Elden Ring DLC: Tanggal Rilis, Spekulasi Plot, dan Bocoran

Tanggal rilis dari DLC Elden Ring tentu menjadi pertanyaan hangat di antara para pecinta game Dark Souls ini.

Setelah menyandang game terbaik tahun 2022 dan mendapatkan gelar Game of the Year, pemain banyak yang menantikan lanjutan dari game ini.

Pada anniversary Februari lalu, From Software meluncurkan akan adanya DLC yang diberi judul “Shadow of the Erdtree”.

Apa saja yang dapat diketahui mengenai DLC ini? Berikut ini adalah penjelasan terkait Elden Ring DLC: Shadow of the Erdtree.

Baca juga: Elden Ring DLC: Shadow of Erdtree Sudah Terkonfirmasi!

Bocoran Tanggal Rilis Elden Ring DLC “Shadow of the Erdtree”

Tanggal Rilis Elden Ring DLC

armored core vi release date
Armored Core VI Release Date (source: FromSoftware)

Setelah dirilis lebih dari 1 tahun lalu, Elden Ring memang belum ada kelanjutan terkait game.

Pada 28 Februari lalu tepat pada saat Anniversary pertama, Elden Ring mengumumkan dari akun Twitter resmi game (@eldenring) sebuah post yang mengabarkan akan ada ekspansi terbaru game.

Caption tersebut hanya mengabarkan bahwa ekspansi DLC Elden Ring dengan judul Shadow of the Erdtree tengah dalam pengembangan.

Namun, post tersebut tidak memiliki kelanjutan apa-apa lagi seperti Trailer atau apa pun yang membuat pemain seakan digantung.

Post terakhir Twitter hanya mengabarkan BGM untuk lagu Morgott dan Incantation baru yang ditambahkan pada patch 1.07 yaitu Radagon’s Ring of Light.

Mengingat sejarah DLC game FromSotware lainnya seperti Bloodborne terbilang cukup cepat dari perilisan game tentu menimbulkan pertanyaan DLC Elden Ring terbilang cukup lambat.

Bloodborne sendiri dirilis pada Maret 2015 dan DLC dengan judul The Old Hunters dirilis pada November 2015, membuatnya hanya berjarak 8 bulan saja.

Pengembangan DLC Elden Ring yang cukup lama sebenarnya tidak tanpa alasan. Kemungkinan terbesar hal ini dikarenakan FromSoftware, selaku developer game, tengah disibukkan dengan persiapan perilisan game terbaru yaitu ARMORED CORE VI FIRES OF RUBICON.

Game dengan tema Action Mecha ini diumumkan akan dirilis pada 25 Agustus mendatang juga akan diterbitkan oleh Bandai Namco, sama dengan Elden Ring.

Mengingat ARMORED CORE baru akan dirilis akhir musim panas nanti, pemain berspekulasi setidaknya DLC akan dirilis paling cepat pada akhir tahun 2023 atau di awal tahun 2024.

Baca juga: Semua yang Harus Kamu Tahu Tentang Elden Ring Larvar Tear

Bocoran Terkait Elden Ring DLC

royal colosseum elden ring dlc
PvP Arena Royal Colosseum (source: VCGamers)

Salah satu data miner Lance McDonald yang sudah beberapa kali membocorkan informasi yang valid terkait Elden Ring membocorkan beberapa hal terkait Elden Ring DLC ini.

Lance mengatakan dalam salah satu percakapan Discord dengan penggemar, Elden RIng direncanakan akan mendapatkan 2 DLC yang tentu saja mendapatkan Season Pass.

Hal ini sama dengan Dark Souls III yang mendapatkan 2 DLC setelah rilis yaitu: Ashes of Ariandel dan The Ringed City.

Namun, FromSoftware untuk saat ini 2 DLC tersebut digabung menjadi 1 DLC dengan ekspansi yang lebih besar.

Kasus ini persis terjadi pada game pendahulu yaitu Bloodborne. Bloodborne yang seharusnya mendapatkan 2 DLC dan menjadi 1 yaitu The Old Hunters.

Penggabungan ekspansi ini menandakan akan ada dua cerita lanjutan dari cerita game utama Elden Ring yang akan didapat atau menjadi cerita dengan quest lanjutan. 

Sebelumnya, Lance juga membocorkan terkait 2 data Colosseum yang tidak digunakan.

Lance berspekulasi kedua Colosseum tersebut merupakan sebagai bagian dari area yang akan dibuka di DLC. Namun pada akhirnya area dekat Limgrave tersebut menjadi arena PvP.

Sempat terdapat juga bocoran berupa cuplikan yang menampilkan interface dari DLC Shadow of the Erdtree ini.

Leak ini sudah disinyalir merupakan Fanart saja yang dibuat dalam rangka merayakan pengumuman ekspansi Elden Ring.

Baca juga: Tips dan Cara Mengalahkan Godfrey Elden Ring

Spekulasi dan Teori Terkait Plot DLC

miquella marika elden ring
Queen Marika (source: VCGamers)

Meskipun belum banyak hal yang bisa mengatakan plot cerita seperti apa, timeframe kapan yang akan digunakan oleh ekspansi, dan sudut pandang siapa cerita berlangsung, ada beberapa teori terkait DLC dan hal apa yang bisa kamu nantikan.

Jika dilihat dari art teaser yang dikeluarkan, kamu bisa melihat adanya pohon Erdtree yang sudah hangus terbakar, reruntuhan bangunan, padang ilalang keemasan, dan seseorang menaiki kuda bertanduk atau Torrent.

Ada dua spekulasi terkait identitas siapa tokoh misterius yang menaiki Torrent tersebut menurut kami yang tergantung dari timeframe mana yang akan dibahas dalam plot cerita Shadow of Erdtree ini.

Jika mengambil alur mundur, kemungkinan besar karakter yang ada di teaser adalah Queen Marika. Hal itu bisa dilihat dari model rambut dengan kepang mengelilingi kepala. 

DLC ini mungkin akan bercerita lebih lanjut terkait alasan Queen Marika menghancurkan Elden Ring, hubungan dengan Radagon atau Greater Will, dan masa lalu lain yang belum dibahas di cerita utama game.

Bila melihat dari pohon Erdtree yang hangus dan banyaknya puing reruntuhan, adanya kemungkinan alur yang akan diambil dari DLC adalah masa depan.

Salah satu ending yang bisa didapatkan adalah Tarnished (karakter pemain) yang membakar pohon Erdtree.

Jika alur masa depan, spekulasi yang cocok terkait identitas karakter berambut pirang tersebut adalah Miquella, yang memiliki kemiripan fisik dengan Queen Marika.

Miquella adalah saudara laki-laki dari Malenia the Rot yang juga merupakan putra dari Queen Marika dan Radagon.

Salah satu Empyrean yang seharusnya merupakan kandidat vessel Elden Ring bersama Ranni dan Malenia ini belum muncul di game karena sedang tertidur.

Kutukan Miquella adalah tidak dapat menjadi tua. Ia pun memilih tidur untuk menciptakan pohon Haligtree, sebagai cara untuk mematahkan kutukan Miquella dan Malenia.

Bukan tidak mungkin Miquella yang terbangun menjadi titik awal DLC Elden Ring dimulai.

Terlepas dari kemungkinan dua spekulasi sebelumnya, bisa jadi timeline lain yang akan diambil oleh FromSoftware. Tidak menutup kemungkinan adanya perbadaan timeline bahkan universe untuk DLC ini.

Baca juga: Inilah Berbagai Ending Elden Ring, Kamu Sudah Dapat yang Mana?

Kamu bisa mendapatkan game ini di Steam. Nah, untuk Top up Steam Wallet murah dan cepat langsung ke VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!