10 Game GBA Terbaik Sepanjang Masa

Game GBA

Game Boy Advance atau yang disingkat GBA adalah konsol game buatan Nintendo yang dirilis pertama kali di Jepang pada 21 Maret 2001.

Konsol game portable yang satu ini sempat populer di masanya dan tercatat terjual lebih dari 80 juta unit di seluruh dunia.

Tidak hanya konsolnya saja, game-game yang dirilis untuk GBA juga banyak yang melegenda dan dikenang hingga saat ini.

Baca juga: 10 Game Oculus Gratis Terbaik 2024

10 Game GBA Terbaik Sepanjang Masa

Walaupun sudah lama tidak beroperasi, game-game dari GBA masih bisa dimainkan menggunakan teknologi emulator.

Dari ribuan judul game yang pernah dirilis, berikut adalah rangkuman daftar 10 game GBA terbaik sepanjang masa:

The Legend of Zelda: The Minish Cap

Game GBA - The Legend of Zelda The Minish Cap
The Legend of Zelda: The Minish Cap. Source: ZeldaMaster/Youtube

Game terbaik GBA yang pertama adalah The Legend of Zelda: The Minish Cap yang dirilis pada tahun 2004. Game ini merupakan prekuel dari Four Swords dan Four Swords Adventures.

The Minish Cap bercerita tentang asal mula Four Sword dan tokoh antagonis Vaati. Sama seperti pendahulunya, game ini banyak mengadopsi elemen kas Zelda seperti eksplorasi dungeon.

Game ini juga memperkenalkan tiga item baru dengan kemampuan menarik yaitu Mole Mitts, Gust Jar, dan Cane of Pacci.

Super Mario Advance 4: Super Mario Bros. 3

Game GBA - Super Mario Advance 4 Super Mario Bros. 3
Super Mario Advance 4: Super Mario Bros. 3. Source: xRavenXP/Youtube

Game ini memiliki gameplay yang sama seperti versi original dari Super Mario Bros. 3 di mana kamu akan bermain sebagai Mario atau Luigi.

Nantinya, Mario akan berlari, melompat dan berenang untuk menempuh sejumlah level yang ada di dalam game.

Power Up yang dibawa dalam game ini juga masih berasal dari game original Super Mario Bros. 3 seperti Super Mushroom, Fire Flower, dan Starman.

Golden Sun

Game GBA - Golden Sun
Golden Sun. Source: Kryschnack Longplay/Youtube

Golden Sun adalah salah satu game RPG fantasi yang populer di GBA. Kamu akan mengontrol sejumlah karakter untuk menjelajah sebuah dunia fantasi bernama Weyard.

Di sini kamu dapat berinteraksi dengan karakter lain dalam game, bertarung dengan monster dan memperoleh berbagai equipment dan mantra sihir.

Golden Sun juga menampilkan berbagai teka-teki menarik yang melibatkan pencarian item spesial di dalam game di berbagai lokasi menarik seperti hutan dan laut.

Mario & Luigi: Superstar Saga

Game GBA - Mario and Luigi: Superstar Saga
Mario and Luigi Superstar Saga. Source: RTGame/Youtube

Sebagai salah satu karakter video game paling terkenal, game tentang Mario dan Luigi tentu juga hadir di konsol GBA.

Terdapat berbagai interaksi menarik antara Mario dan Luigi yang membuat gameplay terasa lebih menyenangkan. Misalnya, menempatkan Mario diatas bahu Luigi untuk menyebrangi celah yang besar.

Dengan sistem turn-based di dalam game, kamu bisa mengendalikan kedua saudara ikonik ini hanya dengan menekan tombol Start.

Fire Emblem

Game GBA - Fire Emblem
Fire Emblem. Source: World of Longplays/Youtube

Fire Emblem adalah game RPG simulasi yang menggabungkan gameplay simulasi taktik dengan cerita dan pengembangan karakter yang biasa ada di game role-playing.

Pertarungan dalam game ini berlatar sebuah map dengan pola kotak, dimana pemain mengendalikan beberapa karakter yang terbagi dalam beberapa kelas dengan berbagai kemampuan unik.

Elemen utama yang dihadirkan dalam sistem pertarungan ini adalah Weapon Triangle, dimana kekuatan dan kelemahan dari senjata dan sihir tertentu diadu dalam gaya bermain kertas gunting batu.

Pokemon Emerald

Game GBA - Pokemon Emerald
Source: PurpleRodri/Youtube

Rekomendasi game GBA terbaik selanjutnya adalah Pokemon Emerald yang rilis tahun 2004. Game ini berlatar di sebuah wilaya filai bernama Hoenn.

Gameplay yang diusung dalam Pokemon Emerald masih sama seperti sebelumnya, dimana kamu akan bermain sebagai seorang trainer Pokemon.

Tujuan utama di dalam game ini adalah untuk menguasai 8 Pokemon Gym agar bisa menantang Elite Four dan menjadi juara dalam game.

Selain gameplay dan overworld bergaya tradisional, pemain dapat berpartisipasi di sebuah kompetisi Pokemon untuk mendapatkan berbagai hadiah menarik.

Harvest Moon: Friends of Mineral Town

Harvest Moon: Mineral Town
Harvest Moon: Mineral Town. Source: Pikasprey Blue/Youtube

Harvest Moon adalah game seri simulasi yang sangat populer. Kamu akan bermain sebagai seorang laki-laki muda yang berjuang untuk menghidupkan kembali perkebunan milik seorang petani di Mineral Town.

Seperti game Harvest Moon lainnya, game dimulai dengan beberapa peralatan pertanian dan kamu harus mencari uang dengan bercocok tanam, menambang mineral, dan mencari makanan secara mandiri.

Kamu juga dapat berinteraksi dengan para penduduk dan berkeluarga dengan memilih satu dari enam orang gadis lajang di Mineral Town.

Castlevania: Aria of Sorrow

 Castlevania Aria of Sorrow
Castlevania: Aria of Sorrow. Source: X MaverickHunter/Youtube

Aria of Sorrow merupakan instalasi game ketiga dari Castlevania yang dirilis untuk konsol Game Boy Advance (GBA).

Game ini berlatar di tahun 2035 ketika Dracula sudah berhasil disegel setelah pertarungan yang terjadi di tahun 1999.

Di sini kamu akan bermain sebagai Soma Cruz, remaja dengan kekuatan supernatural yang berpotensi menjadi wadah reinkarnasi dari Dracula.

Aria of Sorrow memperkenalkan beberapa fitur baru dalam seri Castlevania, salah satunya adalah sistem “Tactical Soul”.

Sonic Advance

Sonic Advance
Sonic Advance. Source: LongplayArchieve/Youtube

Satu lagi game tentang karakter video game terpopuler didunia, Sonic Advance membawa gameplay platformer side-scrolling yang mengingatkan pada game original Sonic the Hedgehog di Sega Genesis.

Kamu akan melalui petualangan seru di sebuah pulau untuk mengalahkan Doctor Eggman yang berencana mengubah populasi hewan menjadi robot yang jahat.

Terdapat empat karakter ikonik dengan move set unik yang bisa kamu mainkan dalam game ini. Mereka adalah Sonic the Hedgehog, Tails, Knuckles the Echidna dan Amy Rose.

Advance Wars

Advance Wars
Advance Wars. Source: LongplayArchieve/Youtube

Game terbaik GBA dalam daftar ini yang terakhir adalah Advance Wars. Advance Wars merupakan game strategi dengan konsep turn-based yang dirilis oleh Nintendo pada tahun 2001.

Objektif utama dalam setiap misi adalah untuk mengalahkan tentara lawan. Terdapat dua cara untuk melakukannya yaitu menghancurkan setiap unit lawan di map atau mengambil alih markas lawan.

Terdapat 18 tipe unit berbeda di Advance Wars dengan setiap unit memiliki kekuatan serangan, jarak pandang di kabut, dan suplai bahan bakar yang berbeda.

Pertempuran dalam game ini dilakukan pada sebuah map jaringan dengan setiap tentara dipimpin oleh seorang Commander. Klasik, namun seru.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!