Nostalgia Masa Kecil Bareng Harvest Moon Hero Of Leaf Valley!

Harvest Moon Hero Of Leaf Valley

Kita akan membahas Harvest Moon Hero of Leaf Valley (HMHOLV). Tentunya para pemain game Harvet Moon tentu menyukainya.

Siapa sih yang tidak mengenal franchise yang satu ini? Sebagai salah satu game yang paling sukses dalam menggaungkan genre simulasi berkebun, tentu Harvest Moon sangat lekat dihati para penggemarnya.

Pertama kali rilis di konsol legendaris PlayStation, lineup-nya tersebut sudah sangat berhasil menarik minat para gamers lawas.

Dan tidak terasa, hingga 2023 ini, franchise tersebut masih dapat bertahan dengan baik – seakan tidak lekang dimakan zaman.

Dari sekian banyak judul game yang sudah rilis, salah satu yang paling berkesan adalah HMHOLV yang memiliki begitu banyak penggemar di luar sana.

Bagaimana tidak, lineup yang satu ini memberikan konsep yang begitu berbeda dari game-game Harvest Moon sebelumnya.

Nah, buat mereka yang penasaran, yuk kita simak pembahasannya berikut ini! Khususnya para gamers lawas yang mungkin dulu pernah mencicipinya, bisa banget kita nostalgia bareng-bareng. So, stay tune terus dan jangan kemana-mana ya!

Baca juga: 5 Game Mirip Harvest Moon Android, Seru Banget!

Membahas Harvest Moon Hero of Leaf Valley

Harvest Moon Hero Of Leaf Valley: Berkuda
Harvest Moon Hero Of Leaf Valley: Berkuda. Sumber: VCGamers

HMHOLV adalah salah satu game yang terkenal dan menghadirkan pengalaman simulasi pertanian di pedesaan yang memikat.

Game yang dikembangkan oleh Marvelous Interactive Inc. dan Natsume Inc. ini pertama kali dirilis pada tahun 2009 dan menjadi salah satu judul yang paling populer dalam waralaba Harvest Moon.

Meski perilisannya dimaksudkan untuk konsol PlayStation Portable (PSP), namun pada dasarnya game ini merupakan bentuk remake dari Harvest Moon: Save the Homeland yang sudah lebih dulu dirilis pada tahun 2001 untuk konsol PlayStation 2.

Permainan ini mengangkat kisah seorang pemain yang ditugaskan untuk menyelamatkan desa Leaf Valley yang terancam oleh pembangunan sebuah pusat perbelanjaan.

Pemain mengambil peran sebagai pahlawan yang berjuang untuk mencegah desa dari kehancuran.

Tugas pemain termasuk mengumpulkan dana yang cukup untuk membeli tanah dan menghentikan pembangunan pusat perbelanjaan tersebut.

Seperti kebanyakan game Harvest Moon lainnya, HOLV juga masih mempertahankan gameplay yang membebaskan para players untuk menjalani kehidupan mereka sendiri di desa.

Kamu bisa menanam, merawat hewan ternak, memancing serta mengumpulkan berbagai bahan.

Selain itu, juga bisa berinteraksi dengan penduduk desa, membentuk persahabatan, dan bahkan membangun hubungan romantis dengan salah satu karakter yang ada.

Tidak hanya itu, kamu bisa juga menemukan berbagai fitur kegiatan dan festival yang membuat pengalaman bermain menjadi lebih menarik, juga masih dipertahankan.

Tidak hanya itu, pemain dapat berpartisipasi dalam festival musim panas, kontes memasak, atau kompetisi memancing untuk menghasilkan uang atau hadiah yang berguna.

Kegiatan-kegiatan ini tidak hanya menambah variasi dalam permainan, tetapi juga memberikan kesempatan kepada pemain untuk berinteraksi dengan karakter-karakter desa dan memperdalam hubungan mereka.

Baca juga: Cara Memainkan Game Harvest Moon di Tahun 2023, Catat!

Yang Unik dari HMHOLV

HMHOLV Menambang
HMHOLV Menambang. Sumber: VCGamers

Salah satu aspek yang membuat Harvest Moon: Hero of Leaf Valley digemari yaitu kebebasan pemain dalam mengambil keputusan dan membentuk alur cerita.

Pemain dapat memilih sendiri cara mereka untuk menyelamatkan Leaf Valley dan menghadapi tantangan yang ada.

Misalnya, pemain dapat memilih untuk fokus pada pengembangan pertanian dan berdagang dengan penduduk desa untuk mendapatkan dana yang diperlukan.

Atau, memilih alur cerita yang membuat wilayah tersebut perlu untuk dilestarikan hingga menjadi destinasi wisata.

Secara keseluruhan ada sebanyak 16 jalan cerita yang berbeda, yang dibagi menjadi tiga kategori yaitu cerita standar yang mengharuskan pemain mengembangkan pertaniannya sendiri hingga sukses.

Mulai dari cerita pelestarian alam dan lingkungan hingga cerita yang menjadikan wilayah menjadi destinasi wisata.

Teknik penuturan cerita (storytelling) dalam game ini seperti disebut dengan istilah bercabang atau ‘branched’. Dan ini merupakan konsep yang benar-benar segar karena belum pernah diterapkan sebelumnya pada berbagai instalasi Harvest Moon.

Dengan adanya teknik seperti ini, players diharapkan tidak cepat bosan dan bisa merasakan berbagai objektif serta misi yang berbeda. Ini dikarenakan masing-masing jalan cerita bisa ditelusuri dan disesuaikan dengan preferensi setiap players.

Secara keseluruhan, HMHOLV merupakan game Harvest Moon yang cukup berbeda dari HM lainnya.

Game ini memberikan suatu sentuhan yang unik dan asik untuk dimainkan, khususnya dalam mode handheld.

Tidak heran bila game ini akhirnya begitu membekas di benak para players-nya.

HMHOLV Memancing
HMHOLV Memancing. Sumber: VCGamers
Baca juga: Rekomendasi 5 Game Berkebun di Android, Seru Banget!

Jangan lupa, Top Up Game Murah, Cepat dan Aman di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!