang terdaftar. Kamu harus memasukkan kode ini dan tekan tombol kirim. 
  6. Sekarang Steam akan memberi kode pemulihan. Kamu harus menyimpannya dan menyimpannya di gudang. 
  7. Setelah selesai, kamu akan melihat kode 5 digit di Steam Guard. Kode ini akan berubah secara otomatis dalam hitungan detik. 

Sekarang, setiap kali kamu mencoba masuk ke akun Steam dari perangkat baru, kamu akan diminta untuk memasukkan kode keamanan Steam. Kamu harus memasukkan kode dari ponsel untuk mengakses akun. 

Baca juga: Bisakah Bermain DOTA 2 Steam Deck? Cek Di Sini!

Cara Mendapatkan Kode Keamanan Steam Melalui Email

Steam mobile authenticator

Jika kamu tidak menggunakan aplikasi seluler, kamu dapat memilih untuk menerima kode keamanan Steam melalui email. Jika memilih opsi ini, Steam akan mengirimkan kode verifikasi ke alamat email yang terdaftar. Berikut cara mendapatkan kode otentikasi dua faktor melalui email;

  1. Buka desktop Steam dan klik ikon Steam di sudut kiri atas. Dalam daftar opsi yang muncul, ketuk 
  2. Di jendela Pengaturan, alihkan ke tab Akun di sebelah kiri.
  3. Di sebelah kanan, klik Kelola Keamanan Akun Steam. Pada halaman Manage Steam Guard, pilih “Receive Steam Guard Code by Email”. 

Di atas adalah dua cara terbaik untuk mengaktifkan steam mobile authenticator di akun Steam. Fitur ini akan melindungi game, merchandise, dan data pribadi. Jika kamu memerlukan bantuan lebih lanjut dalam mengelola Steam, beri tahu kami di komentar di bawah.

Baca juga: Update Terbaru Cyberpunk 2077 Steam Deck

Jangan lupa juga untuk top up gaming murah hanya di VCGamers!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!