Perbandingan Artefak Terbaik Nilou Genshin Impact 2023

nilou genshin impact artifacts comparison

Tidak akan pernah ada habisnya perdebatan tentang rekomendasi artefak untuk karakter Genshin Impact, salah satunya Nilou.

Karakter yang menggunakan Hydro ini mempunyai kit build yang berfokus pada reaksi elemental Bloom. 

Kit dari Nilou terbilang cukup unik karena cukup spesifik dan niche dibandingkan karakter lainnya yaitu dapat meningkatkan damage dari karakter Dendro dan Hydro serta skill pasif yang dapat meningkatkan damage Bloom.

Dengan adanya pertambahan domain dan set artefak baru, VCGamers akan merangkumkan dan membandingkan beberapa set artefak sesuai dengan posisi build Nilou di party kamu.

Baca juga: Abyss Mage Genshin Impact, Drop, Lokasi, Tips Mengalahkan

Gambaran Skill dan Stat Nilou Genshin Impact

genshin impact nilou elemental burst
Elemental Burst Nilou (source: VCGamers)

Nilou adalah karakter bintang 5 dengan elemen Hydro yang memiliki fokus kit pada reaksi elemental Bloom. 

Hal ini karena skill pasif Nilou yaitu Court of Dancing Petal akan memberikan Bountiful Core apabila terdapat minimal 1 karakter Dendro dan Hydro dalam party Nilou.

Bountiful Core sendiri adalah Dendro Core yang memiliki perhitungan DMG lebih besar dibandingkan Dendro Core biasa. 

Selain itu, Bountiful Core hanya akan bereaksi atau meledak dengan reaksi Bloom saja, tidak dengan Hyperbloom atau Burgeon.

Fokus kit inilah yang membuat Nilou menjadi kurang fleksibel untuk dipasangkan ke tim reaksi elemental Dendro lainnya atau berbagai party sebagai DPS Hydro seperti DPS seperti Childe atau Kamisato Ayato.

Meskipun demikian, fokus reaksi elemental Bloom ini menjadi nilai tambah bagi Nilou terutama untuk build.

Fokus build Nilou menjadi lebih mudah karena kamu sudah tahu potensi optimal Nilou untuk build ke party Bloom. 

Sehingga, kamu hanya perlu menyediakan karakter support atau sub dengan 2 elemen saja yaitu Hydro dan Dendro.

Keuntungan build Nilou dibandingkan karakter Genshin Impact lainnya adalah kamu dapat dengan mudah menentukan stat mana yang menjadi skala perhitungan perbesaran DMG.

Semua serangan Nilou (kecuali Normal Attack yang tidak perlu kamu tingkatkan levelnya) membutuhkan HP.

Bahkan, skill pasif Nilou juga akan memberikan bonus peningkatan DMG dari setiap HP yang dimiliki Nilou.

Sehingga untuk build Nilou kamu bisa menggunakan stat flat HP atau HP% sebagai stat utama semua slot artefak.

Stat Elemental Mastery, Energy Recharge, dan Hydro DMG Bonus  bisa dijadikan opsi pilihan stat pendamping atau sub stat.

Namun, penulis merekomendasikan untuk memenuhi kebutuhan stat HP terlebih dahulu baru dengan optimal 30.000 HP baru fokus ke stat artefak lainnya.

Baca juga: Genshin Impact Ayato Material: Lokasi, Biaya, dan Tips Farming

Rekomendasi dan Perbandingan Set Artefak

Apabila melihat dari gambaran stat dan skill Nilou tadi, apa kamu sudah bisa membayangkan artefak yang telah dirilis oleh Genshin Impact mana yang cocok untuk Nilou?

Penulis akan membandingkan penggunaan dari bonus beberapa artefak yang biasanya direkomendasikan cocok untuk Nilou.

Namun, penulis menghimbau untuk kamu memprioritaskan terlebih dahulu Stat yang ada di artefak daripada set artefak yang kamu gunakan.

Meskipun demikian, set artefak yang cocok tentunya akan memberikan bonus tambahan lain yang menguntungkan untuk build Nilou atau karakter lainnya juga.

Jika kamu masih di tahap awal permainan dengan kondisi belum bisa farming set artefak dengan rarity bintang 5, penulis menyarankan untuk memenuhi stat terlebih dahulu.

Set artefak yang penulis bandingkan ada 5 yaitu: Vourukasha’s Glow, Flower of Paradise Lost, Tenacity of the Millelith, Gilded Dreams, dan Heart of Depth.

Vourukasha’s Glow

Vourukasha's Glow Genshin Impact Set
Vourukasha’s Glow (source: VCGamers)

Menurut penulis, set Vourukasha’s Glow menjadi set yang paling bagus untuk build Nilou baik build DPS, sub DPS, atau support Bloom (misalnya menggunakan Kaveh sebagai DPS).

Vourukasha’s Glow akan memberikan tambahan HP yang dibutuhkan oleh Nilou. Selain itu, akan memperbesar DMG dari Elemental Skill dan Elemental Burst Nilou.

Kemampuan menumpuk (stack) dari bonus artefak maksimal 5 stack ini juga memberikan potensi untuk membuat DMG dari Nilou semakin besar.

Baca juga: Karakter Terbaik Pengguna Vourukasha’s Glow Genshin Impact

Flower of Paradise Lost

Flower of Paradise Lost genshin impact artefak burgeon
Flower of Paradise Lost (source: VCGamers)

Artefak ini menjadi set yang paling direkomendasikan untuk Nilou sebelum Vourukasha’s Glow dirilis pada update 3.6.

Penggunaan set yang dapat meningkatkan Elemental Mastery ini bagus untuk Nilou dengan catatan kamu harus mencukupi kebutuhan HP dari stat utama atau senjata seperti menggunakan Key of Khaj Nisut.

Selain itu, Flower of Paradise Lost memang bagus untuk Nilou karena dapat meningkatkan Bloom DMG meskipun Nilou tidak ada di area (off field).

Set ini bagus apabila kamu membutuhkan fleksibilitas Nilou di area atau menjadi sub DPS.

Gilded Dreams

Gilded Dreams artefak genshin impact
Gilded Dreams (source: VCGamers)

Jika Nilou kamu posisikan sebagai support dan dipasangkan dengan Dendro DPS seperti Kaveh, kamu bisa menggunakan 4=PC set artefak Gilded Dreams.

Set yang pada dasarnya sudah memberikan tambahan Elemental Mastery ini akan memberikan tambahan Elemental Mastery dan ATK pada karakter yang ada di party tergantung dengan jumlah elemen yang ada.

Jika kamu memilih Nilou sebagai support kamu harus memperhatikan rotasi gameplay Nilou terutama pada saat penggunaan Elemental Skill.

Saat menggunakan Elemental Skill, Nilou harus mengakhiri penggunaan Elemental Skill dengan menekan tombol Elemental Skill kembali.

Dengan cara ini, Nilou akan menciptakan area yang dapat mengaplikasikan status Wet pada musuh dan mempermudah Dendro DPS Kaveh untuk menghasilkan reaksi Bloom (membuat Bountiful Core).

Area ini tetap akan bertahan meskipun kamu mengganti Nilou ke karakter lain untuk menyerang dan memberi reaksi Bloom lebih lama.

Jika kamu salah step pada Elemental Skill dan malah menggunakan Normal Attack, kamu justru akan mengubah serangan Nilou menjadi Hydro DMG dan tidak akan membuat area di sekitarnya.

Tenacity of the Millelith

artefak tenacity of the millelith
Tenacity of the Millelith (source: VCGamers)

Menurut penulis, set ini bagus digunakan Nilou hanya untuk mendapatkan bonus peningkatan HP dari penggunaan 2-PC.

Penggunaan 4-PC Tenacity of the Millelith kurang penulis rekomendasikan karena pada dasarnya set ini untuk support karakter yang dapat menghasilkan perisai.

Kamu bisa memasangkan artefak ini dengan artefak lain seperti Vourukasha’s Glow untuk meningkatkan stat HP.

Baca juga: Reaksi Elemental dari Elemen Dendro Genshin Impact, Ada Apa Saja?

Heart of Depth

Heart of Depth
Heart of Depth (source: VCGamers)

Pada dasarnya, set Heart of Depth adalah rekomendasi artefak untuk Hydro DPS. Namun, pada kasus Nilou penulis rasa kurang cocok digunakan.

Hydro DMG Bonus yang diberikan oleh Heart of Depth kurang dibutuhkan oleh Nilou, mengingat build Nilou lebih membutuhkan HP.

Selain itu, bonus 4-PC artefak memberikan bonus tambahan pada Charged Attack dan Normal Attack. Sedangkan Normal Attack Nilou memiliki scale kecil dan akan diubah menjadi Hydro DMG apabila menggunakan Elemental Skill.

Demikian perbandingkan bonus artefak untuk NIlou dari game Genshin Impact. Apakah kamu memiliki Nilou atau mengincar karakter ini?

Top up Genesis Crystal kamu VCGamers Marketplace untuk mendapatkan Nilou ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!