Panduan Ragnarok Origin untuk Pemula, Simak Ini!

Panduan Ragnarok Origin

Ragnarok Origin adalah salah satu game MMORPG asli dengan gaya grafis 3D yang sangat berbeda, meskipun kamu sudah sering bermain game MMO, bermain game ini sangatlah berbeda. Nah, kali ini kita akan memberikan panduan Ragnarok Origin buat kamu yang masih pemula.

Game ini memang memiliki banyak kerumitan dalam hal menaikkan level, mengatur persneling, berganti pekerjaan, dan maju, secara umum. Untungnya, kamu bisa membaca artikel ini untuk panduan Ragnarok Origin yang masih pemula.

Kamu harus mengetahui banyak aspek yang berbeda agar dapat maju secara efisien. Untuk alasan ini, VCGamers telah membuat panduan Ragnarok Origin, di mana kamu dapat mempelajari semua yang dibutuhkan untuk memulai di jalur yang benar.

Baca juga: Kode Redeem Ragnarok Origin Bulan April dan Cara Klaimnya

Panduan Ragnarok Origin untuk Pemula

Sebagai salah satu game MMO paling sulit dimainkan, kamu harus mempelajari beberapa hal yang ada di bawah ini agar tidak kebingungan.

Memilih Kelas yang Tepat

Panduan Ragnarok Origin
Panduan Ragnarok Origin. Source: Youtube/Hasta.

Setiap player memulai sebagai kelas petualang biasa, yang hanya memiliki beberapa skill dasar dan pada dasarnya ada untuk mengajari cara memulai. 

Namun, begitu kamu mencapai level 10 selama tutorial, kamu akan dapat memilih transisi kelas pertama, yang akan menjadi keputusan besar pertama dalam perkembangan karakter, mengingat betapa beragamnya kelas dalam game ini.

Tanpa membahas terlalu banyak detail, inilah penjelasan singkat dari setiap kelas serta peran dasarnya;

  • Pendekar Pedang > Ksatria > Ksatria Tuan (Tank, DPS) 
  • Acolyte > Priest > High Priest (Healer) Penyihir > Penyihir > Penyihir Tinggi (DPS) 
  • Pencuri > Assassin > Assassin Cross (DPS) 
  • Pedagang > Pandai Besi > Pandai Besi (DPS, Pedagang) 
  • Pemanah > Pemburu > Penembak Jitu (DPS)

Pilihan kelas jelas akan bergantung pada gaya bermain pilihanmu sendiri. Kamu bisa mencoba yang paling mudah terlebih dulu untuk memulai pengalaman pertama.

Baca juga: Cara Top Up Ragnarok Origin Termurah, Mulai Rp3000-an!

Meningkatkan Statistik Secara Efektif

Ilustasri Game Ragnarok Origin. Source: IGN.

Sekarang setelah memilih kelas, panduan Ragnarok Origin selanjutnya untuk mengembangkan karakter sebenarnya adalah meningkatkan statistik.

Setiap kali naik level, kamu akan menerima poin atribut yang dapat kamu investasikan untuk meningkatkan statistik karakter. Statistik ini, pada gilirannya, mengatur seberapa baik kinerja karakter dalam pertempuran. 

Namun, tidak semua kelas memerlukan setiap stat, dan dalam beberapa kasus, kamu mungkin menemukan bahwa sebaiknya tetap menggunakan tidak lebih dari tiga statistik, tergantung pada kelas dan peran yang ingin kamu lakukan. 

Misalnya, Pendekar Pedang dapat dibangun sebagai tank atau DPS. Untuk mencapai yang pertama, Kamu hanya perlu memasukkan sebagian besar poin ke dalam VIT untuk membuatnya pada dasarnya tidak dapat dibunuh. 

Di sisi lain, dengan memasukkan poin ke dalam STR, DEX, dan AGI, seorang Swordsman bisa menjadi kelas DPS yang layak.

Jika kamu merasa telah melakukan kesalahan dengan menaikkan status statistik yang salah sejak awal, kamu dapat mengatur ulang atribut dengan menggunakan Batu Atur Ulang. 

Kamu akan mendapatkan tiga item ini secara gratis sejak awal, meskipun harus membayarnya menggunakan Catnip jika ingin mengatur ulang statistik lagi nanti.

Farming dan Naik Level

Tutorial Download Ragnarok Origin APK
Farming di game Ragnarok Origin. Source: Mike Fringe/Youtube

Panduan Ragnarok Origin selanjutnya adalah farming dan menaikkan level. Seperti kebanyakan MMORPG, cara naik level di Ragnarok Origin adalah dengan mendapatkan poin pengalaman yang cukup. 

Cara terbaik untuk mendapatkan sumber daya ini adalah dengan menyelesaikan misi utama dan sampingan, atau dengan berburu di lapangan. 

Namun, tidak seperti game lain dalam genre di mana kamu dapat dengan mudah mengaktifkan pertempuran otomatis selama berjam-jam untuk menggiling secara otomatis, kamu hanya dapat mengumpulkan musuh untuk waktu yang terbatas setiap hari.

Setiap pemain mendapatkan 120 menit stamina pertempuran. Sumber daya inilah yang memungkinkan pemain mendapatkan XP dan item dari berburu monster di lapangan. 

Stamina ini hanya habis setiap kali pemain dalam pertempuran, dan setelah habis, kamu akan berhenti menerima hadiah dari berburu.

Baca juga: Browser Game MMO Yang Bisa Kamu Mainkan Gratis di PC

Berburu MVP dan Mini 

Panduan Ragnarok Origin
Berburu MVP. Source: Youtube/Zeeka.

Panduan Ragnarok Origin yang satu ini adalah salah satu bagian terpenting dari Ragnarok Origin karena merupakan cara yang bagus untuk mencetak item langka. 

MVP dan Mini adalah musuh bos yang muncul di dunia dan, setelah mengalahkan mereka, memberikan beberapa item paling langka dan paling kuat di dalam game. Karena kesulitannya, MVP membutuhkan party untuk berburu. 

Perlu diingat bahwa pemain dibatasi hanya 5 Mini dan MVP per hari. Setiap pembunuhan setelah batas tidak akan memberikan item atau jarahan apapun kepada peserta. 

Selain itu, kamu selalu dapat memeriksa zona pemijahan dan penghitung waktu untuk semua MVP melalui menu event.

Baca juga: Menjajal Dragon Raja, Game Android MMORPG dengan Segudang Fitur Baru

Dengan mempelajari semua panduan Ragnarok Origin yang ada di atas akan memudahkan dalam bermain game ini.

Jangan lupa untuk Top Up Nyan Berry Ragnarok Origin Termurah dan Tercepat hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!