Rumor Starfield Rilis di PS5

Starfield PS5

Mungkin sudah banyak player yang menantikan kehadiran Starfiled di konsol PS5. Namun, masih belum ada informasi resmi terkait dengan hal tersebut.

Rumor mengenai kehadiran game tersebut di PS5 telah beredar selama beberapa waktu ke belakang. Nah, buat Vicigers yang juga penasaran, yuk simak ulasannya berikut ini!

Baca juga: Kode GTA 5 Terlengkap untuk PS3, PS4, PS5, PC, dan Xbox

Starfield Rilis

Perilisan Starfield
Perilisan Starfield. Sumber: Official Site

Bisa dibilang industri game sekarang adalah eranya genre petualangan berbasis open-world. Semua pelaku pasar berlomba-lomba melahirkan lineup eksplorasi versi mereka sendiri.

Ada yang mengambil tema fantasi (berisikan elf, naga, serta pedang dan busur), historis (latar belakang kisah-kisah mitologi dan sejarah lama), bahkan sampai fiksi ilmiah sekalipun (luar angkasa, alien, dsb.)

Salah satu di antaranya yang saat ini sedang menjadi perhatian publik yakni Starfield besutan Xbox nih Vicigers! Mengusung petualangan antariksa, persaingan di pangsa pasar ini memang terbilang minim.

Satu-satunya game dengan tema dan genre serupa hanyalah No Man’s Sky. Dan game inipun jauh definisi triple-A dan terbilang kurang memberikan unsur aksi.

Sedangkan waralaba Star Wars yang hingga saat ini menjadi judul antariksa futuristik paling mumpuni belum memiliki game bergenre open world. Atas dasar itulah, Starfield hadir dengan tanpa lawan yang terbilang sepadan.

Game ini dikembangkan oleh Bethesda, developer yang juga mengembangkan game fantasi sudut pandang orang pertama (first-person) ternama: Skyrim.

Karena itu pengaruh Skyrim terlihat cukup kental pada game ini – memberikannya julukan sebagai game “Skyrim versi antariksa”.

Baca juga: Heboh Rumor Starfield Bakal Hadir di PS5

Starfield Eksklusif Microsoft

Starfield dari Bethesda
Starfield dari Bethesda. Sumber: Official Site

Melihat ruang gerak yang masih cukup longgar tersebut, Microsoft selaku induk perusahaan (parent company) dari Bethesda tentu tidak segan-segan mengambil kesempatan emas ini.

Yap, gaya Microsoft pada industri ini memang seakan ingin selalu membuat berbagai lineup-nya se-eksklusif mungkin. Ini dilakukan agar mereka dapat mengungguli saingan terbesarnya: Sony.

Sebagai sang empunya merek dagang terbesar di dunia konsol modern (PlayStation), “perang dingin” yang berkecamuk di antara keduanya seakan tidak pernah usai.

Maka jangan heran bila hingga saat ini, Starfield dengan segala keunggulannya menjadi salah satu lineup eklusif Microsoft.

Game ini hanya bisa dimainkan pada konsol-konsol current gen dari Xbox (Series X dan S) juga platform Windows.

Baca juga: Starfield: Game Luar Angkasa Baru Yang Akan Rilis September!

Starfield PS5 Akankah Rilis?

Kapan Starfield PS5 Rilis
Kapan Starfield PS5 Rilis. Sumber: Official Site

Lantas adakah kemungkinan Starfield PS5 akan rilis? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, tentu ada baiknya agar terlebih dahulu menimbang-nimbang untung-ruginya.

Sebenarnya boleh dikatakan bahwa apabila Starfield liris sebagai game multiplatform lintas merk, Xbox tidak akan kehilangan keuntungan. Malahan, besar kemungkinan ini akan memperbesar jumlah pemasukan sang developer.

Ini semua dapat dilihat dari skema industri konsol modern itu sendiri. Yap, keuntungan terbesar dari para developer tidak terletak pada penjualan konsol, melainkan dari jumlah kopi game yang tersedia untuk konsol tersebut.

Maka semakin banyak jumlah kopi yang terjual, semakin besar juga pemasukan yang didapatkan. Dan tentu skema ini juga dapat diberlakukan pada Starfield.

Maka tidak heran, ketika Phil Spencer selaku CEO divisi gaming Microsoft menyatakan bahwa akan ada empat game eksklusif Xbox yang akan beralih menjadi game lintas platform.

Dilansir dari laman IGN, keempat game ini merupakan judul-judul besar yang mereka miliki. Meski begitu, ia belum berani membuka nama-namanya.

Kabar ini tentu memberikan angin segar bagi Starfield untuk bisa hadir di platform lain. Maka kita tunggu saja, kehadiran Starfield PS5!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!