5 Situs Baca Novel Gratis Tanpa Aplikasi 2023

baca novel gratis tanpa aplikasi (4)

Siapa nih yang sering menghabiskan waktunya untuk membaca novel? Mungkin kamu juga bosan jika baca novel fisik dan kamu juga ingin mencoba membaca novel digital.  Nah, pastinya kamu juga mencari cara bagaimana untuk baca novel gratis tanpa aplikasi.

Di era perkembangan teknologi yang sudah canggih saat ini, kamu tak perlu khawatir lagi jika ingin membaca buku secara digital dan bisa kamu baca kapanpun dan dimanapun hanya melalui smartphone-mu.

Jika kamu teliti mencarinya, pasti kamu juga menemukan beberapa situs untuk baca novel gratis dan tentunya worth juga karena tak perlu download aplikasi sehingga tidak membuat storage smartphone-mu penuh.

Nah, bagi kamu si kutu buku pasti ingin baca novel gratis tanpa aplikasi kan? Kami akan merekomendasikan situs  yang bisa kamu coba ketika sedang libur. Kira-kira apa saja, ya?

Baca juga: Rekomendasi 5 Aplikasi Musik Terbaik, Download Sekarang!

5 Situs untuk Baca Novel Gratis 2023

Terdapat sejumlah situs yang bisa kamu kunjungi untuk membaca. Nah, berikut daftarnya:

FanFiction.Net

baca novel gratis tanpa aplikasi (2)
FanFiction. Net (Source: Amazon)

Salah satu situs fiksi yang cukup underrated adalah FanFiction.Net atau sering disebut dengan singkatan FF.Net FFN.

Situs ini merupakan situs arsip fiksi atau buku yang diluncurkan oleh Xing Li seorang pemrogram komputer di Los Angeles.

Jika kamu berkunjung ke situsnya, ada 9 kategori yang di situs ini yaitu: Anime/Manga, Buku/Novel, Kartun, Komik, Games, Film, Drama/Musikal, Acara TV dan Lain-lain dan telah tersedia hingga 40 bahasa.

Untuk membacanya, kamu hanya tinggal mencari buku atau novel yang ingin kamu baca dan nantinya akan muncul daftar hasil bacaannya.

Dan jika kamu ingin membuat cerita disana, kamu hanya membuat akun dengan menggunakan akun Google, Facebook, Twitter/X, Amazon ataupun Email secara gratis dan kamu juga bisa mereview cerita dari author lain juga lho, selain itu juga bisa saling DM untuk bertukar cerita atau berkomunikasi.

Archive of Our Own (Ao3)

baca novel gratis tanpa aplikasi (1)
Archieve of Our Own/Ao3 (Source: Study Breaks)

Situs satu ini sepertinya memang sudah cukup populer di kalangan readers atau kutu buku, apalagi kalau bukan Archieve of Our Own atau lebih dikenal dengan singkatan AO3.

Archive of Our Own (AO3) merupakan situs repositori sumber terbuka untuk fanfiction dan penggemar lainnya yang disediakan khusus untuk penggunanya.

Situs ini dibuat oleh Organization for Transformative Works ditahun 2008 dan untuk versi terbukanya dibuat pada tahun 2009. Pada situs ini telah menyediakan 10.220.000 karya.

Jika kamu berkunjung ke situsnya lumayan cukup lengkap dan terbagi dari 12 kategori yaitu: All Fandom, Anime & Manga, Books & Literature, Cartoon & Comics & Graphic Novels, Celebrities & Real People, Movies, Music & Bands, Others Media, Theater, TV Show, Video Games, Uncategorized Fandoms.

Wattpad

baca novel gratis tanpa aplikasi (6)
Wattpad (Source: Google PlayStore)

Siapa sih yang tak kenal dengan platform daring satu ini? ya, ini adalah Wattpad! Wattpad ini merupakan platform yang memungkinkan penggunanya untuk menulis dan membaca cerita.

Wattpad ini didirikan oleh Allen Lau dan Ivan Yuen di tahun 2006 yang bertujuan untuk membuat komunitas pembaca diseluruh dunia dan menjalin komunikasi antara pembaca dan penulis.

Jika kita mengintip di Google PlayStore, Wattpad telah mencapai lebih dari 100 juta kali unduhan yang berarti aplikasi ini sangat diminati oleh para penggunanya di seluruh dunia.

Wattpad menyediakan lebih dari 50 bahasa dan sudah lebih dari 300.000 penulis dari berbagai negara untuk mengikuti kontes menulis tahunan yang bertajuk Watty Awards.

Seperti yang kita tahu bahwa sudah banyak cerita dari Wattpad yang diadaptasi untuk menjadi drama, serial tv dan film, contohnya adalah After dan The Kissing Booth. Lalu, apa nih cerita favoritmu di Wattpad?

Simonteen

Simonteen
Simonteen (Source: Simonteen. com)

Mungkin beberapa dari kamu ada yang belum mengetahui tentang situs baca satu ini, yaitu Simonteen! Simonteen ini merupakan sebuah komunitas online untuk siapapun yang gemar membaca fiksi.

Tentu saja, sama seperti situs online lainnya karena di Simonteen ini kamu bisa membaca buku dan novel secara gratis lho! Tapi, buku dan novel yang tersedia disana lebih dominan bahasa Inggris.

Kamu juga bisa mencari judul buku atau novel dari penulis favoritmu lho walaupun ada beberapa yang berbayar dan kamu bisa membelinya via Amazon, Barnes & Nobel, BAM (Books & Millions) dan Bookshop.org.

Uniknya lagi, Simonteen ini akan selalu menyediakan buku dan novel gratis setiap bulannya dengan batas waktu yang telah ditentukan. Jadi, sebisa mungkin jika telah mendapatkan akses gratis untuk membaca buku atau novel tersebut kamu harus cepat-cepat membacanya sebelum tenggat waktunya selesai.

Jika kamu ingin membaca buku atau novel disana, tentunya kamu harus membuat akun atau daftar akun Simonteen terlebih dahulu supaya bisa membaca semua buku dan novelnya.

Sebenarnya pada situs ini tak hanya menyediakan buku dan novel saja lho! Tetapi kamu juga bisa mengakses konten video tentang literasi juga!

Oh iya, untuk jenis buku dan novel yang tersedia di Simonteen adalah Fiksi, Romance, Fantasy, Science Fiction, Thriller, Book to Screen (Buku yang diadaptasi ke Film), LGBTQIA+, Non-Fiksi hingga Best Seller tersedia disini.

NovelPlus

NovelPlus
NovelPlus (Source: Google PlayStore)

Situs baca buku gratis tanpa aplikasi yang selanjutnya adalah NovelPlus. NovelPlus merupakan aplikasi membaca sosial seluler, disini pengguna bisa membaca seluruh jenis bacaan novel.

Seperti misalnya novel Romance, Comedy, Horror, Science-Fiction, Thriller, Action, Young Adult Fiction, Fanfiction hingga Fantasi yang bisa kamu baca disini!

Fiturnya hampir mirip seperti Wattpad, kamu juga bisa menulis cerita, menambahkan novel favorit ke dalam reading list kamu, lalu berinteraksi dengan sesama penulis hingga bergabung di komunitas yang ada di NovelPlus tersebut.

Baca juga: 5 Headset Bluetooth Gaming Terbaik 2023, Under Rp200 Ribu!

Nah, itulah 5 situs sebagai sarana untuk baca novel gratis tanpa aplikasi dan lebih seru lagi jika kamu membacanya di tempat yang sepi sambil mendengarkan musik.

Harus banget dicoba, menurutmu situs mana nih yang paling menarik?

Buat kamu yang mau top up game murah dan cepat, langsung saja ke VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!