Kapan Hari Wibu Sedunia? Inilah Sejarah dan Perayaannya!

hari wibu sedunia (4)

Bagi kamu seorang Wibu ataupun Otaku, pasti seringkali mengikuti berbagai macam event-event tertentu mengenai kebudayaan negara Jepang sebagai hari wibu sedunia ataupun perayaan anniversary, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya, perayaan ini sangat populer di seluruh dunia dan mengingat penggemar yang menyukai budaya Jepang ini sangat banyak di Indonesia.

Dengan banyaknya penggemar budaya Jepang seperti misalnya Otaku atau Wibu ini, secara tidak langsung pasti kamu sering melihatnya di beberapa kota yang ada di Indonesia.

Seperti misalnya aktivitas mereka yang sering kita lihat adalah menirukan karakter atau anime Jepang dan bahkan yang sering kita lihat juga mereka menyukai manga atau komik-komik Jepang.

Untuk lebih mengenal Wibu, kali ini kita akan menjelaskan beberapa hal dari Wibu itu sendiri seperti definisi, sejarah, kapan perayaannya hingga apa saja yang dilakukan oleh Wibu itu sendiri. Nah, maka dari itu simak artikel di bawah ini, ya!

Baca juga: Top 5 Games Anime RPG Android Terbaik 2023

Apa Itu Wibu & Otaku?

hari wibu sedunia (1)
Cosplay (Source: Celebes Media)

Wibu mempunyai sebutan lain yaitu Japanofilia yang ditujukan kepada seseorang yang menyukai budaya Jepang.  Sebenarnya, Wibu hanya diperuntukkan bagi seseorang yang bukan berasal dari negara Jepang namun mereka sangat menyukai Jepang.

Namun, antara Japanolifia dengan Wibu memiliki makna yang agak sedikit berbeda. Karena, Japanofilia merupakan seseorang yang mempunyai minat yang sangat luas mengenai budaya Jepang.

Sementara Wibu berfokus pada budaya populer Jepang seperti mislanya Manga ataupun Anime.

Selanjutnya, Otaku diartikan sebagai sebuah sebutan bagi seseorang yang tidak hanya menyukai budaya Jepang dan mereka menekuninya dengan hobinya seperti mereka sangat menyukai Anime atau Manga.

Wibu dan Otaku ini nyaris serupa karena mereka adalah seseorang yang menyukai Anime, Manga atau hal-hal yang berkaitan dengan negara Jepang bahkan mereka pun menguasai bahasa Jepang sebagai bentuk komunikasi antar komunitas lho!

Baca juga: 5 Situs Nonton Anime Legal dan Sub Indo Terbaik!

Sejarah Hari Wibu Sedunia

hari wibu sedunia (3)
Cosplay Naruto (Source: Pinterest)

Sebenarnya, bagaimana sih sejarah dari Hari Wibu Sedunia atau World Otaku Day ini dan kenapa bisa sepopuler ini? Nah, ternyata ada alasan di balik kepopulerannya.

Dilansir dari liputan6.com, Hari Wibu Sedunia ini ada hubungannya dengan sebuah artikel yang terbit pada 15 Desember mengenai Akio Nakamori yaitu seorang penulis Jepang.

Mengenai Akio Nakamori ini, ia menuliskan beberapa terbitan buku, novel dan majalah manganya di sekitar tahun 1983 yang saat itu ia menggunakan istilah “Otaku” sebagai Majalah Manga pertamanya.

Maka dari itu, sejak Majalah Akio Nakamori tersebut diterbitkan, tanggal ini diperingati sebagai Hari Wibu Sedunia.

Baca juga: Pengaruh Anime Akagi pada Hiburan Jepang

Perayaan Hari Wibu

Hakken Ryon as Goho Satoru
Hakken Ryon as Goho Satoru (Source: Pinterest)

Sebanarnya, Hari Wibu Sedunia atau disebut dengan World Otaku Day ini telah dirayakan oleh Wibu dan Otaku sejak 2012 lho!

Apabila kamu sadar dan bermain sosial media, perayaan ini ditandai dengan postingan di beberapa sosial media seperti adanya ucapan “Happy World Otaku Day” yang ramai pada saat itu.

Hari Wibu Sedunia ini awalnya dibentuk oleh sebuah komunitas Wibu dan Otaku sejak tahun 2012 ini. Sebagai penggemar budaya Jepang, mereka memperingati Hari Wibu Sedunia pada setiap tanggal 15 Desember, seiring dengan memperingati hari terbitnya Majalah dari Akio Nakamori juga.

Hari Wibu Sedunia ini juga diperingati oleh seluruh komunitas atau seseorang yang menyukai budaya Jepang setiap tanggal 15 Desember setiap tahunnya. Maka dari itu, banyak sekali Wibu dan Otaku yang berlomba-lomba mengikuti event Cosplay yang diselenggarakan di beberapa kota di Indonesia.

Baca juga: 5 Anime yang Diadaptasi Menjadi Game PC, Mana Favoritmu?

Bagaimana Perayaan Hari Wibu?

Cosplay
Cosplay (Source: Tombol Media)

Perayaan Hari Wibu Sedunia di Indonesia ini sangat berbeda-beda tergantung masing-masing orang.

Ada yang merayakannya dengan hanya berkumpul bersama komunitas atau grup Wibu atau Otaku, ada juga yang membahas mengenai Anime, Manga ataupun budaya-budaya Jepang, ada juga yang hanya membaca komik, majalah atau buku Jepang atau Manga.

Mereka pun menghabiskan waktu untuk menonton Anime seharian bahkan juga mereka rela untuk menghabiskan banyak uang untuk melakukan Cosplay karakter Anime atau Manga favorit mereka.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!