Cara Menemukan dan Mengolah Biji Kopi di Stardew Valley

coffee bean stardew valley (7)

Kali ini kita penulis akan memberikan tutorial menyeduh kopi ala barista dengan biji kopi yang ada di Stardew Valley.

Dia dalam game Stardew Valley, terdapat biji kopi yang menciptakan daya tarik tersendiri bagi para pemain.

Biasanya para petani di Stardew Valley menanam biji kopi dari matahari terbit hingga matahari terbenam.

Nah, aktivitas itu diselingi dengan kegiatan lainnya seperti misalnya menanam, menambang, memanen hingga membuat secangkir kopi.

Sebenarnya apabila kita menjelajah desa di Stardew Valley, kita akan sangat jarang menemukan biji kopi untuk kita produksi menjadi minuman atau untuk ditanam.

Tapi, pada artikel kali ini penulis akan memberikan tutorial membuat secangkir kopi ala barista dengan menggunakan dua metode yang berbeda untuk bahan dasar biji kopi yang berkualitas khas Stardew Valley!

Baca juga: Sprinkler Stardew Valley: Panduan untuk Pemula

Cara Mendapatkan dan Mengolah Biji Kopi di Stardew Valley

coffee bean stardew valley (1)
Cara Mendapatkan Biji Kopi di tardew Valley (Source: Pemerintah Desa Tegal Harum)

Seperti yang disampaikan sebelumnya bahwa biji kopi sangat sulit untuk kita peroleh di Stardew Valley pada musim semi dan musim panas.

Apabila ingin menanamnya, bisa juga dipanen selama 10 hari dan matang dalam waktu 2 hari setelah panen pada musim semi dan musim panas.

Adapun pupuk yang bisa mempercepat pertumbuhan biji kopi, yaitu pupuk dasar dan pupuk berkualitas akan mempengaruhi biji yang panen.

Biji kopi ini akan disimpan kedalam Preserved Jar dan bisa juga disimpan di Tong untuk menghasilkan kopi. Berikut ini merupakan jenis pupuk untuk biji kopi yang bisa digunakan yaitu:

Pupuk Persentase Tumbuh Durasi Panen
Normal 10 Hari
Speed-Gro 10% 9 Hari
Deluxe Speed-Gro 25% 8 Hari
Hyper Speed-Gro 33% 7 Hari

Berikut ini merupakan cara untuk mendapatkan biji kopi selain dengan menanam, yaitu sebagai berikut:

Travelling Cart

Jika kamu ingin mencari biji kopi, kamu bisa membelinya di pedagang yang berjualan di Hutan Cindersap pada hari Jumat dan Minggu pagi hingga jam 8 malam.

Mereka akan menawarkan dua jenis produk biji kopi seperti stok standar dan stok khusus. Mereka akan menjual 10 stok standar yang seharga 100-1000 gold (peluang tumbuh 1,26%).

Lalu, mereka akan menjual 1 produk dari stok khusus seharga 2.500 gold yang berpeluang akan tumbuh sekitar 25%.

Dust Sprite

Selain itu juga, untuk memperoleh biji kopi lagi bisa melalui Dust Sprite, yang merupakan monsters yang sering ditemukan di lantai 41-79 tambang.

Hal itu biasanya juga diiringi dengan menjatuhkan batu bara, tetapi kemungkinan besarnya hanya 1% untuk memproduksi biji kopi tersebut.

Selain kita bisa membelinya dari Travelling Cart atau menanamnya sendiri untuk menghasilkan secangkir kopi, kopi aromatic tersebut bisa dibeli di Stardrop Saloon seharga 300 gold atau juga bisa diambil secara gratis di Supply Crates yang berlokasi di Beach Farm atau Night Market.

Baca juga: Jenis-jenis Sprinkler Stardew Valley dan Keunggulannya

Tutorial Membuat Kopi

coffee bean stardew valley (5)
Stardew Coffee (Source: Offline 24hr/Youtube)

Untuk membuat kopi sendiri, tentunya ada dua metode yang bisa kita lakukan yaitu dengan cara menyeduh melalui Tong dan membuat melalui mesin kopi.

Berikut ini merupakan langkah-langkah membuat secangkir kopi dengan kedua metode tersebut sebagai berikut:

Menyeduh Kopi Melalui Tong

coffee bean stardew valley (2)
Cara Mengolah Biji Kopi. (Source: Reddit)

Di Stardew Valley, tong sangat penting untuk memproduksi kopi. Resep pembuatan tong kopi akan tersedia di Farming level 8, pastikan kamu telah mencapai level ini.

Bahan-bahan tong yang diperlukan adalah 1 Oak Resin, 1 Copper Bar, 1 Iron Bar dan 30 Buah Wood. Selain itu juga, kamu masih bisa memperoleh Tong ini melalui Artisan atau Bundle Brewer di Pantry.

Untuk menyeduh secangkir kopi, kamu memerlukan 5 biji kopi yang bisa diambil dari invetaris untuk dimasukkan kedalam tong.

Kelima biji kopi tersebut harus berjenis dan berkualitas sama seperti normal, silver atau gold. Tong tidak akan memproduksi kopi apabila belum berisi 5 biji kopi dan jenis serta kualitasnya berbeda.

Biasanya proses pembuatan biji kopi menjadi kopi ini akan membutuhkan waktu sekitar 2 jam atau 120 menit.

Selama proses tersebut, kamu masih bisa menambahkan kafein untuk membuat Triple Shot Espresso dan bisa disajikan menjadi 3 cangkir kopi yang nikmat.

Apabila kamu telah meminum secangkir kopi tersebut, kamu bisa memberikannya sebagai hadiah kepada penduduk desa lainnya atau bisa disajikan untuk merayakan sesuatu.

Baca juga: Cara Membangun Silo di Stardew Valley!

Menyeduh Kopi Melalui Mesin Kopi

coffee bean stardew valley (3)
Cara Membuat Kopi (Source: Reddit)

Apabila kamu ingin menyeduh kopi melalui mesin kopi, tentunya mesin ini akan menyeduh secangkir kopi secara otomatis setiap pagi.

Hal ini bisa kamu lakukan setelah menyelesaikan Gift for George special order yang akan memberikanmu mesin kopi.

Selain itu juga, telah menyelesaikan special order dari Evelyn yang bisa kamu terima melalui special order dari Mayor house.

Sebagai pemain membutuhkan waktu sekitar 28 hari untuk bisa menyelesaikan misi ini dan mengumpulkan 12 daun bawang di atas kompor di rumah Evelyn.

Apabila kamu telah berhasil menyelesaikannya, tentunya akan memperoleh reward 2.000 gold, cutscene tambahan dan mesin kopi.

Melalui mesin ini akan menghasilkan 1 cangkir kopi/hari dan cara ini merupakan cara yang simple karena kamu tak perlu memasukkan biji kopi apapun lagi kedalam mesin ini.

Baca juga: Cara Menangkap Walleye di Stardew Valley!

Cara Menjual Biji Kopi

coffee bean stardew valley (6)
How Menjual Biji Kopi. (Source: Stardew Guide)

Bagi kamu yang ingin menjual biji kopi juga bisa, kamu bisa menjualnya seharga 15-30 gold dan biji kopi yang berkualitas Iridium ini sangat baik untuk dijual langsung.

Walaupun beberapa biji kopi memerlukan proses 10 hari untuk bisa panen dan akan terus bertambah banyak selama dua musim tersebut. Maka, dengan ini kamu akan bisa menghasilkan lebih banyak biji kopi lho!

Cara terbaik untuk menjual biji kopi ini adalah memproduksinya menjadi secangkir kopi supaya laris terjual dan bisa kamu jual seharga 150 gold.

Tentu saja, kamu juga bisa membuat secangkir kopi Triple Shot Espresso yang bisa dijual seharga 450 gold untuk 3 cangkir kopi dan kamu juga masih bisa menjualnya kembali setiap cangkir.

Baca juga: Cara Menemukan Blackberry Basket Milik Linus di Stardew Valley!

Keuntungan Biji Kopi

coffee bean stardew valley (8)
How menggunakan biji kopi.(Source: Twinfinite)

Tentunya ada manfaat yang dihasilkan dari biji kopi ini. Di antaranya yaitu bisa digunakan untuk membuat kemeja flanel dan bisa digunakan untuk buff kecepatan (speed) selama 1 menit 35 detik dan meningkatkan 3 energi (energy) dan 1 kesehatan (health).

Biji kopi ini bisa diproduksi menjadi secangkir kopi yang bisa dijual kembali dengan membuat triple shot espresso yang bisa didapatkan melalui Gus di Stardrop Saloon seharga 5.000 gold.

Ketika meminum Triple Shot Espresso ini bisa meningkatkan buff kecepatan dari kopi yang akan bertahan selama 4 menit 12 detik.

Selain itu juga, kopi ini bisa dijual dengan menggunakan Shipping Bin seharga 150 gold/cangkir dan tak bisa dijual ke Pierre’s General Store.

Baca juga: Stardew Valley: Semua yang Harus Kamu Tahu Tentang Shed

Segera Top Up kebutuhan produk digital termurah, cepat dan aman hanya di VCGamers Marketplace, ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!