Karakter Game Hades: Olympians dan Kekuatannya!

Review Game Hades Alur Cerita

Beberapa waktu lalu, terdapat event Steam: Bash Bash yang juga mengangkat pamor sebuah game bernama Hades.  Ternyata, di dalam Game Hades banyak sekali karakter dewa yang menarik untuk dibahas.

Game Hades bergenre Roguelike Action ini mengangkat tema mitologi Yunani, mirip seperti game series God of War yang lama.  Tidak hanya seru, ternyata banyak sekali cerita mitologi yunani yang bisa kita pelajari dari game ini.

Pada artikel kali ini, penulis ingin membahas tentang karakter dewa-dewi Olympians di dalam game Hades.  Mulai dari cerita, kekuatan, dan sedikit fakta menarik dalam game ini.

Jika kamu tertarik dengan game Hades, penulis akan membuat artikel lainnya tentang game ini sesuai rekomendasi kamu di kolom komentar.

Tanpa berlama-lama, langsung saja kita masuk ke pembahasannya!

Baca Juga: Review Game Hades: Alur Cerita Yang Bikin Takjub!

Karakter Game Hades: Dewa-Dewi Olympians

Review Game Hades Alur Cerita
Poster Hades and Olympian Gods. Sumber: VCGamers.

Menurut data dari Game Hades dan juga Fandom game tersebut, terdapat sembilan Dewa-Dewi yang masuk ke dalam kategori Olympians.

Secara mudahnya, merekalah yang bisa memberikan kekuatan (Boon) kepada Zagreus, karakter utama game Hades, selama permainan.  Mereka hadir sebagai hadiah setelah menyelesaikan (atau sebelum saat Trial of God) sebuah chamber.

Bukan berbentuk dewa, kehadiran mereka diwakilkan dalam bentuk emblem dan warna dominan dari dewa tersebut.

Keberadaan mereka setiap kamu mencoba kabur sangatlah random dan terbatas.  Dari pengalaman penulis, setiap percobaan kabur, penulis hanya menemukan 4-5 dewa saja.

Tapi hal tersebut bisa kamu akali dengan menggunakan menggunakan Keepsake.  Keepsake adalah sebuah “benda kesayangan” tiap karakter di dalam game Hades yang akan memberikan efek khusus.

Oke, tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah penjelasan tentang tiap Dewa-Dewi Olympians versi VCGamers.

Karakter Game Hades: Zeus

Review Game Hades Alur Cerita
Review Karakter Zeus dan Keepsake. Sumber: VCGamers.

Kita mulai dengan Zeus.  Zeus adalah Father of Olympus, dewa dari segala dewa, dewa petir.  Ia adalah kakak dari Poseidon dan Hades sekaligus saudara angkat dari Demeter.

Zeus digambarkan seperti orang yang sudah lanjut usia, dengan rambut hingga jenggot berwarna putih, tubuh kekar, sambil memegang petir sebagai senjata kesayangannya.

Kekuatan

Zeus memiliki kekuatan yang berkaitan dengan petir.  Dia akan memberikan kekuatannya (boon) kepada Zagreus berupa sambaran petir ataupun petir yang berantai.

Sesuai dengan warna petir, emblem dan aura dari boon Zeus memiliki warna dominan kuning dan putih.

Kekuatan petir milik Zeus ini diperkuat dengan penambahan status bernama “Jolted”.  Jika musuh terkena status “Jolted”, ia akan terkena damage saat mereka berusaha menyerang Zagreus.

Fakta Menarik

Dalam cerita game Hades, Zeus merupakan karakter yang sedikit frontal tapi baik hati.  Pasalnya, ia “menculik” Persephone, anak dari Demeter (saudara angkatnya) dan memberikannya kepada Hades sebagai “hadiah”

Kondisinya saat itu Zeus mengetahui Hades menyukai Persephone, namun ia tidak bisa pergi dari Underworld.  Sedangkan dari sisi Persephone, ia memang ingin pergi dari Olympus.  Jadi, ya, bisa dibilang Zeus adalah dewa yang frontal sekaligus pengertian.

Zeus memiliki Keepsake bernama Thunder Signet.  Keepsake ini berbentuk seperti gelang bersegel petir.  Kekuatan dari Keepsake ini dapat memastikan Zeus akan hadir sebagai boon berikutnya dengan chance “Rare” yang lebih besar.

Menurut Codex di dalam game Hades, Hades memiliki hubungan yang tidak baik kepada saudaranya sendiri.  Salah satunya Hades menganggap kalau Demeter tahu anaknya “diculik”, Demeter akan marah besar.

Baca Juga: Rekomendasi Build Item Zeus Tersakit di Dota 2 2022

Karakter Game Hades: Poseidon

Review Game Hades Alur Cerita
Review Karakter Poseidon dan Keepsake. Sumber: VCGamers.

Dewa Poseidon mungkin menjadi salah satu dewa paling terkenal di kalangan masyarakat.  Pasalnya, Dewa Lautan ini sering kali disebut di berbagai film, seperti Percy Jackson atau Aquaman.

Kembali ke Game Hades, ia adalah kakak kedua dari Hades.  memiliki paras seperti kakek tua, berambut dan berjenggot panjang berwarna hijau kebiruan, atribut pakaian bergambarkan cangkang Scallop, dan membawa trisula.

Kekuatan

Poseidon memiliki kekuatan berdasarkan lokasi kekuasaannya, yaitu laut.  Kekuatan yang ia berikan kepada Zagreus berupa gelombang atau serangan air yang sangat kuat.

Emblem dan aura yang ada pada boon milik Poseidon berupa gambar trisula dengan warna biru sebagai warna dominan.

Kekuatan utama dari Poseidon adalah memberikan efek knockback dan juga “Ruptured”.

Damage yang musuh terima akan semakin besar apabila terkena knockback dan menabrak dinding (wall slam).  Sedangkan “Ruptured” adalah tambahan status kepada musuh berupa Damage over Time saat mereka berjalan.

Fakta Menarik

Melihat dari cerita di dalam game Hades, Hades memiliki hubungan buruk dengan Poseidon, sama seperti sikapnya kepada Zeus.

Dari segi skill, melihat dari damage besar yang ia berikan (wall slam, status ruptured, dan knockback), boons milik Poseidon menjadi salah satu boons terbaik yang ada di dalam game Hades.

Poseidon memiliki Keepsake bernama Conch Shell.  Keepsake ini berbentuk seperti kerang terompet (seashell horn).  Kekuatan dari Keepsake ini dapat memastikan Poseidon akan hadir sebagai boon berikutnya dengan chance “Rare” yang lebih besar.

Baca Juga: Sanctum Island, Map Baru Mobile Legends Yang Desainnya Mirip Atlantis Kuno!

Karakter Game Hades: Athena

Review Game Hades Alur Cerita
Review Karakter Athena dan Keepsake. Sumber: VCGamers.

Dewi Athena adalah dewi kebijaksanaan sekaligus dewi strategi perang.  Ia adalah anak langsung dari Zeus dengan Dewi Hera.

Dewi Athena digambarkan sebagai perempuan berkulit gelap, berbadan bidang, memiliki rambut seperti kuda (ksatria), memakai zirah emas, dan membawa sebuah tameng emas.

Kekuatan

Kekuatan yang diberikan oleh Athena meliputi pertahanan, pengurangan damage, dan serangan gerilya.  Bentuk yang ia berikan kepada Zagreus berupa shield yang kuat, beberapa diantaranya dapat memantulkan serangan musuh.

Athena memiliki boon berupa emblem berbentuk tameng dan aura dengan warna kuning-biru.

Meski fokus kepada pertahanan, Athena dapat memberikan status khusus kepada musuh dengan sebutan “Exposed”.

Setelah menyerang atau memantulkan serangan musuh, Athena akan memberikan status “Exposed”.  Status tersebut membuat musuh mendapatkan tambahan damage jika Zagreus menyerangnya dari belakang.

Fakta Menarik

Athena memiliki Keepsake bernama Owl Pendant.  Keepsake ini berbentuk seperti burung hantu.  Kekuatan dari Keepsake ini dapat memastikan Athena akan hadir sebagai boon berikutnya dengan chance “Rare” yang lebih besar.

Bagi yang belum tahu, burung hantu adalah hewan suci milik Athena.  Burung hantu melambangkan “kebijaksanaan” dan simbolisasi kekuatan Athena, bisa melihat yang tidak bisa dilihat orang lain.

Dalam game Hades, Athena adalah pasangan penyeimbang dari Dewa Ares, bagaikan dua sisi koin yang saling berlawanan.

Terakhir, dari sisi penulis, Athena memiliki boons paling berguna di dalam game Hades.  Kekuatannya yang bisa mengembalikan atau melindungi diri dari serangan musuh menjadi sangat berguna saat melawan Hades.

Karakter Game Hades: Aphrodite

Review Karakter Aphrodite dan Keepsake. Sumber: VCGamers.

Dewi Aphrodite adalah dewi kecantikan dan dewi cinta.  Tidak ada penjelasan yang cukup lengkap dari sang dewi ini, baik dari Fandom ataupun dari dalam game Hades langsung.

Dewi Aphrodite digambarkan sebagai perempuan yang cantik, berambut panjang dengan warna pink, dan tanpa busana.  Meski pada game digambarkan vulgar, nyatanya pada mitologi sebenarnya memang seperti itu.

Kekuatan

Sebagai dewi cinta dan kecantikan, kekuatan utamanya adalah cinta.  Zagreus akan dianugerahi kekuatan yang dapat melemahkan musuh, memberikan status “Weak”.

Dalam game, kehadiran Boons milik Aphrodite ditandari dengan emblem berbentuk hati dan memiliki aura berwarna pink di sekitarnya,

Ultimate (disebut dengan Call) dari Aphrodite memiliki kekuatan bernama “Charmed”.  Kekuatan ini dapat menggoda musuh dengan cinta, membuatnya menyerang musuh lainnya selama beberapa detik.

Kembali ke status “Weak”.  Status ini damage musuh sebesar 30%.  Membuat serangannya tidak begitu sakit.

Fakta Menarik

Minimnya informasi dari Aphrodite karena ia adalah satu-satunya karakter di game hades yang tidak memiliki hubungan kekerabatan dengan dewa-dewi lainnya.

Keepsake yang Aphrodite berikan kepada Zagreus bernama Eternal Rose.  Memiliki bentuk bunga mawar berwarna pink, melambangkan cinta.

Keepsake ini berfungsi untuk memungkinkan boon Aphrodite akan hadir di chamber berikutnya dengan chance “Rare” yang lebih besar.

Dari Codex di dalam game, Zagreus menyadari bahwa Aphrodite adalah dewi dengan kekuatan paling mengerikan di dunia.  Karena cinta, tumbuhlah sebuah kekuatan, tapi saat cinta hilang, yang ada hanya kesengsaraan.

Karakter Game Hades: Artemis

Review Karakter Artemis dan Keepsake. Sumber: VCGamers.

Dewi Artemis adalah salah satu dewi yang cukup jarang terdengar dalam berbagai film bertemakan mitologi Yunani.

Padahal menurut kisah mitologi Yunani, Artemis atau Dewi perburuan adalah dewi paling kuat yang ada di Olympus.  Tidak hanya itu, Artemis juga disebut sebagai dewi hewan liar dan mampu melakukan Shape-shifter.

Dalam game Hades, kekuatan yang Artemis hanya berkaitan dengan perburuan saja.  Artemis digambarkan sebagai perempuan muda, membawa busur dan panah, dan mengenakan atribut yang berasal dari hewan.

Kekuatan

Kekuatan yang dianugerahi Artemis kepada Zagreus adalah critical attack.  Artemis akan memberikan chance critical attack yang besar dan menghasilkan damage yang berkali lipat tergantung rarity boon.

Beberapa boon lainnya dapat menghasilkan “seeking arrow”, yaitu panah yang akan mencari dan menyerang musuh layaknya homing missile.

Untuk mendapatkan boon dari Artemis, kamu bisa memilih emblem berbentuk panah dengan aura berwarna dominan hijau.

Apabila musuh berhasil terkena critical attack, musuh akan terkena status “Marked”.  Musuh yang memiliki status ini akan meningkatkan chance menerima critical damage yang lebih sakit lagi.

Fakta Menarik

Menurut Codex di dalam game Hades, Artemis memiliki karakter yang sangat patuh terhadap tugasnya.  Ia tidak peduli pujian dari siapapun dan selalu fokus dengan posisinya sebagai dewi perburuan.

Disebutkan juga kalau Hades sangat respect dengan Artemis.  Dewi Artemis dan Dewa Hades memiliki kesamaan yang sama, yaitu soliter dan komitmen dengan pekerjaannya.

Karakter Dewi Artemis juga tertuang pada Keepsake miliknya berupa mata panah bernama Adamant Arrowhead (mata panah yang teguh).  Keepsake ini membuat boon yang akan Zagreus temui nanti berasal dari Dewi Artemis dengan chance “Rare” yang lebih besar.

Karakter Dewa Game Hades: Ares

Review Karakter Ares dan Keepsake. Sumber: VCGamers.

Dewa Ares adalah nama asli dari dewa perang.  Nama Dewa Ares sering diagung-agungkan di dalam mitologi Yunani sebagai penyemangat perang.

Gambaran Dewa Ares pada game ini berupa pria bertubuh kekar, berkulit gelap dengan garis putih sejajar dengan kedua matanya, memakai zirah emas perak, membawa helm gladiator.  Ia juga sambil memegang pedang beraura merah.

Kekuatan

Boons milik Ares bisa kamu dapatkan dengan memilih emblem berbentuk pedang dengan warna aura dominan merah.

Sebagian besar kekuatan yang Ares berikan Zagreus bersifat melukai musuh.  Ada yang dapat memberikan tambahan damage hingga mengeluarkan blade rifts, pusaran yang penuh dengan pisau.

Status yang bisa Ares berikan kepada musuh adalah “Doom”.  Apabila musuh mendapatkan status ini, musuh akan terkena damage yang cukup besar beberapa saat setelahnya.

Fakta Menarik

Secara mitologi, ia adalah penyeimbang dari Dewi Athena, bagaikan dua sisi koin.  Jika Athena mengajarkan kebijaksanaan dan penuh strategi, Ares justru mengandalkan kekuatan fisik dan bersifat barbar dalam berperang.

Saking barbarnya dan haus darah, salah satu Favor untuk mendekatkan hubungan antara Zagreus dengan Ares adalah dengan membunuh total 10.000 musuh!

Berbicara tentang Keepsake, Dewa Ares akan memberikan item bernama Blood-Filled Vial.  Keepsake ini membuat boon yang akan Zagreus temui nanti berasal dari Dewa Ares dengan chance “Rare” yang lebih besar.

Terakhir, dari sisi penulis, jika kamu bermain game Hades, Dewa Ares memiliki boons yang sangat sakit dan sangat bagus jika dipadukan dengan boons milik Artemis atau Athena.

Karakter Dewa Game Hades:  Dionysus

Review Game Hades Alur Cerita
Review Karakter Dionysus dan Keepsake. Sumber: VCGamers.

Siapa sangka kalau mitologi Yunani memiliki dewa anggur? Ya, dalam game Hades, Dionysus memiliki julukan sebagai God of Wine.

Dionysus digambarkan sebagai pria bertubuh kekar mengenakan chiton (istilah kain bagi pria di mitologi yunani) berwarna ungu. Tangan kanannya memegang tongkat emas berujungkan bunga anggur, tangan kirinya membawa wine.
Dionysus juga mengenakan jubah dari kulit macan dan atribut yang berkaitan dengan anggur (buah dan daun) di sekeliling kepalanya.

Kekuatan

Boons milik Dionysus bisa kamu dapatkan jika kamu memilih emblem berbentuk gelas cembung untuk meminum anggur dengan aura berwarna dominan ungu.

Sebagai God of Wine, kekuatan miliknya dapat membuat musuh mabuk dan dapat memberikan Health kepada Zagreus. Selain itu, Dionysus mampu membuat Festive Fog, sebuah Area of Effect berupa kabut ungu yang membuat serangan musuh miss.

Status yang dapat ia berikan kepada musuh adalah “Hangover”. Status tersebut dapat memberikan Damage over Time setiap 0.5 detik selama 4 detik. “Hangover” bisa kamu stack sebanyak lima kali.

Fakta Menarik

Menurut hasil pembacaan literatur, di Yunani, anggur dan kebun anggur adalah sumber dari inspirasi dan hadiah berharga dari dewa. Karena sensasi mabuknya, anggur mempresentasikan keganasan, misteri, keajaiban, sekaligus misteri.

Menurut Codex di dalam game Hades, Dionysus adalah dewa yang cukup dicintai oleh manusia.  Alasannya karena ia memiliki “darah-mortal” di dalam dirinya dan mampu membawakan keceriaan daripada kesengsaraan.

Keepsake milik Dionysus pun digambarkan sebagai gelas berisikan anggur bernama Overflowing Cup.  Keepsake ini membuat boon yang akan Zagreus temui nanti berasal dari Dewa Dionysus dengan chance “Rare” yang lebih besar.

Karakter Game Hades: Hermes

Review Game Hades Alur Cerita
Review Karakter Hermes dan Keepsake. Sumber: VCGamers.

Dalam game Hades, Hermes mendapat julukan sebagai Dewa Kecepatan.  Kecepatan yang di sini bukan hanya berjalan atau berlari, tapi juga tipu daya, berpindah tempat, dan apapun yang berkaitan dengan waktu.

Pada game ini, Hermes digambarkan sebagai pria yang masih muda, berpakaian layaknya masyarakat yunani kuno.

Atributnya berupa sepatu bersayap, tongkat di tangan kiri dan tas penuh dokumen di tangan kanan, bersyal oranye, dan di kepalanya terdapat sepasang sayap.

Kekuatan

Boons milik Hermes termasuk salah satu boons yang bisa kamu temui setiap kali percobaan kabur, tidak seperti boons lainnya.

Untuk mendapatkan, boons milik Hermes ini memiliki ciri emblem berbentuk sayap dengan aura berwarna dominan oranye.

Kekuatan yang Hermes anugerahkan kepada Zagreus juga bukan berupa damage, melainkan kecepatan.  Contohnya seperti penambahan jumlah maksimum dash, chance melakukan dodge, dan masih banyak lagi.

Fakta Menarik

Jika kamu pernah menonton Percy Jackson, terdapat dua buah kesamaan dengan apa yang digambarkan di game Hades.  Pertama adalah sepatu bersayap dan yang kedua adalah tongkat ular bersayap (caduceus).

Di dalam game Hades, di antara seluruh dewa-dewi, Hermes menjadi dewa yang paling mudah bergaul dan memiliki hubungan yang baik.  Alasannya adalah ia harus bisa mengantarkan pesan ke tiga dunia, Underworld, Mortals (Yunani), dan Olympus.

Jika para dewa berteman sesama dewa, Hermes justru berteman dengan Charon dan Skelly.  Hermes bekerja sama dengan cara sama mengantarkan jiwa-jiwa yang telah mati ke River of Styx, kemudian Charon mengantar jiwa tersebut ke Underworld.

Lalu, hubungannya dengan Skelly seperti apa?  Faktanya, Hermes dan Skelly adalah karakter yang diminta oleh Charon untuk membantu Zagreus di setiap percobaan kabur.  Itulah alasan mengapa Hermes selalu bisa kamu temui.

Terakhir, Keepsake milik Hermes bernama Lambent Plume dengan bentuk berupa bulu.  Jika Zagreus menggunakan Keepsake ini, Zagreus memiliki dodge chance permanen jika berhasil menyelesaikan chamber sebelum batas waktu selesai.

Karakter Game Hades: Demeter

Review Game Hades Alur Cerita
Review Karakter Demeter dan Keepsake. Sumber: VCGamers.

Sebagai penyeimbang para dewa utama, datanglah Demeter, Dewi Musim.  Dalam mitologi Yunani, Demeter juga menjadi Dewi Agrikultur, kesuburan di dunia.

Pada game ini, Developer menggambarkan Demeter sebagai nenek yang sudah sangat berusia dengan kulit bagaikan sisik es, bagaikan membeku.  Pakaian yang ia kenakan cukup tertutup dengan dominan warna biru.

Jubah yang ia kenakan terlihat seperti bulu beruang berwarna putih.  Bagian belakangnya terdapat bumban zaitun (kontinos).  Di atas kedua bahunya terdapat atribut seperti snowflakes.

Kekuatan

Boons milik Demeter bisa kamu dapatkan jika kamu memilih emblem berbentuk seperti gandum aura berwarna dominan putih kebiruan.

Meskipun dia adalah Dewi Musim, tapi Demeter di dalam game Hades hanya mengambil tema musim dingin saja.  Kekuatan yang Demeter berikan kepada Zagreus dapat memberikan status “Chill” kepada musuh, kedinginan.

Sesuai namanya, musuh yang terkena status “Chill” dari kekuatan membuat movement musuh melambat.  Di beberapa skill, status “Chill” juga bisa memberikan efek “Decay” dan “Shatter”, memberikan Damage over Time.

Status “Chill” ini bisa kamu stack kepada musuh hingga 10 kali.  Semakin banyak jumlahnya, pergerakan musuh juga semakin melambat.

Fakta Menarik

Dari sisi mitologi Yunani, Demeter adalah saudara kandung dari Zeus, Poseidon, dan Hades.  Tapi di dalam cerita game Hades, Demeter adalah saudari angkat dari ketiga bersaudara tadi.

Mengungkit cerita Zeus di atas, memang benar jika Zeus menculik anak Demeter, Persephone, dan memberikannya kepada Hades.  Tapi, jika mengacu pada mitologi Yunani, Persephone adalah anak dari Demeter dan Zeus.

Jika di dalam game Hades menyebutkan Zeus “menculik” anak Demeter dan memberikan nya kepada Hades.  Tapi sebenarnya di mitologi Yunani terkesan seperti Zeus “memberikan” anaknya dengan Demeter kepada Hades.

Tapi inti dari kedua cerita tersebut adalah Demeter adalah nenek dari Zagreus.

Untuk mendapatkan Boons dari Demeter, pemain harus bisa mengantarkan Zagreus sampai di permukaan terlebih dahulu.  Setelah itu, kamu bisa menemukan boons Demeter di percobaan kabur berikutnya.

Terakhir adalah Keepsake milik Demeter bernama Frostbitten Horn.  Keepsake ini memiliki bentuk seperti tanduk kambing (cornucopia) dengan sedikit tumpukan salju.  Keepsake ini membuat boon yang akan Zagreus temui nanti berasal dari Dewi Demeter dengan chance “Rare” yang lebih besar.

Baca Juga: 5 Game Roguelike Terbaik di PC Tahun 2022

Itulah review sembilan karakter dewa-dewi di game Hades dari beberapa sumber.  Jika kamu suka, penulis akan membuat artikel tentang boons terkuat untuk melawan Hades.  Jadi, beri tahu penulis di kolom komentar kalau kamu setuju, ya!

Jika kamu ingin memainkan game Hades, kamu dapat membelinya melalui Steam.

Selamat bermain~

Penuhi kebutuhan Steam Wallet kamu dengan Top-Up melalui VCMarket dari VCGamers dan dapatkan promo menarik di dalamnya!

 


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!