Rekomendasi 10 Game Nintendo DS Terbaik

Game Nintendo DS Terbaik

Nintendo DS adalah konsol game portable yang dikembangkan dan diproduksi oleh Nintendo di tahun 2004. Apa saja game terbaik dari Nintendo DS?

DS dari konsol game ini sendiri merupakan singkatan dari “Dual Screen” yang mengacu pada kedua layarnya. Layar yang terletak dibawah sendiri memiliki fungsi sebagai layar sentuh.

Kali ini kita akan membahas 10 game Nintendo DS terbaik dari berbagai genre. Kamu sudah pernah main salah satunya belum?

Baca juga: Daftar Game Harvest Moon di Nintendo Switch, Yuk Main!

10 Game Nintendo DS Terbaik Sepanjang Masa

Walaupun sudah berhenti beredar, tidak diragukan lagi bahwa Nintendo DS sangat digemari oleh banyak orang di masanya. Apa saja game terbaik yang dimiliki oleh konsol game ini?

Nintendogs

Game Nintendo DS Terbaik - Nintendogs
Nintendogs. Source: nintendolife.com

Game terbaik dari Nintendo DS yang pertama adalah Nintendogs. Dengan memanfaatkan teknologi layar sentuh, kamu bisa memelihara seekor anjing virtual yang menggemaskan.

Kamu bisa mengajak anjingmu bermain, berlatih, mengajak jalan, dan memandikannya seperti peliharaan di dunia nyata.

Game ini juga memungkinkan kamu untuk memanggil anjing peliharaanmu dengan memanfaatkan mikrofon yang tertanam didalamnya Nintendo DS.

Nintendogs juga memuat berbagai kompetisi menarik yaitu Disc Competition, Agility Trial dan Obedience Trial untuk mendapatkan uang dan menambah poin trainer . Menarik bukan?

New Super Mario Bros

Game Nintendo DS Terbaik - New Super Mario Bros
New Super Mario Bros. Source: nintendolife.com

Mario adalah salah satu ikon karakter game terpopuler dari Nintendo hingga saat ini. Pada tahun 2006, mereka merilis New Super Mario Bros untuk Nintendo DS.

New Super Mario Bros memiliki visual 2D dengan gameplay sidescrolling dan memiliki total 8 dunia yang berisi 8 – 12 level. Tujuan utama setiap level adalah mencapai bendera hitam yang muncul diakhir.

Terdapat total 8 item Power Up yang bisa memberikan efek khusus terhadap Mario, salah satunya adalah Super Mushroom yang membuat tubuh Mario menjadi lebih besar.

Game ini juga mendukung fitur multiplayer hingga 4 pemain yang terbagi menjadi 2 tim untuk berperan sebagai Mario dan Luigi.

Hotel Dusk: Room 215

Game Nintendo DS Terbaik - Hotel Dusk: Room 215
Hotel Dusk: Room 215. Source: nintendolife.com

Hotel Dusk: Room 215 adalah game petualangan pointandclick yang berfokus pada penyelesaian teka-teki dengan memanfaatkan layar sentuh dan mikrofon dari Nintendo DS.

Selama permainan berlangsung, pemain harus mengumpulkan informasi dengan berbicara pada pelanggan dan petugas hotel.

Pemain tidak boleh salah mengajukan pertanyaan, berasumsi, bersikap tidak sopan atau menunjukkan item yang salah.

Jika dia melakukan kesalahan, Kyle bisa saja gagal dalam misi karena diberhentikan sebelum waktunya oleh manajer hotel atau karakter penting berhenti bekerjasama dengannya.

Pokemon HeartGold and SoulSilver

Game Nintendo DS Terbaik - Pokemon HeartGold and SoulSilver
Pokemon HeartGold and SoulSilver. Source: nintendolife.com

Game terbaik Nintendo DS selanjutnya adalah Pokemon HeartGold and SoulSilver. Game ini berlatar di Johto dan Kanto yang merupakan wilayah fiktif dalam serial Pokemon.

HeartGold and SoulSilver merupakan game RPG dengan elemen petualangan yang kental. Gameplay dasar dalam game ini masih sama seperti yang digunakan oleh game pendahulunya.

Saat pemain bertemu dengan Pokemon liar atau ditantang oleh trainer, layar akan berubah menjadi pertarungan turnbased dimana pemain bisa memakai berbagai item dan Pokemon di pertandingan.

HeartGold and SoulSilver memungkinkan pemain untuk berkomunikasi dengan Pokemon mereka untuk mengetahui perasaan atau memberikan item pada mereka.

Final Fantasy Crystal Chronicles: Echoes of Time

Game Nintendo DS Terbaik - Final Fantasy Crystal Chronicles Echoes Time
Final Fantasy Crystal Chronicles Echoes Time. Source: nintendolife.com

FF Crystal Chronicles: Echoes of Time adalah aksi RPG dimana pemain bisa membuat karakter mereka sendiri dengan memilih salah satu suku yaitu Clavats, Yukes, Selkies dan Lilties.

Setiap dungeon akan diisi oleh banyak monster untuk dikalahkan dan pemain akan disuguhi berbagai teka-teki untuk diselesaikan.

Echoes of Time mengusung sistem pertarungan realtime yang mengharuskan pemain untuk mendekar pada lawan daripada memilih item. Hal ini membuatnya berbeda dari entri game utama seri Final Fantasy.

Para pemain bisa mengunjungi beberapa kota untuk menerima misi, merekrut sekutu atau membeli dan membuat senjata atau baju perlindungan.

Selain untuk Nintendo DS, game ini juga dirilis untuk Wii dan keduanya bisa dimainkan dalam mode multiplayer secara online maupun offline dengan total 4 orang.

Kirby Super Star Ultra

Game Nintendo DS Terbaik - Kirby Super Star Ultra
Kirby Super Star Ultra. Source: nintendolife.com

Game yang dirilis pada tahun 2008 ini berhasil terjual hampir 3 juta salinan dan membuatnya meraih peringkat keempat sebagai game terlaris dalam serial ini.

Kirby Super Star Ultra menggunakan gameplay platformer dimana kamu akan bermain sebagai Kirby untuk menyelesaikan berbagai level sambil menghindari rintangan dan lawan.

Tidak hanya berlari atau berjalan, Kirby juga bisa melompat, berenang dan menghirup lawan atau objek lain untuk menggunakannya sebagai peluru.

Kirby juga bisa terbang dalam durasi yang terbatas namun dia tidak dapat menyerang lawan atau menggunakan kemampuan lainnya.

Walaupun kebanyakan mode game memiliki mekanisme yang sama, masing-masing dari mereka mempunyai skenario dan objektif yang berbeda.

Salah satu perubahan besar yang ada dalam game ini adalah mode Spring Breeze bisa diakses oleh pemain sejak awal permainan.

The Sims 3

Game Nintendo DS Terbaik - The Sims 3
The Sims 3. Source: nintendolife.com

Seperti game sebelumnya, The Sims 3 juga mengendalikan aktivitas dan hubungan sosial para Sims mereka. The Sims 3 mengusung gameplay openended yang tidak memiliki tujuan akhir yang pasti.

Perbedaan yang mencolok dalam game ini adalah tidak adanya layar loading yang akan muncul saat Sims berpindah tempat sehingga terasa lebih mulus dan bebas.

Para Sims bisa hidup dalam durasi waktu yang ditentukan oleh pemain dan melewati beberapa tangga kehidupan seperti bayi, remaja dan orang tua.

Sims juga bisa mati karena umur yang tua atau mati lebih awal oleh beberapa kondisi seperti kebakaran, kelaparan, tenggelam dan tersetrum listrik.

Latar tempat utama dalam game ini berlokasi di Sunset Valley dengan tambahan tempat bernama Riverview yang bisa didapatkan dengan gratis.

Animal Crossing: Wild World

Game Nintendo DS Terbaik - Animal Crossing: Wild World
Animal Crossing: Wild World. Source: nintendolife.com

Seperti game lainnya dalam serial ini, Wild World adalah game open-ending dimana kamu akan bermain sebagai seorang manusia yang pindah ke sebuah desa dengan penduduk binatang antropomorfik.

Selama tinggal di desa tersebut, kamu dapat melakukan berbagai aktivitas seperti mengoleksi item atau bersosialisasi dengan penduduk desa.

Game ini memiliki fitur kustomisasi yang tinggi, dimana kamu bahkan bisa mendesain pola baju dengan bantuan dari penjahit desa, Able Bersaudara.

Dengan teknologi dua layar yang dimiliki oleh Nintendo DS, pemain dapat melakukan berbagai aksi seperti menulis pesan dan menggambar desain pakaian.

The Simpsons Game

Game Nintendo DS Terbaik - The Simpsons Game
The Simpsons Game. Source: nintendolife.com

Dalam game ini, kamu akan mengendalikan keluarga Simpson yang masing-masing memiliki kemampuan uniknya sendiri.

The Simpsons Game memiliki fitur co-op yang menggunakan layar terpisah dan memungkinkan setiap pemain untuk mengendalikan satu dari dua karakter dalam suatu level.

Versi Nintendo DS dari game ini menggunakan gameplay side scrolling dengan beberapa fitur yang tidak tersedia dalam versi lainnya.

Seekor peliharaan virtual yang diberinama “Pet Homer” juga bisa pemain dapatkan. Peliharaan tersebut dapat diberi makan dan melindungi Homer dari berbagai ancaman seperti tersedak dan serangan jantung.

The Simpsons Game berhasil mendapatkan penghargaan “Best Game Based on a Movie or TV Show pada tahun 2007 dan berhasil terjual sekitar 4 juta salinan diseluruh dunia.

Osu! Tatakae! Ouendan

Game Nintendo DS Terbaik - Osu!Tatakae! Ouendan
Osu!Tatakae! Ouendan. Source: nintendolife.com

Game rhythm yang satu ini menampilkan plot cerita yang diiringi oleh lagu spesifik dengan setiap levelnya terdiri dari empat hingga lima fase.

Seorang karakter akan menghadapi sebuah permasalahan yang ketika konflik mencapai klimaks, mereka akan meneriakkan Ouendan! dan memanggil sekelompok grup penyemangat sebelum lagu dimulai.

Saat bermain, cerita yang dibawakan akan muncul pada layar atas Nintendo DS sedangkan layar bawahnya  berfungsi menampilkan gameplay.

Pemain akan menggunakan pena stylus khusus untuk melakukan berbagai variasi gerakan agar poin bisa didapatkan.

Dengan berbagai cerita menarik dan karakter-karakter unik didalamnya, Osu! Tatakae! Ouendan berhasil membawa warna baru dalam game rhythm saat itu.

Baca juga: 5 Game Nintendo Switch yang Rilis 2024, Ada Jujutsu Kaisen!

Nah, itulah 10 game terbaik dari konsol Nintendo DS. Apakah kamu pernah memainkan salah satu game dalam daftar diatas?

Untuk kamu yang sedang mencari tempat top up kebutuhan game kesayangan atau produk digital yang murah, aman dan terpercaya, yuk top up di VCGamers Marketplace aja!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!