5 Situs Baca Komik dan Manga Gratis 2023

baca komik (7)

Seorang kutu buku pasti sering banget baca komik, manga ataupun novel, kan? Nah, terkadang para pembaca ada yang bosan ketika membaca dari buku fisiknya dan mereka beralih ke versi digitalnya.

Saat ini sudah banyak sekali platform yang menyediakan komik, manga atau novel yang bisa dibaca kapanpun dan dimanapun tanpa harus menggengam buku fisiknya, kini kamu bisa membacanya melalui handphone-mu.

Sebenarnya komik dan manga ini merupakan bacaan yang cukup digemari oleh sang kutu buku juga lho, jadi bukan hanya Otaku atau Wibu saja yang menyukai komik dan manga.

Jadi, kamu pun sudah bisa membaca komik atau manga secara gratis hanya melalui situs web saja.

Tentunya, hal ini benar-benar memudahkan para pembaca lebih mudah, karena tak perlu membeli buku fisiknya dan kamu pun bisa membawanya kemanapun.

Maka dari itu, pada artikel ini akan membahas mengenai beberapa situs baca komik dan manga yang gratis untuk kamu baca di tahun 2023 ini. Kira-kira apa saja daftarnya, ya?

Baca juga: 5 Situs Baca Novel Gratis Tanpa Aplikasi 2023

Apa Itu Komik dan Manga?

baca komik (6)
Superman Comics (Source: VCGamers)

Sebelum membahas daftar situs baca komik dan manga, ada kalanya kamu mengetahui kedua definisi dari komik dan manga supaya kamu tak bingung ketika menemukan keduanya di situs yang sama. Tak perlu basa-basi lagi, kamu bisa mengetahuinya disini!

Komik

Komik adalah sebuah sarana yang dipakai untuk mengekspresikan ide dengan gambar beserta teks dan visual gambar lain yang diterapkan untuk cerita.

Biasanya komik ini berisikan balon kata ataupun anomatope yang berisi ucapan atau dialog pada cerita komik tersebut.

Mungkin kamu juga pernah menemukan atau bahkan membacanya karena pada umumnya komik ini berbentuk seperti komik strips, editorial, lelucon hingga buku komik.

Hingga saat ini komik menjadi sarana bentuk komunikasi visual untuk menyampaikan informasi yang mudah dipahami para pembacanya, karena komik ini dibuat semenarik mungkin oleh para komikus (pembuat komik)-nya seperti memaparkan gambar dan teks yang sesuai dengan ceritanya.

Manga

Manga adalah komik atau novel grafik yang berasal dari negeri Sakura (Jepang) dengan bahasa asli Jepang yang dikembangkan pada akhir abad ke-19.

Pada bahasa Jepang, manga ini merujuk pada berbagai jenis kartun, komik hingga animasi. Namun, beberapa orang mengartikan manga ini sebagai komik jepang yang diproduksi dari animasi.

Secara umum, manga ini akan dicetak dengan warna B&W (Black and White), namun adapun beberapa manga yang berwarna (Colorful) seiring berkembangnya jaman.

Jika di Jepang, manga ini akan diterbitkan pada majalah populer dan manga tersebut memiliki bab yang akan bersambung ke edisi selanjutnya yang nantinya akan di re-publish dalam bentuk volume.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Baca Manga Terlengkap 2023

Rekomendasi Situs Baca Komik dan Manga

baca komik (8)
The Powerpuff Girls Comics (Source: Pinterest)

Tiba saatnya pada sub-bab daftar situs komik dan manga yang bisa kamu coba untuk menghilangkan rasa bosanmu dengan membaca komik dan manga, berikut ini merupakan beberapa daftarnya yaitu:

LINE Webtoon

baca komik (3)
LINE Webtoon (Source: VCGamers)

Mungkin sudah tak perlu banyak basa-basi lagi, kamu juga pasti pernah baca komik di platform satu ini kan? Ya, itu adalah LINE Webtoon!

LINE Webtoon merupakan platform untuk baca komik yang diterbitkan oleh Naver Corporation di Korea pada tahun 2004 silam. Kamu bisa membaca komik-komik LINE Webtoon melalui Official Website LINE Webtoon ataupun mengunduh aplikasinya di Google PlayStore atau AppStore.

Disini kamu bisa membaca komik, manga bahkan manhwa dengan genre yang bermacam-macam seperti Drama, Fantasy, Kerajaan, Komedi, Aksi, Slice of Life, Romatis, Thriller, Horror dan Lokal.

Kalo kamu mau menerbitkan komik pribadimu juga bisa karena disini sudah hadir fitur Kanvas, melalui fitur ini kamu bisa mengembangkan ide dalam membuat komik dan dibaca oleh semua orang diseluruh dunia.

Ya, kamu juga pasti tahu bahwa cerita yang diterbitkan di Webtoon ini hadir setiap hari dan ada juga yang diterbitkan sesuai jadwal yang ditentukan.

Kebanyakan cerita LINE Webtoon ini seru-seru sehingga sudah banyak cerita Webtoon yang diangkat menjadi drama dan film, salah satunya adalah Terlalu Tampan dan Si Juki The Movie.

Bilibili Comics

baca komik (4)
Bilibili Comics (Source: VCGamers)

Platform kedua untuk baca komik adalah Bilibili Comics! Bilibili Comics merupakan platform untuk membaca serial manga, komik, manhwa, manhua dari kreator terbaik.

Kamu bisa membacanya melalui Official Website Bilibili Comics dan telah tersedia aplikasinya yang bisa kamu unduh dari Google PlayStore dan App Store.

Ada banyak sekali genre yang tersedia disini seperti misalnya LGBTQ+, Romance, Teen, Urban, BL (Boys Love), Fantasy, Mystery, Harem, Comedy, Suspense, Historical, Eastern, GL (Girls Love), Action, Adventure, Fantasy Romance, Slice of Life, Horror, Sci-Fi (Science Fiction) dan Short Stories.

Tentu saja kamu bisa membacanya secara gratis disini, tetapi ada beberapa cerita yang premium alias berbayar tapi masih bisa kamu baca dalam jangka waktu yang terbatas.

Kalo kamu kurang mengerti dengan bahasa asli dari komik tersebut, kamu juga bisa menggantinya dengan bahasa Indonesia, Inggris, China, Spanyol dan Prancis.

Baca juga: Manga Terbaru “Bad Boy” dari Hajime Isayama Akan Rilis 2024?

ReadComicOnline

baca komik (1)
ReadComicsOnline (Source: VCGamers)

Situs baca komik yang ketiga adalah ReadComicOnline, disini kamu bisa membaca komik langka hingga terpopuler dengan menyediakan lebih dari 40 genre.

Kamu bisa membaca komik melalui Official Website ReadComicOnline, karena platform ini tidak menyediakan aplikasinya.

Tenang saja, kamu bisa membaca komik populer yang belum kamu baca karena disini lengkap banget dan gratis! Kamu pasti bakal menemukan beberapa komik populer seperti misalnya Marvel hingga Superman!

Kakao Webtoon

Kakao Webtoon
Kakao Webtoon (Source: VCGamers)

Salah satu platform baca komik yang diterbitkan oleh Kakao Entertainment Corp adalah Kakao Webtoon! Di Kakao Webtoon ini kamu bisa membaca manga dan beberapa komik bagus yang tersedia disana.

Tenang saja, kamu bisa membaca manga dari Kakao Webtoon ini melalui Official Website Kakao Webtoon ataupun mengunduh aplikasinya di Google PlayStore atau App Store secara gratis!

Kamu masih tetap bisa membacanya jika kamu sedang tidak ada kuota internet ataupun Wi-Fi sehingga jangan khawatir karena kamu bisa membacanya secara offline.

Tapas.io

Tapas.io
Tapas.io (Source: VCGamers)

Untuk platform baca komik yang terakhir adalah Tapas.io! Tapas.io merupakan sebuah platform yang menyediakan berbagai macam komik, novel, manga, manhwa yang seru-seru dan unik banget secara gratis!

Kamu bisa membacanya melalui Tapas.io melalui Official Website Tapas.io atau mengunduhnya di Google PlayStore ataupun App Store juga!

Ada berbagai macam genre yang tersedia disana mulai dari Romance Fantasy, Fantasy, Romance, Drama, Action Fantasy, Action, Thriller, Horror, BL (Boys Love), GL (Girls Love), LGBTQ+, Comedy, Sci-Fi (Science Fiction), Mystery, Slice of Life hingga Gaming.

Bagi kamu yang sudah berusia diatas 17+, kamu juga bisa membaca cerita yang eksplisit dimana cerita dan visualnya mengandung unsur vulgar atau pornografi.

Baca juga: 5 Rekomendasi Webtoon Romantis yang Bikin Kamu Baper

Nah, itulah 5 situs baca komik dan manga gratis yang cocok banget buat kamu.  Jadi, situs mana nih yang pernah kamu coba? apakah kamu tertarik untuk mencoba situs lainnya?

Jangan lupa ya untuk membeli produk digital dan top up game murah hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!