Tips Memenangkan Tiap Level dan Bos di Game Hades!

Level dan Bos Hades

Memenangkan setiap level dan bos di game Hades tidaklah sulit jika kamu tahu karakteristik setiap monster dan bos.  Untuk membantu kamu, penulis akan membuat panduan supaya kamu bisa memenangkan game Hades!

Panduan Tiap Level dan Bos di Game Hades!

Level dan Bos Hades
Poster Game Hades.

Sebagai pemain game Hades, penulis ingin memberikan panduan agar kamu bisa melewati tiap level dan bos dengan mudah.  Tidak hanya sekedar panduan, tapi juga mulai dari pemilihan Mirror of Night, Keepsake, Boons, hingga karakter musuh tiap level.

Semua yang ada di dalam artikel ini adalah hasil pengalaman penulis yang telah menamatkan game Hades.  Ya, game Hades bisa kamu tamatkan dengan mencoba berhasil kabur sebanyak sembilan kali.

Tanpa berlama-lama, berikut adalah panduannya!

Baca Juga: Karakter Game Hades: Olympians dan Kekuatannya!

Hal Paling Utama: Nectar, Kunci, dan Darkness!

Level dan Bos Hades
Nectar, Chthonic Keys, dan Darkness. Sumber: VCGamers.

Ingat, game Hades adalah game bergenre roguelike!  Review jujur dari penulis adalah kamu tidak akan bisa memenangkan game ini dengan 10 kali percobaan saja.

Yang perlu kamu fokuskan di awal permainan adalah mencari Nectar, Kunci, dan Darkness sebanyak-banyaknya.  Dengan ketiga barang tersebut, kamu bisa meng-upgrade kemampuan kamu untuk bertarung lebih kuat lagi.

Untuk Kunci dan Darkness bisa kamu gunakan untuk membuka Mirror of Night, meng-upgrade kekuatan, hingga membuka senjata baru.

Sedangkan untuk Nectar, kamu bisa memberikannya kepada para penghuni di rumah Hades atau kepada dewa-dewi Olympus yang kamu temui selama perjalanan.

Setelah memberikan Nectar pertama, kamu bisa mendapatkan Keepsake.  Singkatnya, Keepsake adalah “barang sakral” milik para karakter yang bisa kamu pegang selama percobaan kabur.

Setiap Keepsake memiliki kekuatan yang berbeda, tergantung dari dewa-dewi yang memberikannya.  Cobalah mendapatkan semua Keepsake yang ada.

Penulis menyarankan untuk memberikan Nectar pertama kamu kepada Cerberus, Skelly, atau Dusa.  Dari seluruh Keepsake yang ada, ketiga karakter tersebut dapat memberikan Keepsake yang sangat membantu kamu di awal permainan.

Menyusun Prioritas Mirror Of Night

Level dan Bos Hades
Mirror of Night. Sumber: VCGamers.

Karena yang kamu butuhkan adalah durabilitas untuk bisa mencari banyak barang-barang di atas, kamu perlu memiliki skala prioritas di Mirror of Night.

Mirror of Night terletak di dalam kamar Zagreus dan baru terbuka setelah beberapa kali kamu berbincang dengan Dewi NYX.  Sebagai awalan, terdapat empat pilihan status yang bisa kamu upgrade dengan Darkness.

Untuk mendapatkan yang lainnya, kamu perlu mengeluarkan beberapa Chthonic Keys.  Total status yang bisa ditampilkan pada Mirror of Night berjumlah 12.

Kembali ke prioritas, penulis telah membuat saran lima status yang bisa kamu pertimbangkan:

  1. Death Defiance (posisi 3).  Zagreus dapat “hidup kembali” dengan HP 50% setelah darahnya habis.  Dapat di-upgrade hingga maksimal tiga kali.  Death Defiance akan reset setiap Zagreus kembali ke Rumah Hades.
  2. Greater Reflex (posisi 4).  Jumlah “dash” milik Zagreus bertambah satu kali.  Kamu bisa menggunakan ini untuk bergerak lebih cepat.
  3. Chthonic Vitality (posisi 2).  HP Zagreus akan bertambah sedikit saat meninggalkan chamber. HP yang bertambah maksimal 3 HP (maksimal upgrade 3 kali).
  4. Thick Skin (posisi 8, butuh 15 chthonic keys).  Menambahkan Max. HP Zagreus.  Jumlah Maksimal yang bisa Zagreus miliki sejumlah 50 Max. HP.
  5. Infernal Soul (posisi 6, butuh 5 chthonic keys).  Menambahkan jumlah Cast milik Zagreus.  Maksimal Cast yang bisa ditambahkan sebanyak dua buah.

Status di atas bisa kamu atur skala prioritasnya mengikuti chthonic keys yang kamu punya.  Jika kamu belum memiliki chthonic keys sebanyak itu, kamu bisa alokasikan ke status lainnya.

Level dan Bos Hades
Mirror of Night Settingan Penulis. Sumber: VCGamers.

Selama bermain, penulis menggunakan settingan seperti di atas.  Untuk yang berwarna hijau kekuningan, itu adalah status alternatif yang akan terbuka setelah kamu mendapatkan 300 Darkness.

Pintar Menggunakan Keepsake

Level dan Bos Hades
Box Keepsake. Sumber: VCGamers.

Mengulang kembali penjelasan di atas, Keepsake adalah barang kesukaan atau barang sakral milik para karakter di dalam game Hades yang dapat memberikan suatu efek saat menggunakannya.

Untuk mendapatkannya, kamu harus memberikan Nectar kepada karakter tersebut (atau kepada Emblem dewa-dewi Olympus).

Jika ditotal, terdapat 23 Keepsake yang bisa kamu dapatkan (setelah menamatkan game Hades menjadi 25 buah).  sembilan di antaranya berasal dari dewa-dewi Olympus.

Ada dua hal yang perlu kamu tahu tentang Keepsake.  Pertama, kamu bisa menukar Keepsake kamu setelah mengalahkan bos dengan Keepsake lainnya.  Tapi setelahnya tidak bisa menggunakan Keepsake tersebut.

Kedua, setiap Keepsake memiliki rank sampai dengan bintang-tiga.  Untuk mencapai bintang-tiga, kamu harus menggunakan Keepsake tersebut sebanyak 25 + 50 encounters.  Jika kamu melewati chamber shop (Charon) atau Fountain, maka tidak terhitung.

Level dan Bos Hades
Keepsake Pilihan Penulis. Sumber: VCGamers.

Oke, setelah paham dengan kondisi Keepsake, penulis akan memberikan saran Keepsake yang bisa kamu gunakan beserta penjelasan, lokasi, dan alasannya:

  • Tartarus: Pierced Butterfly (Thanatos).  Dapat memberikan tambahan 1/1.5/2% damage jika kamu berhasil menyelesaikan encounter tanpa menerima damage.  Alasannya adalah Tartarus memiliki monster yang sangat lemah jika dibandingkan dengan bioma lainnya.
  • Asphodel: Lambent Plume (Hermes).  Dapat memberikan tambahan 1.0/1.1/1.2% dodge chance dan move speed jika kamu bisa menyelesaikan encounter dengan cepat.  Meski agak kecil, tapi kamu tetap mendapatkan dodge chance.  Berguna untuk melawan Hades.
  • Elysium: Harpy Feather Duster (Dusa).  Terdapat chance 1/2/3% menemukan healing items saat menghancurkan vas.  Sangat berguna untuk survive di Elysium, apalagi jumlah vas di Elysium lebih banyak daripada bioma lainnya.
  • River of Styx-Greece: Lucky Tooth (Skelly).  Zagreus mendapatkan “Death Defiance” tambahan dengan HP sebesar 50/75/100.  Kamu mendapatkan Death Defiance tambahan untuk melawan Hades dan bisa bertahan lama melawannya.
  • River of Styx-Greece: Old Spiked Collar (Cerberus).  Zagreus mendapatkan tambahan Max. HP sebesar 25/38/50.  Ini adalah alternatif pilihan.  Dengan Death Defiance dari Mirror of Night, jumlah HP yang diberikan akan bertambah sedikit.

Gunakan Infernal Arms Sesuai Kemampuan

Level dan Bos Hades
Infernal Arms (Senjata). Sumber: VCGamers.

Infernal Arms adalah sebutan bagi senjata yang digunakan oleh Olympians untuk mengalahkan para Titan.

Pemilihan senjata menentukan kemenangan kamu.  Jika kamu menggunakan senjata yang tidak kamu kuasai, maka akibatnya sangat fatal.

Terdapat enam jenis senjata yang bisa kamu gunakan di dalam game:

  • Stygius, Stygian Blade (Pedang)
  • Varatha, Eternal Spear (Tombak)
  • Coronacht, Heart-Seeking Bow (Busur dan Panah)
  • Aegis, Shield of Chaos (Tameng)
  • Malphon, Twin Fists (Sarung Tinju)
  • Exagryph, Adamant Rail (Gun)

Masing-masing senjata memiliki kelebihan, kekurangan, dan juga blessing dari para dewa-dewi.  Ya, beberapa senjata memiliki kedekatan dengan beberapa dewa-dewi dan dapat memberikan boons khusus sesuai senjatanya.

Secara lengkapnya, penulis akan membuat artikel lain terkait penjelasan seluruh senjata dan Boons yang cocok dengan senjata tersebut.  Stay tune, ya!

Dari segi pengalaman penulis, penulis bisa menyarankan tiga senjata yang cukup over power.  Ketiga senjata tersebut adalah Aegis, Malphon, dan Stygius.

Penulis memberikan julukan senjata termudah kepada Aegis.  Alasannya jelas, Aegis bisa melakukan serangan jarak jauh, bisa menyeruduk, serangan biasa, dan yang paling penting adalah menahan serangan!

Simpelnya, saat musuh kamu menyerang, pastikan Aegis menghadap langsung ke arah serangan tersebut dengan menahan tombol attack.  Dengan begitu, serangan akan ter-blocked.

Jika kamu suka senjata jarak dekat, kamu bisa menggunakan Malphon.  Serangan yang mengandalkan pukulan ini bisa memberikan damage beruntun, membuat musuh sulit bergerak, dan lebih mudah untuk melakukan backstab.

Terakhir adalah Stygius.  Ya, tidak ada yang lebih baik daripada kembali ke awal.  Stygius memberikan basic attack yang cukup lebar dan special attack bersifat Area of Effect dengan jeda waktu yang kecil.

Setelah semua persiapan selesai, now it’s time to rock and roll!!!

Baca Juga: Karakter Game Hades: Olympians dan Kekuatannya!

Karakter Level dan Bos Hades: Tartarus

Level dan Bos Hades
Musuh di Level Tartarus. Sumber: VCGamers

Karakter musuh yang ada pada level atau stage Tartarus ini adalah yang paling mudah.  Movement speed mereka rendah, gerakannya yang bisa kamu prediksi, dan trap yang sedikit.

Seluruh monster yang ada di atas adalah gambaran musuh yang akan kamu hadapi di Tartarus.  Dari sekian banyak musuh yang ada, kamu harus waspada dengan tiga musuh ini: Wringer, Wretched Sneak, dan Inferno Bomber.

Ketiga musuh di atas memiliki serangan yang sedikit tidak terduga dan mungkin tergolong agak sulit.  Apalagi jika mereka memiliki armor (ditandai dengan aura kekuningan di sekitar badannya), mereka bisa dengan mudah melukai kamu.

Dengan karakter musuh seperti itu, penulis menyarankan kamu menggunakan Keepsake yang dapat memberikan tambahan status permanen seperti yang ada di atas.

Terakhir adalah bos.  Kamu akan menghadapi salah satu dari tiga Fury Sisters: Megaera, Alecto, dan Tisiphone.

Level dan Bos Hades
Bos Hades di Tartarus, Furies (Megaera, Tisiphone, Alecto). Sumber: VCGamers.

Mereka memiliki gerakan spesial masing-masing.  Tapi, karena ini masih tahap awal, serangan mereka bertiga serasa mirip.

Sebagian besar serangan mereka berupa menabrak, serangan AoE, dan juga proyektil dengan ancang-ancang yang berbeda.  Kenali setiap gerakannya untuk bisa menghindar tiap waktu.

Jika menggunakan senjata jarak dekat, pastikan untuk mundur setelah menyerangnya beberapa kali.  Seluruh bos di game Hades memiliki pola yang sama: Serangan AoE ketika kita terlalu dekat dengannya.

Baca Juga: Kamus Istilah Attack Damage di Dalam Game

Karakter Level dan Bos Hades: Asphodel

Level dan Bos Hades
Musuh di Level Asphodel. Sumber: VCGamers

Memasuki Asphodel, kamu akan merasa seperti berada di neraka.  Stage ini memiliki chamber yang cukup luas dengan kolam magma dimana-mana.  Itulah salah satu yang perlu kamu waspadai.

Karakter monster di level ini memiliki movement yang cepat, bisa melompat jauh, dan damage yang sakit.  Tiga musuh yang perlu kamu waspadai adalah: Gorgon, Bomber, dan Skull-Crusher.

Singkatnya, Gorgon memiliki serangan yang mengikuti kamu dan memberikan efek “stoned” jika mengenainya.  Kemudian ada tiga jenis Bomber yang sama-sama mengeluarkan bomb tapi caranya yang berbeda.  Terakhir ada Skull-Crusher yang bisa menyerang kamu dari atas.

Agak mustahil jika kamu tidak terkena damage sama sekali di stage ini.  Untuk pilihan Keepsake, kamu bisa lihat lagi di atas.  Tapi dari sisi penulis, penulis sering menggunakan Lambent Plume.

Level dan Bos Hades
Bos Hades di Asphodel: Bone Hydra. Sumber: VCGamers.

Terakhir, Bos dari stage ini adalah Bone Hydra.  Karakter bos yang satu ini sebenarnya sama dengan monster yang ada di level atau chamber sebelumnya.  Bone Hydra memiliki beberapa lambang di dahinya, menunjukkan kekuatan yang ia miliki.

Lambang oranye berarti mengeluarkan proyektil dan blob magma.  Lambang Ungu dapat mengeluarkan sonic wave.  putih-kebiruan menyerang dengan ground slam (seperti Skull-Crusher).  Terakhir lambang berwarna hijau yang dapat mengeluarkan monster (bloodless).

Karakter Level dan Bos Hades: Elysium

Level dan Bos Hades
Musuh di Level Elysium. Sumber: VCGamers

Tempatnya para ksatria bertarung tanpa henti.  Di level ini, kamu akan berhadapan dengan musuh yang sangat kuat berdarah tebal.  Tidak hanya itu, mereka memiliki movement yang cepat, damage yang besar, dan bisa “hidup lagi”.

Tidak hanya musuhnya, trap yang ada di Elysium sangat sakit.  Bisa berupa panah ataupun ledakan bomb berbentuk telur phoenix.

Di antara seluruh level yang ada, Elysium adalah level dengan monster dan bos tersulit yang ada di game Hades.  Dengan kesulitan tersebut, kamu harus menggunakan Keepsake untuk membantu kamu “survive“.

Terdapat empat jenis monster yang perlu kamu waspadai: Flame Wheel, Strongbow, Greatshield, dan Soul Catcher.

Flame Wheel berukuran kecil, darah rendah, tapi damage yang sakit.  Dia akan menabrak kamu dan meledakkan dirinya.  Kamu bisa menghindari Flame Wheel adalah dengan membeli Flame Wheel Release dari Charon.

Strongbow dan Greatshield adalah dua dari empat jenis ksatria yang sangat merepotkan.  Strongbow akan memanah kamu dengan presisi, sedangkan Greatshield dapat menahan serangan kamu dari depan.  Terakhir ada Soul Catcher.  Ia akan mengeluarkan kupu-kupu kecil yang sangat mengganggu dan sulit kamu hindari.

Selain keempat monster di atas, kamu harus mewaspadai Charon dan Asterius.  Ya, di sini kamu bisa melawan Charon jika kamu “meminjam” Charon’s Obol yang ada di sampingnya (jika tersedia).

Level dan Bos Hades
Mini Bos: Charon. Sumber: VCGamers.

Sedangkan Asterius (atau dikenal dengan Minotaur) dapat menjadi mini-boss yang sangat kuat di Elysium.  Ia memiliki darah yang sangat tebal.  Serangannya adalah mengayunkan kapak, melompat, hingga menyeruduk.

Kedua karakter di atas akan “kalah” saat HP mereka tersisa seperempat.  Kemenangan atas Charon akan memberikan Loyalty Card atau “kartu discount”.  Sedangkan Kemenangan atas Asterius akan memberikan kamu benefit pengurangan seperempat HP saat melawannya lagi.

Dua Bos Sekaligus

Level dan Bos Hades
Bos Hades di Elysium: Theseus dan Asterius. Sumber: VCGamers.

Berbeda dari stage lainnya, kamu akan melawan dua bos sekaligus, yaitu Asterius dan Theseus.  Theseus adalah seorang gladiator terkuat di Elysium yang akan melawanmu dengan tombak dan juga tameng.

Serangannya hanya dua, yaitu dengan melempar dan menarik kembali tombak, dan putaran tombak yang memberikan damage bertipe AoE.  Sedangkan tamengnya dapat memblok serangan kamu.

Saat HP Theseus tersisa setengahnya, dia akan meminta bantuan salah salah satu dari delapan dewa Olympus (tidak termasuk Hermes) untuk membantunya.  Para dewa akan memberikan serangan Area of Effect yang berbeda-beda.

Tips terbaik untuk menang melawan bos Elysium adalah mengalahkan Asterius terlebih dahulu.  Serangan Asterius lebih bisa diprediksi daripada serangan Theseus.

Berapapun sisa HP milik Asterius, serangannya tidak akan jauh berbeda.  Tapi jika HP milik Theseus tersisa 50%, ia akan memanggil kekuatan dewa Olympus.  Membuat kamu seperti melawan 1 vs 3.

Hindari serangan Theseus, fokus mengalahkan Asterius.  Setelah Asterius kalah, kamu bisa fokus melawan sekaligus menghindari serangan Theseus yang rumit.

Karakter Level dan Bos Hades: Temple of Styx

Level dan Bos Hades
Musuh di Level Temple of Styx. Sumber: VCGamers

Temple of Styx bisa dibilang sebagai level persiapan.  Pintu menuju surface terhalang oleh Cerberus yang meminta “treats”.  Kamu harus menemukan “treats” tersebut di salah satu dari lima chambers.

Setiap chambers memiliki reward yang berbeda, dua di antaranya terdapat lambang boss dengan hadiah berlipat ganda.

Berbicara soal traps, ada tiga jenis traps di stage ini.  Ada yang berbentuk seperti guillotine (mata kapak yang jatuh dari atas), blade rifts, hingga racun (poison) yang bisa diobati dengan meminum obat di sebuah sumur.

Karena ini terhitung sebagai level terakhir, alangkah baiknya kamu menggunakan Keepsake berkemampuan survivability yang kuat seperti Lucky Tooth atau Old Spiked Collar.

Berdasarkan pengalaman, King Vermin adalah musuh yang paling sulit di Temple of Styx.  Ia adalah mini-boss tapi serasa seperti bos sungguhan.

Ia bisa memberikan kamu status “poison”, damage yang sakit, gerak yang sangat cepat, dan dapat memanggil monster lain untuk menyerangmu.

Jika kamu masuk ke chamber yang tepat, kamu akan menemukan “Cerberus Treats” atau “Satyr Sack”, hadiah chamber tersebut, dan fountain yang membuat darah kamu full.  Setelah itu, kamu bisa memberikannya kepada Cerberus, dan ia pergi.

Karakter Level dan Bos Hades: Hades

Level dan Bos Hades
Final Bos: Hades. Sumber: VCGamers.

This is the last boss.  Sebelum mencapai permukaan, kamu harus melawan ayahmu sendiri, Hades.  Ini akan sangat sulit, ia akan membuktikan kepada Zagreus kenapa ia menyandang gelar “God of the Dead”.

Sebagai bocoran, Hades memiliki dua fase.  Fase kedua hadir setelah darah Hades habis.

Fase Pertama

Saat pertama kali kamu melawan Hades, itulah fase pertama.  Dia akan membuang jubahnya, memanggil tombak sebagai senjatanya, dan siap melawanmu.

Serangan Hades terbagi menjadi tiga:

  1. Lunge Attack.  Dia akan menerjang kamu dengan tombaknya.  Caranya bervariasi.  Ada yang langsung menerjang, menghilang lalu menyerang dari belakang, hingga melemparkan tombaknya terlebih dahulu.
  2. Spin Attack.  Serangan ini terjadi jika kamu terlalu dekat dengan Hades.  Ia akan mengayunkan tombaknya 360 derajat penuh.  Kamu bisa menghindarinya dengan dash atau pergi sejauh mungkin.
  3. Skull Cast.  Hades akan mengeluarkan tengkorak yang akan menerjangmu.  Terkena serangan secara langsung akan memberikan kamu status “boiling blood”, membuat kamu terkena damage 100% (pure damage).  Jika tidak, serangan tersebut akan menghitung mundur, dan saat waktunya habis, ia akan mengeluarkan gelombang besar.

Di fase pertama ini, saat HP Hades mulai menipis, ia akan memunculkan dua monster dengan shield yang sangat tebal berwarna abu-abu.

Tips melawan Hades fase satu adalah coba menyerang setelah melakukan Lunge Attack.  Saat Hades mengeluarkan monster, jika memungkinkan, tetap fokus dengan Hades.  Saat HP Hades habis, semua monster akan menghilang.

Fase Kedua

Fase kedua hadir saat HP Hades habis.  Dia akan memulihkan penuh HP miliknya dan juga mengeluarkan gelombang besar.

Untuk serangan Hades, terdapat beberapa tambahan dan juga perubahan:

  1. Swipe Combo.  Mudahnya, Hades akan melakukan Spin Attack sebanyak dua kali berturut-turut.
  2. Brimstone Attack.  Hades akan memancarkan sinar laser (seperti monster Brimstone).  Satu-satunya cara menghindar dari serangan ini adalah sembunyi di balik batu.
  3. Vase Summon.  Sebut saja sebagai trap berbentuk vas.  Vas tersebut akan hancur saat terkena serangan Zagreus ataupun Hades, membuat sebuah Area of Effect berupa tangan berwarna hijau yang memberikan stun dan damage kepada Hades.

Jika kamu bisa mengalahkan fase kedua Hades, maka kamu bisa pergi menuju surface, Yunani, bertemu dengan Persephone.  Bagi yang belum tahu, di artikel sebelumnya, tujuan Zagreus pergi menuju surface adalah untuk mencari ibunya.

Baca Juga: Rekomendasi Game Ringan PC, Cocok untuk PC Kentang!

Itulah panduan dan tips tentang musuh di tiap level dan bos di game Hades.  Jika kamu berhasil menang dengan tips di atas, lakukan secara berulang hingga kamu mengalahkan Hades sebanyak sembilan kali untuk mendapatkan True Ending.

Apabila tips di atas bermanfaat atau kamu memiliki pendapat lain, silakan tulis di kolom komentar ya!

Selamat Bermain~

Penuhi kebutuhan Steam Wallet kamu dengan Top-Up melalui VCMarket dari VCGamers dan dapatkan promo menarik di dalamnya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!