Iphone 14 Pro Max vs Iphone 15 Pro Max, Canggih Mana?

Iphone 14 Pro Max vs Iphone 15 Pro Max

Sekalipun kategorinya ada high entry level, Iphone 14 Pro Max dan Iphone 15 Pro Max, tetap laku bak kacang goreng. Meskipun keduanya ada di level teratas, bukan tak ada perbedaan sama sekali. Keduanya, justru kerap kali menimbulkan perbebatan di dunia gadget geek, dan sangat menarik untuk dibahas, mengenai Iphone 14 Pro Max vs Iphone 15 Pro Max.

Mulai dari seri biasa, sampai dengan seri Pro Max sekalipun, pihak Apple, senantiasa mempertahankan kualitas pabrikannya. Mutunya sangat dijaga, agar tetap dapat memenuhi ekspektasi konsumen.

Keduanya hadir dalam berbagai varian yang dapat kamu pilih, sesuai dengan seleramu masing-masing. Total, ada 4 varian yang tersedia untuk Iphone 15 Series dan juga Iphone 14 Series.

Tak hanya itu, kedua produk ini juga menunjukan peningkatan tajam di pasar dunia, karena fitur yang ditawarkan. Untuk itu, pada artikel kali ini, kita akan membahas secara mendalam, mengenai perbedaan antara Iphone 14 Pro Max dengan Iphone 15 Pro Max.

Baca juga: 5 Game Simulasi di iPhone Terbaru yang Seru dan Menantang

Perbandingan Iphone 14 Pro Max vs Iphone 15 Pro Max

Kamera Iphone
Kamera Iphone. (Source: MOSAIC Life/Google)

Di artikel ini, penulis akan membahas 5 perbandingan yang sangat mencolok, antara Iphone 14 dengan Iphone 15. Kelima aspek tersebut adalah, Bodi, Display, Chipset, Memori Penyimpanan, dan juga segi Kameranya.

Bodi

Perbandingan Bodi - Iphone 14 Pro Max vs Iphone 15 Pro Max
Perbandingan Bodi. (Source: Mark Ellis Review/Google)

Pertama, kita akan melihat aspek perbandingan Bodi di antara keduanya, karena hal tersebut sangat mencolok bagi kedua mata kita, saat pertama kali melihat hp ini secara langsung.

Iphone 15 Pro Max mempunyai dimensi 6,69 inci, sedikit lebih pendek, jika kita bandingkan Iphone 14 Pro Max yang disusun sampai 6,33 inci. Karenanya, hal ini juga memengaruhi rasio ketebalan bodi.

Iphone 15 memiliki ketebalan bodi sebesar 0,33 inci, danIphone 14 ada di angka 0,31. Angka-angka tersebut nantinya akan sangat berpengaruh pada hand feel kita, ketika memegang perangkat.

Tak hanya ukuran, bahan pembuatnya pun juga mempunyai pengaruh yang signifikan. Iphone 15 tersusun atas Corning-made glass pada sisi depan dan belakang, serta tambahan aksen rangka titanium grade 5, yang digadang-gadang oleh pihak Apple, tahan banting.

Sama seperti sang kakak, Iphone 14 juga terbuat dari Corning-made glass pada sisi depan dan belakang, namun, dengan bobot yang lebihberat. Yaitu, sekitar 240 gr. Sedangkan Iphone 15 sendiri, walaupun terbuat dari berbagai macam bahan yang ada, bobotnya cukup ringan, hanya 221 gr.

Display

Display - Iphone 14 Pro Max vs Iphone 15 Pro Max
Display – Iphone 14 Pro Max vs Iphone 15 Pro Max. (Source: Blibli/Google)

Tak ada perbedaan yang mencolok pada kedua perangkat ini, jika kita berbicara mengenai aspek display yang ditampilkan.

Baik Iphone 14 ataupun Iphone 15, sama sama dilengkapi teknologi LTPO Super Retina dan juga XDR OLED. Sehingga, menghasilkan gambar yang sangat tajam dan jernih.

Kontras warna, serra dimensi layarnya juga sama. Ada di angka 2796 x 1290 pixel, berukuran 6,7 inci.

Selain itu, kesamaannya juga terletak pada Fitur Always-On display, Fitur Ceramic Shield glass, Dolby Vision, Lapisan Oleofobik dan Perlindungan Sidik Jari, Dukungan HDR dan Mode Wide Color atau P3.

Chipset

Tipe C USB
Tipe C USB. (Source: CNET/Google)

Jika membicarakan soal chipset yang menjadi tenaga utama pada ponsel ini, sudah pasti akan ada perbedaan kelas yang jauh. Karena, keduanya terpaut umur 2 tahun perilisan.

Untuk Iphone 15 Pro Max diusung oleh chipset bentukan Apple, yang bernams A17 Pro 3nm, sedangkan chipsert Apple a16 Bionic A nm yang menjadi tenaga untuk Iphone 14 Pro Max.

Keunggulan jelas ada pada Iphone 15 Pro Max. Apple mengklaim, chipset tersebut lebih kecil, efisien, serta sangat responsif terhadap permintaan user dalam penggunaannya sehari-hari.

Memori Penyimpanan

Size Comparasion
Size Comparasion. (Source: Tom’s Guide/Google)

Iphone 14 sendiri diberikan empat varian pilihan memori penyimpanan, di anataranya, 128, 256,512, dan juga 1TB. Sedangkan, pilihan untuk Iphone 15 lebih sedikit, hanya ada 256, 512 dan juga 1TB.

Namun, keduanya sama-sama menggunakan teknologi penyimpanan NVMe yang dikenal bisa memberikan kecepatan ekstra, ketika proses transfer data antara perngkat terjadi. Selain itu, proses deteksi data dan cara bacanya pun juga tak kalah cepat.

Kamera

Perbandingan Hasil Foto
Perbandingan Hasil Foto. (Source: Expert Reviews/Google)

Iphone 14 Pro Max dilengkapi dengan fitur kamera berupa:

  • Kamera Utama: 48 MP, f/1.8, 24mm (wide), dengan 1/1.28″ ukuran sensor, 1.22µm piksel, dual pixel PDAF, dan sensor-shift OIS yang dapat memengaruhi stabilisasi gambar.
  • Kamera Telefoto: 12 MP, f/2.8, 77mm, dengan 1/3.5″ ukuran sensor, 1.0µm piksel ukuran, PDAF, OIS, dan 3x optical zoom.
  • Kamera Ultrawide: 12 MP, f/2.2, 13mm, 120˚, dengan 1/2.55″ ukuran sensor, 1.4µm piksel ukuran, dual pixel PDAF.
  • TOF 3D LiDAR Scanner: Mendeteksi kedalaman, Mendukung mode potret dan fitur lainnya.

Sedangkan Iphone 15 Pro Max menawarkan fitur kamera berupa:

  • Kamera Utama: 48 MP, f/1.8, 24mm (wide), dengan 1/1.28″ ukuran sensor, 1.22µm piksel ukuran, dual pixel PDAF, dan sensor-shift OIS.
  • Kamera Periscope Telephoto: 12 MP, f/2.8, 120mm, dengan 1/3.06″ ukuran sensor, 1.12µm piksel ukuran, dual pixel PDAF, 3D sensor-shift OIS, dan 5x optical zoom, memberikan kemampuan zoom yang lebih baik dibandingkan Iphone 14 Pro Max.
  • Kamera Ultrawide: 12 MP, f/2.2, 13mm, 120˚, dengan 1/2.55″ ukuran sensor, 1.4µm piksel ukuran, dual pixel PDAF.
  • TOF 3D LiDAR Scanner: Sama seperti seri Iphone 14 Pro Max

Itulah tadi beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang kedua versi Iphone terbaru, keluaran pabrikan Apple. Semoga dapat membantumu untuk menentukan pilihan, pada saat membelinya nanti.

Baca juga: Biohazard RE4 Bisa Kamu Mainkan dari iPhone, iPad, dan Mac

Top up game kesayanganmu hanya di VCGamers Marketplace.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!