Review Game Hades: Alur Cerita Yang Bikin Takjub!

Review Hades Alur Cerita

Halo Vicigers!  Kali ini, penulis ingin melakukan review alur cerita sebuah game bernama Hades.  Ternyata, game ini telah mendapatkan banyak penghargaan dan memiliki alur cerita yang bisa menakjubkan dan bisa bikin ketagihan.

Penasaran dengan alur ceritanya?  Simak review di bawah ini!

Baca Juga: 5 Game Roguelike Terbaik di PC Tahun 2022

Game Hades: Game Aksi Penuh Intrik

Hades
Poster Game Hades.

Sebelum memulainya, penulis ingin menjelaskan secara singkat tentan game Hades.  Hades merupakan game bergenre action RPG roguelike yang dikembangkan oleh Supergiant Games tahun 2020.

Game ini sempat naik kembali karena event Steam Bash Bash.  Bagi kamu yang ingin memainkan game yang satu ini, kamu bisa membelinya melalui Steam.

Review Alur Cerita Game Hades: SPOILER ALERT!!!

House of Hades. Sumber: VCGamers.

Sebagai disclaimer, review yang penulis buat ini adalah hasil dari pengalaman pribadi bermain game Hades.  Untuk melengkapinya, penulis juga melakukan riset dari berbagai sumber lainnya.

Bagi kamu yang belum memainkan game ini, maka artikel ini bisa disebut sebagai SPOILER.  Namun, jika kamu masih mau meneruskan membacanya, maka bersiaplah mengetahui arti sesungguhnya dari game ini.

Latar Cerita

Review Hades Alur Cerita
Underworld, Tempat Tinggal Hades. Sumber: VCGamers.

Seperti namanya, Hades, merupakan sebuah game berlatarkan mitologi Yunani.   Dalam mitologi Yunani, terdapat 3 garis besar pembagian dunia:

  1. Underworld, tempat bagi mereka yang telah mati, dibagi lagi menjadi 4
    1. Tartarus,
    2. Asphodel,
    3. Elysium, dan
    4. River of Styx.
  2. Surface, tempat tinggal para manusia atau sering disebut dengan Yunani, dan
  3. Olympus, tempat tinggal para dewa.

Penting bagi kamu untuk mengetahui ketiga dunia tersebut, meski kamu hanya bermain di Underworld dan sedikit di Surface saja.

Baca Juga: Daftar Game Terlaris di Dunia, Pernah Main yang Mana?

Zagreus, Son of Hades

Review Game Hades Alur Cerita
Zagreus, Son of Hades. Sumber: VCGamers.

Pada game ini, kamu tidak bermain sebagai Hades, melainkan anaknya bernama Zagreus.  Pada awal permainan, diceritakan kalau Zagreus adalah anak dari Dewa Hades dengan Dewi NYX.

Melihat dari tampangnya, Zagreus digambarkan sebagai anak laki-laki berusia 20 tahun-an.  Ia tinggal bersama keluarganya dan anjing peliharaannya, Cerberus, di Underworld.

Seperti game roguelike biasanya, permainan dimulai dengan usaha Zagreus untuk pergi dari Underworld menuju Olympus, tanpa petunjuk apa-apa.

Usahanya tersebut terdengar hingga dewa-dewi di Olympus.  Usaha Zagreus untuk pergi pun didukung oleh banyak pihak, termasuk dewa-dewi Olympus.  Sayangnya, ayahnya sendiri, Hades, menentang kemauan Zagreus dan membuat perjalanan semakin sulit.

Sebagai bentuk dukungan, para dewa di Olympus bersedia meminjamkan kekuatannya kepada Zagreus untuk bisa keluar dari Underworld.  Tapi kekuatan dewa-dewi Olympus saja tidaklah cukup untuk melawan utusan Hades yang semakin kuat.

Mengingat genre game ini adalah roguelike, sistem yang game ini gunakan adalah Permadeath.  Saat kamu kalah, kamu akan kembali dari awal, melepaskan semua kekuatan yang kamu terima.  Ya sama seperti sifat dewa yang tidak bisa mati.

Alur Cerita Yang Terus Berkembang

Review Game Hades Alur Cerita
Surat dari Persephone untuk Hades. Sumber: VCGamers.

Mengulang game dari awal bukanlah hal yang kamu sesali, khusus untuk game ini.  Pasalnya, cerita dari game ini justru hadir setelah kamu mati.  simpelnya, semakin banyak kamu mati, semakin banyak cerita yang terbuka.

Cerita yang disajikan dalam bentuk percakapan dan penjelasan narator sangatlah bagus.  Selain Hades dan NYX, kalian bisa berinteraksi dengan penghuni Underworld lainnya, seperti Hypnos, Achilles, Cerebrus, Dusa, Megaera, dan masih banyak lagi.

Inti cerita  Game Hades baru muncul setelah kamu mati beberapa kali.  Zagreus mengetahui bahwa NYX bukanlah ibu kandungnya, melainkan Persephone.

Zagreus menemukan surat Persephone dari meja Hades yang menuliskan kalau Persephone pergi menuju surface (dunia permukaan) karena beberapa faktor.

Membaca hal tersebut, Zagreus memutar haluan tujuannya.  Bukan menuju Olympus, melainkan mencari Persephone di dunia surface.

Baca Juga: Tanggal Rilis Digimon Survive, Gameplay Hingga Alur Cerita

Side-Story Yang Menarik

Sisyphus Codex Game Hades. Sumber: VCGamers.

Game roguelike sangat membosankan jika cerita dan tujuan yang disampaikan terlalu monoton.  Agar lebih menarik, Developer menambahkan tokoh lainnya yang bisa berinteraksi dan dengan side-story yang tidak kalah menarik.

Di Tartarus, contohnya, kamu bisa bertemu dengan Sisyphus.  Ia mendapat hukuman seumur hidup dari Dewa Zeus untuk mendorong batu besar ke sebuah bukit.  Namun setiap kali ia mencoba, ia selalu terjatuh sampai dasar.

Kehadirannya tidak memberikan banyak pengaruh di dalam game, tapi sepertinya developer sengaja menambahkannya karena fakta mitologi Yunani memang seperti itu!

Kemunculan tokoh Eurydice dan Orpheus di Asphodel juga dapat membuat kamu merinding saat mendengarkan mereka bernyanyi.  Mereka adalah pasangan “Penyanyi” di Underworld yang terpisah jarak sangat jauh.

Eurydice Codex Game Hades. Sumber: VCGamers.

Meski mereka tidak tahu keberadaan satu sama lain, rasa cinta mereka sangat kuat.  Jika kamu mengikuti cerita mereka, akan ada saatnya kamu dapat mempertemukan mereka di Underworld.

Terakhir, di Elysium, terdapat kisah percintaan dan persahabatan antara Achilles dan Patroclus.  Mereka adalah partner romantis yang terpisah karena perang.  Jiwa Patroclus tertahan di Elysium, sedangkan Achilles ada di Tartarus.

Sebagai Zagreus, Kamu bisa menentukan kisah cintamu sendiri.  Terdapat 3 pilihan yang bisa kamu pilih, yaitu dengan Megaera, Dusa, atau Thanatos.  Ketiganya memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Zagreus.

Atau kamu ingin mengenal cerita para dewa-dewi Olympus lebih mendalam? Tentu saja bisa.  Mulai dari hubungan Hades dengan kakaknya (Poseidon dan Zeus) yang tidak pernah akur hingga rasa takut Hades dengan Demeter tersaji lengkap di sini.

Review Game Hades: Interaksi dan Nectar

Review Game Hades Alur Cerita
Charon Game Hades. Sumber: VCGamers.

Cerita di atas memang sangat menarik.  Tapi faktanya terdapat beberapa kondisi agar bisa mendapatkan alur cerita tersebut.  Semua Side-story di atas bisa kamu dapatkan dengan dua cara.

Cara pertama adalah dengan berbicara ke semua karakter setiap kali kamu bertemu mereka di setiap percobaan kabur. Mereka akan mengucapkan hal yang berbeda setiap kali kamu berinteraksi dan hanya bisa satu kali bicara saja saat kamu masih hidup.

Jadi kamu harus mati berulang-ulang kali untuk mengembangkan dialog dengan karakter tersebut, meskipun untuk ucapan Charon yang hanya berisikan “Mmm-Hngg-Mmng” saja.

Cara kedua adalah dengan memberikan Nectar. Nectar adalah sebuah barang kesukaan para karakter Yunani.  Dengan memberikan Nectar kepada karakter yang ada, kamu bisa mengetahui cerita terdalam dari para karakter.

Seperti yang penulis sebut di atas, kamu juga bisa memberikan Nectar kepada para dewa Olympus dan mengetahui cerita lengkap mengenai dirinya.

Permukaan Bukanlah Akhir Cerita

Review Game Hades Alur Cerita
Zagreus Vs. Hades di Surface (Yunani). Sumber: VCGamers

Mencapai permukaan bukanlah hal yang mudah, terlebih lagi kamu harus siap melawan Hades, ayahmu sendiri.  Setelah mengalahkan Hades, maka jalan menuju dunia permukaan sudah terbuka lebar.

Zagreus akan berjalan menuju Yunani dan bertemu sang ibunda, Persephone.  Saat sampai di sana, kamu dapat berdialog dengan Persephone.

Diketahui kalau Persephone pergi karena banyak hal, tapi inti dari cerita ini adalah rasa kecewa Persephone.

Persephone percaya kalau Zagreus telah mati setelah Persephone melahirkannya.  Dengan rasa sedih dan kecewa terhadap diri sendiri, ia pergi menuju surface dan hidup tanpa adanya ikatan dengan para dewa.

Berselang lama setelah Zagreus dinyatakan mati, NYX datang dan memberikan “kehidupan” kepada Zagreus.  Hades pun sengaja merahasiakan hal tersebut kepada Persephone untuk kebaikannya dan melindunginya dari para dewa Olympus.

Berdasarkan hasil riset, jika Hades memberitahukan Persephone memiliki anak, semua dewa-dewi Olympus akan mendengarnya, termasuk Demeter.  Demeter adalah Ibu dari Persephone, ia kehilangan anaknya setelah “diculik” oleh Zeus dan memberikannya kepada Hades.

Sayangnya, berdialog dengan Persephone adalah “Game Over”.  Zagreus memiliki kutukan bahwa jiwanya tidak bisa bertahan lama di luar Underworld dan harus mati.  Menurut Hypnos, alasan kematian Zagreus di dunia permukaan adalah “Natural causes”.

Mencari True Ending Game Hades

Review Hades Alur Cerita
Foto Keluarga Hades. Sumber: VCGamers.

Ya, kamu sudah mencapai ending dari Game Hades, mencapai permukaan.  Tapi seribu sayang, bukanlah True Ending.  Untuk mendapatkan True Ending, kamu harus berhasil keluar dari Underworld sebanyak 9x.

Setelah kembali ke permukaan untuk ke-9x nya, Persephone memutuskan kembali ke Underworld, bertemu dengan para penghuni, dan bersatu kembali dengan Hades menjadi Goddess of Underworld.

Hasil Review Alur Cerita Game Hades: Memaafkan dan Persatuan

Dari seluruh alur cerita yang ada di dalam Game Hades, penulis melihat semuanya memiliki benang merah yang sama, yaitu sama-sama bertujuan memaafkan dan persatuan.

Selama perjalanan, kamu bisa merasakan bahwa meskipun Hades terlihat galak dan kasar, namun ia sangat setia dan sangat sayang kepada Persephone.

Ia menutup diri dan menolak meminta maaf kepada Persephone karena gengsi.  Sedangkan Persephone selalu menunggu kabar dari Underworld, khususnya dari Hades.

Begitu juga dengan Side-story yang lainnya.  Kamu bisa menyatukan banyak karakter di dalam game ini, seperti Orpheus dan Eurydice, Achilles dan Patroclus, hingga Zagreus dengan karakter lainnya.

Baca Juga: 10 Game yang Menyulut Emosi, Bikin Kalian Banyak Bersabar

Itulah alur cerita yang ada di dalam game Hades.  Meskipun terdengar sangat sulit untuk mendapatkan seluruh cerita di game ini, tapi hal tersebut tidaklah terasa dengan gameplay yang akan kamu mainkan nantinya.

Selamat bermain~

Penuhi kebutuhan Steam Wallet kamu dengan Top-Up melalui VCMarket dari VCGamers dan dapatkan promo menarik di dalamnya.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!