Microsoft Hentikan Dukungan Windows 8.1 Tahun Depan, Ada Apa?

hentikan dukungan windows 8.1

Baru-baru ini Microsoft memberikan informasi kepada pengguna setianya bahwa mereka akan menghentikan dukungan Windows 8.1. Dengan segala pertimbangannya, pihak Microsoft merasa harus menghentikan dukungan ini demi kebaikan bersama.

Windows 8.1

Windows 8.1 merupakan sistem operasi yang dirilis oleh Windows NT yang dikembangkan oleh Microsoft. Windows 8.1 dirilis ke manufaktur pada 27 Agustus 2013 dan dirilis secara luas untuk penjualan ritel pada 17 Oktober 2013, sekitar setahun setelah rilis ritel pendahulunya, dan digantikan oleh Windows 10 pada 29 Juli 2015.

Windows 8.1 tersedia untuk didownload dan digunakan melalui MSDN dan Technet dan tersedia sebagai peningkatan gratis untuk salinan eceran pengguna Windows 8 dan Windows RT melalui Windows Store. Versi server, Windows Server 2012 R2, dirilis pada 18 Oktober 2013.

Awalnya, perilisan Windows 8.1 bertujuan untuk mengatasi keluhan para pengguna dan pengkritik dari Windows 8 saat diluncurkan. Karena hal ini, Windows 8.1 melakukan penyempurnaan sepetri start screen yang ditingkatkan, tambahan snap views, aplikasi yang dibundel tambahan, integrasi OneDrive (sebelumnya SkyDrive) yang lebih ketat, Internet Explorer 11 (IE11), sistem pencarian terpadu yang didukung Bing, pemulihan tombol Start, dan  kemampuan untuk memulihkan perilaku sebelumnya saat membuka desktop pengguna saat login alih-alih start screen.

Baca Juga: Bocoran Karakter Sumeru Genshin Impact di Patch 3.0, Siapa Saja?

Perjalanan OS Windows 8.1

Windows 8.1

Microsoft pertama kali merilis OS Windows 8.1 di tahun 2013 yang merupakan penerus Windows 8. Namun, sistem operasi Windows 8.1 yang bertujuan untuk memperbaiki Windows 8 ini nyatanya mendapatkan sambutan yang kurang menarik dari para penggunanya.

Sebelumnya, perusahaan yang dibesut oleh Bill Gates ini sebelumnya sudah menghentikan fitur ‘Mainstream Support’ pada Januari 2018. Tapi bagaimapun, Windows 8.1 ini masih mendapatkan fitur ‘Extended Support’ selama lima tahun sejak saat ini, yang dimana berfungsi untuk mengupdate software, mengupdate keamanan secara reguler hingga bantuan teknis lainnya.

Pada website resminya Microsoft menuliskan “Sebagian besar perangkat Windows 8.1 atau Windows 8 tidak bisa memenuhi syarat hardware untuk melakukan upgrade ke Windows 11, sebagai alternatif, PC Windows 8 dan Windows 8.1 bisa diperbarui ke Windows 10 dengan membeli dan menginstal full version software tersebut,”

Tak hanya itu, pihak Microsoft juga mengingatkan kepada penggunanya bahwa Windows 10 akan mencapai tanggal akhir dukungannya di tahun 2025 tepatnya pada tanggal 14 Oktober 2025. Hal ini tentu sangat diperlukan karena bila tidak adanya update software dan perbaikan keamanan, bukan tidak mungkin akan ada resiko besar untuk menjalakan ataupun mengoperasikan sistem operasi ini setelah sistem operasinya berhenti mendapatkan dukungan.

Baca Juga: Link Untuk Download Apk Higgs Versi Lama

Penghentian Dukungan Windows 8.1

dukungan windows 8.1
windows 8.1

Baru-baru ini Microsoft memberikan informasi dan peringatan kepada pengguna yang masih menggunakan Windows 8.1 untuk segera memperbarui sistem operasi mereka. Pihak Microsoft memberikan informasi dan peringatan tersebut bukanlah tanpa alasan, dilansir dari The Verge, pihak perusahaan tidak akan lagi memberikan dukungan ke Windows 8.1 pada tahun depan tepatnya mulai 10 Januari 2023.

Walaupun sebenarnya pihak Microsoft sudah menghentikan dukungan yang serupa ke Windows 8 di tahun 2016, tetapi untuk veri Windows 8.1 pihak Microsoft akan menghentikan sepenuhnya per Januari 2023. Dampak dari penghentian ini adalah pihak Microsoft tidak akan lagi memberikan update software seperti Extended Security Update (ESU) ke Windows 8.1 dan sebagainya.

So, bagi Vicigers yang masih menggunakan Windows 8.1 jangan lupa untuk diupdate agar tidak dihentikan secara paksa di tahun depan ya!

Baca Juga: Fitur Cheat Mobile Legends Anti Kena Banned

Upgrade ke Windows 10

dukungan windows 8.1
Windows 10

Efek dari penghentian dukungan Windows 8.1 ini membuat para penggunanya diberikan 2 pilihan, pertama apakah mereka ingin mengganti (membeli) perangkat baru yang artinya harus mengeluarkan lebih untuk membelinya. Kedua, apakah para pengguna ingin melakukan upgrade Windows 8.1 ke Windows 10.

Perlu diketahui bahwa jika pengguna ingin melakukan upgrade ke Windows 11, pihak Microsoft tidak menyarankannya karena banyak pengguna dari Windows 8 dan Windows 8.1 tidak memenuhi persyaratan karena spesifikasi PC/Laptop mereka kurang memumpuni. Untuk itu pihak Microsoft memberikan jawaban alternatif untuk melakukan upgrade ke Windows 10.

Tentu untuk melakukan upgrade ke Windows 10 merupakan pilihan yang paling baik untuk saat ini jika dana para penggunanya terbatas.

Baca Juga: KOP E-Sport King of The King Season 1 Berjalan Sukses

Cara Update ke Windows 10

dukungan windows 8.1
Windows 10

Untuk melakukan update ke Windows 10, kalian bisa melakukannya via Windows Update. Menggunakan metode Windows Update cukuplah mudah karena kalian tingga mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Tekan tombol Start/Windows di desktop PC atau Laptop kalian
  2. Buka pengaturan atau Settings pada perangkat PC atau Laptop kalian
  3. Lalu klik Update & Security pada Windows Settings
  4. Setelah itu klik tombol check for updates
  5. Jika telah tersedia update atau pembaharuan Windows 10 yang terbaru maka selanjutnya PC atau Laptop kalian akan menjalankan instalasin pembaharuan secara otomatis

Jangan lupa untuk melakukan langkah-langkah tersebut, dibutuhkan internet yang lancar agar update pun berjalan dengan lancar tanpa gangguan. Selanjutnya, kamu juga bisa melakukan update ke Windows 10 melakukan cara Update Assistant.

Untuk melakukan update ke Windows 10 menggunakan Update Assistant, kamu harus menyiapkan beberapa persyaratan terlebih dahulu seperti:

  1. Pastikan PC atau Laptopmu tersambung dengan internet dengan jaringan yang stabil. Hal ini disebabkan kalian membutuhkan 2-4 GB untuk mendownload Windows 10.
  2. Lalu kalian bisa men-download Windows 10 Update Asisstant versi terbaru (versi 20H2)
  3. Jangan lupa untuk back up data penting dari drive C di perangkat milikmu

Setelah kalian selesai men-download Windows 10 Update Asisstant versi terbaru (versi 20H2), kalian bisa mengikuti langkah-langkah selanjutnya seperti berikut:

  1. Buka aplikasi Windows 10 Update Assistant
  2. Klik tombol Update Now
  3. Naninya secara otomatis Windows akan melakukan pengecekan kompatibilitas PC atau Laptop kalian
  4. Klik Next
  5. Setelah itu tinggal tunggu proses download dan pembaharuan otomatis Windows 10 hingga selesai

Jika Vicigers bingung dimana ingin membeli produk Windows 10 ataupun Windows lainnya, Vicigers bisa mengunjungi VC Market by VCGamers karena di VC Market lengkap menyediakan semua kebutuhan Windows Vicigers!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!