Semua yang Harus Kamu Tahu Tentang Barn Stardew Valley

Barn Stardew Valley

Barn atau lumbung adalah salah satu tipe bangunan pertanian yang ada di dalam game Stardew Valley. Bangunan ini bisa dibeli di Carpenter’s Shop.

Untuk membangun sebuah Barn, kamu membutuhkan waktu 3 hari dengan dua jenis material yaitu batu dan kayu.

Dalam artikel ini kita akan membahas tentang semua yang harus kamu ketahui dari Barn di Stardew Valley. Penasaran? Yuk ikuti artikelnya sampai habis!

Baca juga: Cara Menemukan dan Mengolah Biji Kopi di Stardew Valley

Barn di Stardew Valley

Sama seperti Shed, Barn juga memiliki kapasitas ruangan yang bisa digunakan untuk menampung sesuatu. Khusus Barn sendiri, digunakan sebagai tempat memelihara berbagai hewan ternak.

Sebelum kamu membuat bangunan yang satu ini di Stardew Valley, ayo simak informasi yang perlu kamu ketahui tentang Barn berikut ini.

Jenis – Jenis Barn Stardew Valley

Jenis Barn di Stardew Valley
Jenis Barn di Stardew Valley. Source: stardewvalleywiki.com

Bangunan ini memiliki tiga jenis yaitu Barn, Big Barn, dan Deluxe barn yang dibedakan berdasarkan kapasitas penyimpanannya.

Barn biasa memiliki kapasitas penyimpanan yang paling kecil yaitu sebanyak 4 slot dan hanya bisa digunakan menampung sapi dan burung unta.

Barn Stardew Valley
Barn biasa. Source: TheGamer/Youtube

Sebagai lumbung dengan kapasitas paling kecil, Barn biasa hanya dilengkapi oleh dua peralatan saja yaitu Hay Hopper dan Feeding Bench.

Sementara, Big Barn adalah lumbung dengan kapasitas medium yang dapat menampung hingga 8 slot. Kamu bisa menggunakannya untuk menampung sapi, kambing, dan burung unta.

Barn Stardew Valley - Big Barn
Big Barn. Source: TheGamer/Youtube

Dengan kapasitas yang lebih luas, Big Barn juga mendapatkan tambahan fitur didalamnya yang memungkinkan hewan ternak untuk berkembang biak.

Sedangkan Deluxe Barn adalah lumbung dengan kapasitas paling besar yaitu 12 slot dan bisa digunakan untuk sapi, kambing, burung unta, domba dan babi.

Deluxe Barn
Deluxe Barn. Source: Waifu Simulator 27/Youtube

Untuk Deluxe Barn, lumbung ini memiliki Hay Hopper dan Feeding Bench yang dilengkapi dengan fitur pemberi makan otomatis serta memungkinkan hewan ternak untuk berkembang biak.

Hewan-hewan yang ada di Barn bisa terjebak diluar saat malam hari jika pintunya ditutup. Jika mereka berada diluar semalaman,  suasana hati mereka akan menjadi marah keesokan harinya.

Selain itu, hewan ternak yang berada diluar kandang saat malam hari juga sangat mungkin menjadi sasaran serangan hewan liar. Jadi, pastikan semuanya sudah berada didalam saat malam tiba ya!

Cara Membuat Barn di Stardew Valley

Barn Stardew Valley
Cara membuat Barn di Stardew Valley. Source: TheGamer/Youtube

Setelah mengetahui jenis-jenisnya, sekarang waktunya mempelajari bagaimana cara untuk membuat Barn di Stardew Valley.

Untuk membuatnya, kamu bisa mengunjungi Carpenter’s Shop milik Robin di rumahnya. Toko ini buka setiap hari dari jam 9 pagi – 5 sore kecuali hari selasa dan tutup lebih awal di dari jumat.

Barn Stardew Valley - Carpenter Shop
Carpenter’s Shop Robin. Source: Waifu Simulator 27/Youtube

Saat pertama kali membuat Barn, kamu membutuhkan 350 Wood, 150 Stone dan uang sebanyak 6000g. Waktu yang dibutuhkan untuk membangunnya adalah 3 hari.

Saat proses pembangunan Barn, kamu bisa menemukan Robin berada didalam bangunan tersebut. Namun, kamu tidak dapat mengajaknya bicara atau memberikannya hadiah.

Jika ingin meningkatkan Barn ke Big Barn, kamu membutuhkan 450 Wood, 200 Stone, dan uang sebanyak 12000g.

Sedangkan untuk meningkatkan bangunan Big Barn menjadi Deluxe Barn, kamu membutuhkan 550 Wood, 300 Stone, dan uang sebanyak 25000g.

Setiap kali kamu melakukan upgrade pada Barn, dibutuhkan waktu dua hari untuk menyelesaikan proses pembangunannya.

Total biaya yang akan kamu habiskan untuk membuat Deluxe Barn dari awal adalah 1350 Wood, 650 Stone, dan 43000g.




Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!