Cara Bermain Role Initiator di Valorant

Role Initiator adalah salah satu dari empat peran utama yang memiliki tanggung jawab penting dalam eksekusi strategi dan menekan musuh
Role Initiator
Role Initiator. Source: VCGamers

Pernah ga punya pertanyaan kenapa seorang Initiator penting dalam permainan Valorant? Sebagai salah satu dari empat peran utama dalam game yang diciptakan oleh Riot Games, Initiator memiliki tanggung jawab krusial dalam mengumpulkan informasi dan mendukung rekan tim saat menyerang atau bertahan di area peta.

Keterampilan ini tidak hanya menegaskan peran vital mereka dalam membawa tim menuju kemenangan, tapi juga dalam mengatur strategi yang efektif berhadapan dengan musuh.

Artikel ini akan menguraikan secara mendalam mengenai role Initiator, mulai dari fungsi utama, kemampuan yang diperlukan, hingga rekomendasi agent terbaik untuk posisi ini.

Kita juga akan membahas strategi bermain role ini untuk meningkatkan permainan Valorant dan membantu tim mencapai kemenangan.

Baca juga: Kevin Susanto T1 Valorant: Profil dan Biodata Terlengkap 2024!

Apa itu Role Initiator?

Initiator
Agent Inisiator. Source: Valorant

Dalam permainan Valorant, role Initiator adalah salah satu dari empat peran utama yang memiliki tanggung jawab penting dalam eksekusi strategi dan menekan musuh. Berikut adalah beberapa poin kunci mengenai role Initiator:

Kemampuan Utama:

  • Mengumpulkan informasi posisi musuh.
  • Memaksa musuh keluar dari posisi mereka.

Agent-Agent Initiator:

  • Breach: Memiliki kemampuan untuk menembus pertahanan musuh dan membuatnya bingung.
  • KAY/O: Agent terbaru yang dapat mendeteksi dan menonaktifkan musuh.
  • Skye: Memiliki kemampuan penyembuhan dan memberikan visi, mendukung tim saat menyerang dan bertahan.
  • Sova: Dikenal dengan kemampuan rekognisi yang dapat mengungkap posisi musuh dari jarak jauh.

Peran Strategis:

  • Penting untuk melakukan pengintaian dan memeriksa area sekitar sebelum tim memasuki medan pertempuran.
  • Mendukung tim selama pertempuran dengan mengganggu pergerakan musuh dan memberikan kesempatan kepada rekan tim.
  • Biasanya tidak memiliki mobilitas tinggi, sehingga koordinasi dengan Duelist sangat diperlukan untuk dampak optimal.

Initiator berperan sebagai bagian dari kelas Dukungan dalam Valorant, dengan fungsi utama memulai pertarungan dan mengumpulkan informasi untuk tim.

Mereka memiliki keahlian khusus untuk mendeteksi keberadaan musuh, mengumpulkan informasi, dan menciptakan peluang serangan yang lebih efektif.

Dengan kemampuan mereka, Initiator dapat mendukung Duelist atau Controller dengan menyediakan kemampuan flash atau stun, yang sangat membantu dalam memastikan keberhasilan sebuah serangan atau pertahanan tim.

Baca juga: Urutan Valorant Rank Terbaru dan Terlengkap, Pemula Wajib Tahu!

Fungsi dan Tugas Utama Seorang Initiator

Tugas Utama
Tugas Utama Initiator. Source: Valorant

Sebagai Initiator di Valorant, kita memiliki tanggung jawab yang besar dalam menentukan arah serangan tim dan mengumpulkan informasi tentang posisi musuh. Berikut adalah tugas utama yang harus kita lakukan:

Mengganggu dan Mengungkap Posisi Musuh:

  • Menggunakan kemampuan unik seperti flash, smoke, dan concussion untuk memaksa musuh keluar dari posisi sembunyi mereka.
  • Berperan sebagai ‘mata’ tim, mengungkap posisi musuh dengan kemampuan seperti rekognisi dari Sova atau visi dari Skye, sehingga memungkinkan tim untuk merencanakan serangan yang lebih efektif.

Dukungan kepada Tim:

  • Menyediakan dukungan dengan kemampuan penyembuhan dari Skye atau dengan mengambil alih peran rekan tim sementara, seperti Gekko yang bisa melakukan planting atau defusing Spike.
  • Bekerja sama dengan Duelists, memberikan informasi dan utility yang mereka butuhkan untuk menghadapi musuh secara langsung.

Menciptakan Ruang untuk Tim:

  • Sebagai inisiator serangan, kita seringkali yang pertama memasuki medan pertempuran, menggunakan kemampuan untuk membuka jalur pandang dan menciptakan peluang bagi rekan tim untuk maju.
  • Menjaga koordinasi dengan Duelists dan memberikan mereka ruang untuk bergerak dan menyerang, memaksimalkan dampak dari serangan yang dilakukan.

Dengan memahami peran kita dan menggunakan kemampuan yang kita miliki secara efektif, kita dapat membantu tim meraih kemenangan di Valorant. Selalu ingat untuk berkoordinasi dengan anggota tim lainnya dan memanfaatkan setiap peluang yang muncul di medan pertempuran.

Baca juga: Cara Memakai Senjata Judge Valorant Dengan Baik dan Benar!

Kemampuan yang Diperlukan untuk Menggunakan Role Initiator dengan Efektif

Skill yang Harus Dimiliki Inisiator
Skill yang Harus Dimiliki Inisiator. Source: Valorant

Dalam peran sebagai Initiator di Valorant, kita harus menguasai beberapa aspek penting untuk memainkan peran ini dengan efektif:

Penguasaan Lineup dan Penggunaan Kemampuan:

  • Pelajari dan kuasai lineup untuk kemampuan seperti Recon Bolt dari Sova atau Guiding Light Flashes dari Skye, yang memungkinkan kita mengetahui posisi musuh dengan lebih akurat.
  • Komunikasikan dengan tim sebelum menggunakan kemampuan flash atau smoke untuk memastikan mereka siap dan tidak terganggu olehnya.
  • Gunakan kemampuan yang kita miliki untuk membersihkan sudut-sudut yang mungkin menjadi tempat persembunyian musuh, seperti menggunakan Prowlers dari Fade untuk memeriksa sudut sempit.

Kesadaran Peta dan Komunikasi:

  • Tingkatkan kesadaran peta dengan sering memeriksa radar minimap, yang membantu kita mengumpulkan informasi tentang pergerakan musuh dan berbagi dengan tim.
  • Berkomunikasi secara efektif dengan tim, berikan informasi yang akurat dan tepat waktu untuk membantu rekan tim dalam mengambil keputusan strategis.

Pemahaman dan Pemanfaatan Kemampuan Agent:

  • Pahami sepenuhnya kemampuan agent yang kita pilih; misalnya, belajar bagaimana menggunakan Owl Drone Sova untuk mengintai jalur panjang atau memanfaatkan Nightfall dari Fade untuk melindungi atau merebut kembali situs.
  • Maksimalkan penggunaan kemampuan agent untuk mendukung gameplay yang efektif, seperti menggabungkan kemampuan Controller dan Initiator untuk meningkatkan peringkat kita dalam permainan.

Dengan fokus pada aspek-aspek di atas dan mengaplikasikannya dalam permainan, kita akan menjadi lebih mahir dalam memainkan role Initiator dan membawa tim kita menuju kemenangan.

Selalu ingat, dalam permainan Valorant, kerja sama tim dan pemanfaatan kemampuan dengan bijak adalah kunci utama kesuksesan.

Baca juga: 5 Agent Terbaik di Breeze Valorant, Dominasi Peta Tropis!

Rekomendasi Agent Terbaik untuk Role Initiator

Initiator
Agent Initiator. Source: Valorant

Memilih agent yang tepat adalah kunci untuk memaksimalkan potensi tim kita di Valorant. Berikut adalah beberapa rekomendasi agent terbaik untuk role Initiator yang dapat membantu kita dalam mengatur serangan dan mendukung tim:

  • Sova: Sebagai sniper Rusia, Sova memiliki kemampuan Recon Bolt untuk mengungkap posisi musuh dan Owl Drone untuk menjelajahi area dan mengidentifikasi keberadaan lawan. Dengan pick rate sebesar 7.7% di rank Radiant, Sova menjadi pilihan populer berkat kemampuannya yang efektif untuk intelijen jarak jauh.
  • Skye: Dari Australia, Skye adalah ahli satwa liar yang dapat menyembuhkan rekan tim dengan skill Regrowth dan mengungkap lokasi musuh menggunakan Guiding Light. Skye juga dapat berpindah dengan cepat ke sisi rekan tim melalui Traversal skill, memungkinkan koordinasi yang lebih baik.
  • Breach: Sebagai pejuang Skandinavia dengan kekuatan seismik, Breach dapat mengacaukan pertahanan musuh menggunakan Aftershock dan Fault Line yang memperlambat musuh, serta Flashpoint untuk membingungkan mereka. Rolling Thunder merupakan skill utamanya yang membuka peluang serangan bagi tim.
  • KAY/O: Robot asal Prancis ini dilengkapi dengan suppression blade melalui skill Zero/point yang dapat membatasi kemampuan musuh, dan FLASH/drive untuk membingungkan lawan. Kemampuannya membuatnya menjadi alat yang berharga dalam menekan musuh.Berdasarkan peringkat di Valorant, agent-agent untuk role Initiator diurutkan sebagai berikut:
  • S-Tier: Fade, Skye
  • A-Tier: Breach
  • B-Tier: Sova, Gekko
  • C-Tier: KAY/O

Untuk peta Lotus, Sova, Skye, dan Fade direkomendasikan karena kemampuan mereka yang cocok untuk peta tersebut. Dengan memahami kekuatan dan kelemahan masing-masing agent ini, kita dapat memilih karakter yang paling sesuai dengan gaya bermain dan strategi tim kita.

Baca juga: Cara Uninstall Valorant dengan Mudah dan Cepat!

Strategi Bermain sebagai Initiator

Menggabungkan kemampuan unik dari Controllers dan Initiators dapat menghasilkan strategi yang efektif untuk keberhasilan tim kita dalam pertandingan Valorant. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat kita terapkan:

  • Pemanfaatan Controller untuk Membuka Jalan: Sebagai Initiators, kita harus sering bekerja sama dengan Controllers. Controllers dapat menggunakan smoke atau wall untuk memblokir pandangan musuh, sementara kita sebagai Initiators kemudian menggunakan kemampuan kita untuk mengambil alih area tersebut. Contohnya, ketika Controller memasang smoke di pintu masuk, Initiator dapat segera menggunakan flash atau stun untuk menerobos masuk dan mengamankan area itu.
  • Koordinasi Serangan: Kita perlu berkoordinasi dengan Controller untuk menentukan waktu yang tepat dalam menggunakan kemampuan. Misalnya, setelah Controller menggunakan smoke, kita dapat langsung mengikuti dengan menggunakan kemampuan rekognisi atau flash kita. Hal ini akan membingungkan musuh dan memberikan keuntungan bagi tim kita untuk melakukan serangan.
  • Menggunakan Kemampuan Secara Bergantian: Untuk memaksimalkan efektivitas, kita dapat bergantian menggunakan kemampuan kita dengan Controllers. Saat satu orang menggunakan kemampuan untuk mengungkap posisi musuh, yang lain bisa bersiap dengan kemampuan lain untuk mengikuti serangan atau untuk mendukung tim dengan cara lain. Ini akan membuat musuh kesulitan untuk memprediksi langkah selanjutnya dan menjaga mereka tetap dalam tekanan.
Baca juga: Mulai Ramai Jadi Perbincangan, Valorant Mobile Rilis Awal 2024?

Dengan menerapkan strategi-strategi ini, kita dapat meningkatkan sinergi antara Controllers dan Initiators, yang akan sangat membantu tim kita dalam mengatur serangan dan pertahanan yang efektif dalam permainan Valorant.

Ingat, komunikasi yang baik dan pemahaman yang mendalam tentang kemampuan agent masing-masing adalah kunci untuk menerapkan strategi ini dengan sukses.

Untuk kamu yang ingin top up Valorant Point termurah dan terepat, langsung aja ke VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!