Rekomendasi Tempat Baca Manga Terlengkap 2023

Tempat baca manga

Tidak hanya anime, manga juga memiliki popularitas yang tinggi diberbagai belahan dunia. Di mana tempat baca manga terlengkap.

Kamu bisa membaca manga dengan membeli salinan hardcopy berupa buku fisik atau mengaksesnya melalui situs online.

Artikel kali ini akan membahas tentang definisi manga dan tempat baca manga terlengkap yang bisa kamu akses secara online. Penasaran? Yuk simak selengkapnya dalam artikel dibawah ini!

Baca juga: Rekomendasi Tempat Nonton Anime Terlengkap, Mana Favoritmu?

Apa itu Manga?

Tempat baca manga - Jujutsu Kaisen
Jujutsu Kaisen. Source: Manga Plus by Shueisha

Apakah kamu sering mendengar istilah manga? Tentunya iya dong!

Jadi secara sederhana Manga merupakan komik atau novel yang berasal dari Jepang.

Sejak tahun 1950-an, manga telah menjadi bagian penting dari industri penerbitan Jepang. Pada 1995, tercatat industri manga memiliki nilai sebesar $6 – 7 juta.

Perkembangan industri manga terus berlanjut hingga mencetak rekor baru pada tahun 2022 dengan total ¥675.9 juta.

Hingga saat ini ada berbagai genre manga diantaranya adalah aksi, petualangan, komedi, detektif, drama, horor, sains, dan fantasi.

Baca juga: Serial One Piece: Petualangan Legendaris yang Mendebarkan

Rekomendasi Tempat Baca Manga

Manga juga menjadi salah satu koleksi populer bagi para otaku yang menggemari suatu sebuah karya selain figur aksi, boneka, dan postcard.

Jika kamu hanya suka membaca, kamu juga bisa mengunjungi beberapa tempat baca manga terlengkap di bawah ini.

Komiku.id

Tempat baca manga - Komiku
Tampilan interface Komiku. Source: Komiku.id

Jika kamu mencari situs untuk membaca manga dengan subtitle Bahasa Indonesia, kamu bisa mengunjungi komiku.id.

Situs yang satu ini memiliki tampilan interface yang cukup mudah untuk dimengerti. Selain manga, komiku juga menyediakan komik asal Korea yang disebut juga dengan istilah Manhwa.

Koleksi manga yang ada dalam situs ini cukup lengkap. Kamu bisa menemukan beragam manga populer seperti One Piece, Bleach, dan Black Clover.

Situs komiku bisa kamu akses melalui browser yang ada di smartphone, laptop kamu atau dengan mengunduh aplikasinya di PlayStore.

Baca juga: Game Anime Klasik yang Membentuk Sebuah Generasi

Mangatoon

Mangatoon
Mangatoon. Source: Mangatoon.mobi

Rekomendasi tempat baca manga bahasa Indonesia terlengkap selanjutnya adalah di Mangatoon yang bisa kamu buka di browser maupun mengunduh aplikasinya di PlayStore dan Apple Shop.

Seperti namanya, Mangatoon menyediakan banyak komik-komik populer seperti Detective Conan dan Boruto.

Tidak hanya menyediakan platform untuk membaca, kamu juga bisa mempublikasikan karyamu sendiri dengan syarat tidak mengandung konten ilegal seperti sara dan pornografi.

Mangatoon juga seringkali mengadakan kompetisi bagi para author untuk menulis maupun menggambar komik dengan tema tertentu. Tertarik? Yuk kunjungi situsnya disini!

Komik Cast

 Komikcast
Tampilan awal dari Komikcast. Source: Komikcast.net

Komik Cast adalah tempat baca manga yang bisa kamu jajal selanjutnya. Tersedia dalam bahasa Indonesia, situs yang satu ini memiliki lebih dari 40 genre komik berbeda.

Seperti rekomendasi lainnya dalam daftar ini, Komik Cast juga menyediakan komik-komik dari negara lain seperti Korea dan Cina yang telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

Beberapa judul manga terkenal yang ada dalam situs ini adalah Jujutsu Kaisen, Dragon Ball Super, dan Hunter x Hunter.

MANGA Plus by SHUEISHA

Tempat baca manga - Manga Plus
Manga Plus buatan Shueisha. Source: PlayStore

Rekomendasi tempat baca manga terlengkap yang terakhir adalah Manga Plus yang dibuat oleh Shueisha pada tahun 2019 silam.

Indonesia termasuk dalam salah satu negara yang bisa mengakses aplikasi ini. Manga Plus sendiri tidak tersedia untuk tiga negara, yaitu Jepang, Korea Selatan, dan Tiongkok.

Manga Plus memiliki koleksi manga yang cukup lengkap. Namun, masih ada banyak manga yang belum diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Mengingat tampilannya yang mudah dipahami dengan fitur pembatasan iklan untuk kenyamanan pembaca, Manga Plus masih menjadi alternatif tempat baca manga digital yang wajib untuk kamu coba.

Baca juga: Rekomendasi Game Naruto Offline, Seru Banget!

Buat kamu yang mau beli produk digital atau beli item, skin dan top up game murah dan cepat, langsung aja ke VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!