PES 2012, Game Lawas Zaman Rentalan PlayStation

PES 2012 barang tentu merupakan lineup wajib bagi para pecinta sepak bola, tak hanya di tanah air, namun juga di banyak benua
PES 2012
PES 2012. Sumber: YouTube/PlayStation España

Game yang satu ini barang tentu merupakan lineup wajib bagi para pecinta sepak bola, tak hanya di tanah air, namun juga di banyak benua. Ya, PES 2012 merupakan salah satu noktah terpenting dalam sejarah sport gaming umat manusia.

Pecinta kulit bundar mana yang tidak mengenalinya? Seorang fans sepak bola sejati tentu harus memiliki skill luar biasa dalam memainkan game ini!

Sebagai suatu permainan simulasi olahraga, franchise game ini dapat memuaskan dahaga merumput di berbagai kompetisi, turnamen, dan liga bergengsi dunia tanpa harus menjadi pemain profesional terlebih dahulu.

Benar sekali! PES yang merupakan singkatan dari Pro Evolution Soccer, salah satu waralaba instalasi gaming yang paling banyak dimainkan. Ini juga tidak terlepas dari sohornya popularitas yang dimiliki sang olahraga ‘kesebelasan’ itu sendiri.

Namun hanya mendompleng nama besar dari sepak bola semata tak akan pernah cukup menghantarkan suatu game simulasi pada puncak kejayaan di industri ini.

Dengan ketatnya persaingan yang ada, suatu permainan simulasi harus mampu menghadirkan pengalaman bermain yang benar-benar nyata, immersif, dan representatif.

Walhasil, kombinasi dari keduanya itulah yang membuat PES menjadi sangat sukses. Nah, di artikel nostalgia kali ini kami bakal membahas mengenai game sport jadul yang satu ini.

Dengan begitu, Vicigers yang masih terlampau muda dan tak sempat merasakan masa-masa jayanya bisa jadi lebih paham lagi. So, simak terus paparan kali ini ya!

Baca juga: Winning Eleven 2012: Nostalgia Game Bola Lawas Seru

Mengulas PES 2012

Nostalgia PES 2012
Nostalgia PES 2012. Sumber: YouTube/PlayStation España

Pro Evolution Soccer (PES) adalah seri game sepak bola yang dikembangkan dan diterbitkan oleh perusahaan game Jepang: Konami. Seri ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2001 dan sejak saat itu telah menjadi salah satu game sepak bola paling populer di dunia.

Jika melihat tracking perkembangan yang dimilikinya, game ini sendiri mulanya hanya ditujukan untuk pangsa negeri Sakura semata. Kala itu nama yang di usung adalah ‘International Superstar Soccer’, dirilis pada 1994 untuk platform besutan Nintendo.

Namun seiring dengan ketenaran yang didapatkannya, game ini-pun dirilis pada region lainnya di berbagai negara dan bahkan benua yang berbeda. Untuk mengimbangi pasar yang lebih luas, namanya pun diubah menjadi ‘Winning Eleven’.

Yap, lebih dikenal dengan sebutan W.E, franchise tersebut merupakan cikal bakal dari munculnya PES. Banyak yang mengira bahwa PES merupakan evolusi dari W.E, padahal yang lebih tepat adalah keduanya merupakan satu game yang sama. Hanya namanya saja yang dibedakan sesuai dengan pasar tujuan mereka.

Penamaan ini digunakan pertama kali untuk instalasi yang rilis tahun 2000 dan difokuskan untuk pasar Eropa. Namun terkhusus di Indonesia, PES baru mulai masuk menjelang tahun 2007-an ketika demam PlayStation 2 sedang berada di titik tertingginya. Masa inilah yang “mengakhiri” era W.E dan mengalihkan demam game sepak bola menuju instalasi PES.

Baca juga: Nostalgia Bareng Game Rental PS Ini, Mana yang Kamu Mainkan?

PES 2012 merupakan salah satu penerus dari waralaba ini yang hadir di banyak platform. Pertama kali rilis pada paruh akhir tahun 2011, PES 2012 menghadirkan begitu banyak keunggulan yang saat itu bisa terbilang unggul dibanding dengan para pesaingnya.

Namun jika ada yang bertanya perihal perbedaan W.E 2012 dan PES 2012, jangan sampai salah kaprah ya! Pasalnya, seperti yang sudah dipaparkan di atas, keduanya merupakan game yang sama.

Selain nama, perbedaannya hanya terletak pada peruntukkan region-nya saja. Karena itulah, berbagai fitur yang ada di W.E 2012 pasti juga dapat ditemukan pada varian PES-nya.

Untuk di Indonesia sendiri, pasca rilisnya instalasi 2007 ke atas, W.E sudah sulit ditemukan. Para penggemar bola umumnya akan lebih mudah menjumpai instalasi PES 2012 ketimbang W.E.

Ini juga dikarenakan dominasi persebaran produk hasil bajakan pada pasar gaming Indonesia kala itu. Para kriminal ini kerap membajak versi PES, alih-alih W.E yang dianggap sudah kuno. PES yang hadir pun bukan dalam bentuk originalnya, melainkan dalam versi MOD (modifikasi).

Di satu sisi, ini merupakan perbuatan melanggar hukum dan bukanlah sesuatu yang terpuji. Namun di lain sisi, praktik ini menguntungkan para gamers tanah air yang dapat mengakses berbagai game tersebut dengan harga yang lebih terjangkau.

Bisa dikatakan, inilah yang menjadi fondasi aktivitas gaming kita semua kala itu – dipenuhi berbagai kenangan indah.

Syukurnya, praktik tersebut lama kelamaan mulai menghilang dari industri gaming tanah air. Khalayak sudah mulai terbiasa membeli game original ketimbang bajakan.

Maka, hindari bermain game bajakan ya Vicigers! Dukung terus para pengembang dan franchise game favorit kalian dengan membeli produk yang original, khususnya bila kalian masih menjadi penggemar waralaba PES hingga sekarang!

Gameplay PES 2012
Gameplay PES 2012. Sumber: YouTube/PlayStation España
Baca juga: Studio Baru KONAMI di Osaka sebagai Hadiah Ulang Tahun ke 50

Top Up Game Murah dan Cepat hanya di VCGamers Marketplace sekarang juga!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!