Rekomendasi Game PSP Terbaik, Wajib Coba!

Game PSP terbaik

PlayStation Portable (PSP) memiliki banyak judul game-game terbaik dan populer yang banyak dimainkan oleh para gamers dimasanya.

Walaupun telah resmi berhenti beroperasi secara global di tahun 2014 silam, game yang ada di PSP masih banyak diminati hingga sekarang.

Dengan adanya teknologi emulator, banyak game dari berbagai konsol termasuk PSP akhirnya bisa dijalankan pada perangkat smartphone maupun PC.

Untuk kamu yang ingin bernostalgia, yuk simak artikel tentang rekomendasi game PSP terbaik dari berbagai genre dibawah ini sampai habis ya!

Baca juga: 10 Game PSP Terbaik Sepanjang Masa

Rekomendasi Game PSP Terbaik

Mulai dari game bergenre aksi petualangan yang super seru hingga game horor yang mengerikan, berikut adalah rekomendasi game PSP terbaik yang wajib kamu coba!

God of War: Chains of Olympus

God of War Chains of Olympus
God of War: Chains of Olympus. Source: RaSan69/Youtube

Berbicara tentang rekomendasi game PSP terbaik, God of War: Chains of Olympus tidak boleh sampai ketinggalan.

Dalam game ini kamu akan bermain sebagai Kratos, masih dengan senjata khasnya yaitu Blades of Chaos. Sony juga memperkenalkan dua senjata baru untuk sang protagonis, Sun Shield dan Gauntlet of Zeus.

Chains of Olympus berhasil menggabungkan unsur combobased combat, platform dan teka-teki dengan elemen mitologi Yunani dengan sangat baik.

Baca juga: 10 Game Crossplay Terbaik 2024

Grand Theft Auto – Vice City Stories

GTA Vice City Stories
GTA Vice City Stories. Source: GTA Series Videos/Youtube

Kepopuleran konsol PSP juga tidak luput dari perhatian Rockstar, dimana mereka merilis game GTA – Vice City Stories pada tahun 2006.

Dengan konsep open world, gameplay inti dari Vice City Stories berfokus pada aksi menembak dan mengemudikan berbagai tipe kendaraan.

Salah satu elemen gameplay yang menjadi highlight dari game ini adalah “Empire Building”.  Pemain dapat membuka dan mengoperasikan berbagai jenis bisnis yang direbut dari geng lawan.

Setiap bisnis memiliki misi unik dan hadiah yang berbeda dan pemain harus melindungi bisnis mereka dari serangan geng lain hingga semua perusahaan di kota sudah diambil alih.

Tekken 6

Tekken 6
Tekken 6. Source: Charada Brazil/Youtube

Serial game Tekken tak diragukan memiliki fandom yang sangat besar di seluruh dunia karena gameplay pertarungannya yang menarik dengan berbagai karakter ikonik didalamnya.

Tekken 6 menampilkan area pertarungan yang jauh lebih luas dengan banyak komponen interaktif dibanding game sebelumnya.

Selain itu, fitur penyesuaian karakter didalamnya telah ditingkatkan dan Bandai Namco juga melakukan penambahan berbagai item yang bisa mempengaruhi aspek gameplay didalamnya.

Tekken 6 juga memperkenalkan sistem Rage baru dimana, karakter yang digunakan akan mendapatkan penambahan damage pada serangan mereka saat HP berada dibawah poin tertentu.

Baca juga: 9 Game Nintendo Switch Paling Seru yang Wajib Dimainkan

Naruto Shippuden – Kizuna Drive

Game PSP terbaik - Naruto Shippuden Kizuna Drive
Naruto Shippuden – Kizuna Drive. Source: STORM MASTER/Youtube

Rekomendasi game PSP terbaik selanjutnya datang dari seri manga populer karya Masashi Kishimoto yaitu Naruto.

Naruto Shippuden: Kizuna Drive menjadi game pertama dengan fitur pertarungan co-op yang memungkinkan 4 orang pemain bertarung bersama.

Game ini juga memiliki sistem pertarungan Kizuna Drive. Dengan sistem ini, setiap pemain dapat bergantian melancarkan serangan pada lawan untuk memberikan damage yang besar.

Tak hanya itu, Kizuna Drive juga membawakan alur cerita original dimana Naruto dan teman-temannya harus mencari dalang yang bertanggungjawab atas hilangnya ninja-ninja di Konohagakure.

FIFA 12

Game PSP terbaik - FIFA 12
FIFA 12. Source: LL3/Youtube

Sepakbola adalah salah satu olahraga terfavorit didunia. Tak hanya didunia nyata, jenis olahraga yang satu ini juga populer dalam format game.

Game yang dirilis oleh EA ini banyak melakukan perubahan pada tiga gameplay utama mereka. Gameplay tersebut adalah Impact Engine, Tactical Defending, dan Precision Dribbling.

FIFA 12 juga meningkatkan sistem AI yang disebut Pro Player Intelligence. Tujuannya untuk membuat pemain yang dikendalikan oleh AI bereaksi dengan tepat terhadap skill dan kapabilitas pemain lainnya.

Game ini menampilkan 42 tim nasional dengan tambahan lima tim baru serta memiliki total 56 stadium, salah satunya stadion Etihad Manchester City.

Baca juga: Party Animals: Game Pesta Kacau Balau yang Menggemaskan!

Crash Tag Team Racing

Game PSP terbaik - Crash Tag Team Racing
Crash Tag Team Racing. Source: LL3/Youtube

Jika kamu suka game balapan dengan aksi yang menghibur, maka sudah pasti tidak asing dengan game Crash Tag Team Racing.

Dalam game ini kamu akan bermain sebagai Crash Bandicoot untuk mengambil kembali Black Power Game dari Ebenezer Von Clutch beserta Power Gem lainnya.

Kamu akan berkompetisi dalam berbagai balapan dan minigame seru untuk mendapatkan Wumpa Coin dan Power Crystal untuk membuka 5 area bermain dalam game ini.

Crash Tag Team Racing membawa dua karakter baru yaitu Ebenezer Von Clutch yang merupakan seorang cyborg asal Jerman dan Pasadena O’Possum, seorang pengumudi mobil balap asal Texas.

Silent Hill – Shattered Memories

Game PSP terbaik - Silent Hill Shattered Memories
Silent Hill – Shattered Memories. Source: John GodGames/Youtube

Rekomendasi game yang terakhir berasal dari genre survival horor game, Silent Hill – Shattered Memories yang dirilis tahun 2009 lalu.

Seperti sebelumnya, Shattered Memories masih mengangkat premis dari Harry Mason yang mencari anaknya di Silent Hill.

Meskipun menggunakan format cerita yang sama, game ini memiliki plot cerita yang berbeda. Climax Studios selaku pengembang game ini juga mengubah perilaku dan peran dari sang karakter utama.

Berbeda dengan game sebelumnya, tidak ada elemen pertarungan dalam gameplay Shattered Memories. Kamu hanya bisa berlari, sembunyi, dan memperlambat monster dengan menghalangi jalan mereka.

Baca juga: Rekomendasi Game Yakuza Terbaik untuk PC, Mainkan Sekarang!

Nah, itulah rekomendasi game PSP terbaik yang wajib untuk kamu mainkan. Dari daftar game diatas, adakah yang pernah kamu mainkan?

Untuk kamu yang sedang mencari kebutuhan game kesayangan, yuk top up di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!