Mengenal Detective Conan Alias Case Closed

Detective Conan

“Case Closed,” juga dikenal sebagai Detective Conan, adalah sebuah seri manga detektif Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Gosho Aoyama.

Serial ini telah diserialkan di majalah manga shōnen Weekly Shōnen Sunday milik Shogakukan sejak Januari 1994, dengan bab-babnya dikumpulkan dalam 104 volume tankōbon hingga Oktober 2023.

Baca juga: 5 Karakter Anime Couple Paling Romantis, Bikin Baper!

Mengenal Serial Detective Conan

Detective Conan
Edogawa Conan. Source: Wiki Index – Fandom

Ceritanya mengikuti detektif SMA Shinichi Kudo, yang tubuhnya berubah menjadi anak usia sekolah dasar ketika sedang menyelidiki sebuah organisasi misterius. Umumnya, ia memecahkan berbagai kasus dengan menyamar sebagai ayah sahabat masa kecilnya dan berbagai karakter lainnya.

Karena masalah hukum terkait nama Detective Conan, rilis berbahasa Inggris dari Funimation dan Viz Media diubah menjadi Case Closed.

Manga ini diadaptasi menjadi seri televisi anime oleh Yomiuri Telecasting Corporation dan TMS Entertainment, yang perdana pada Januari 1996. Anime ini menghasilkan film-film fitur animasi, animasi video asli, permainan video, rilis disk audio, dan episode live action.

Baca juga: 5 Rekomendasi Komik Anime Terbaik Sepanjang Masa

Lisensi Serial Detective Conan

Detective Conan
Lisensi Detective Conan. Source: Orami

Funimation melisensikan seri anime untuk disiarkan di Amerika Utara pada tahun 2003 dengan nama Case Closed dan mengganti nama karakter-karakternya dengan versi Amerika. Anime ini tayang perdana di Adult Swim, namun dihentikan karena peringkat yang rendah.

Pada Maret 2013, Funimation mulai menyiarkan episode berlisensi mereka dari Case Closed; Crunchyroll menyimulasikan mereka pada tahun 2014. Funimation juga mengadaptasi lokal enam film pertama Case Closed, sementara Discotek Media mengadaptasi khusus crossover Lupin III, sekuel filmnya, dan beberapa film terbaru, dimulai dengan Case Closed Episode One.

Sementara itu, manga tersebut dilokalkan oleh Viz Media, yang menggunakan judul dan nama karakter yang diubah oleh Funimation. Shogakukan Asia membuat versi Inggris yang dilokalkan sendiri dari manga tersebut, yang menggunakan judul asli dan nama-nama Jepang.

Hingga Januari 2023, volume tankōbon dari manga tersebut telah mencapai lebih dari 270 juta kopi yang beredar di seluruh dunia, menjadikannya seri manga terlaris ketiga sepanjang masa.

Pada tahun 2001, manga ini dianugerahi Shogakukan Manga Award ke-46 dalam kategori shōnen. Adaptasi anime-nya telah mendapatkan penerimaan yang baik dan menduduki peringkat dua puluh teratas dalam jajak pendapat Animage antara tahun 1996 dan 2001.

Dalam peringkat televisi anime Jepang, episode Case Closed masuk dalam enam besar setiap minggunya. Baik manga maupun anime mendapat tanggapan positif dari para kritikus karena alur cerita dan kasus-kasus yang disajikan. Manga ini telah dijual di 25 negara, sedangkan anime ini telah disiarkan di 40 negara.

Baca juga: Rekomendasi Anime untuk Cewek, Yuk Nonton!

Cerita Detective Conan

Shinichi Kudo dan Conan
Conan dan Shinichi Kudo. Source: POPS Anime Indonesia/Youtube

Shinichi Kudo adalah seorang detektif SMA yang kadang bekerja sama dengan polisi untuk memecahkan kasus-kasus. Saat sedang melakukan penyelidikan, dia disergap dan dinetralisir oleh seorang anggota sindikat kejahatan yang dikenal sebagai Organisasi Hitam.

Dalam upaya untuk membunuh detektif muda tersebut, mereka memaksa dia meminum obat percobaan berbahaya. Namun, alih-alih membunuhnya, obat itu membuat tubuhnya menyusut menjadi ukuran anak sekolah dasar.

Mengambil nama samaran Conan Edogawa dan merahasiakan identitasnya yang sebenarnya, Kudo tinggal dengan teman masa kecilnya, Ran Mori, dan ayahnya, Kogoro Mori, yang merupakan seorang detektif swasta.

Sepanjang seri, dia ikut serta dalam kasus-kasus Kogoro Mori. Meskipun demikian, setelah Kudo memecahkan suatu kasus, dia akan menggunakan obat penenang tersembunyi dari Dr. Agasa untuk membuat pingsan Kogoro Mori dan kemudian menggunakan alat pengubah suara untuk mensimulasikan suaranya dan mengungkapkan kasus yang ada.

Dia juga mendaftar di Sekolah Dasar Teitan di mana dia berteman dengan sekelompok teman sekelas yang membentuk Liga Detektif Junior mereka sendiri (Detective Boys).

Sementara dia terus menyelidiki Organisasi Hitam, dia sering berinteraksi dengan karakter lain, termasuk tetangganya, Dr. Agasa, teman Ran, Sonoko Suzuki, seorang detektif remaja sesama Heiji Hattori, berbagai detektif polisi dari berbagai daerah, dan seorang pencuri bayangan bernama Kaito Kid.

Kudo kemudian bertemu dengan seorang siswa pindahan sekolah dasar, Ai Haibara), yang mengungkapkan dirinya sebagai mantan anggota Organisasi Hitam dengan kode nama “Sherry” dan pencipta obat percobaan yang menyusutkannya.

Dia juga telah mengonsumsinya untuk menghindari kejaran organisasi. Dia segera bergabung dengan Detektif Junior. Selama pertemuan langka dengan Organisasi Hitam, Conan membantu FBI menyusupkan agen CIA, Kir, ke dalam Organisasi Hitam sebagai mata-mata.

Baca juga: Profil dan Fakta Inosuke Hashibira Dari Anime Kimetsu no Yaiba

Untuk kamu yang sedang mencari tempat top up game kesayangan yang aman dan terpercaya, yuk segera kunjungi VCGamers Marketplace sekarang juga!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!