5 Hasil Karya Akira Toriyama yang Wajib Kamu Tahu

Akira Toriyama adalah mangaka legendaris asal Jepang dengan hasil karya yang banyak menginspirasi mangaka generasi di selanjutnya.
Hasil karya Akira Toriyama - Dragon Ball
Dragon Ball. Source: Rotten Tomatoes Trailers/Youtube

Akira Toriyama adalah mangaka legendaris asal Jepang dengan hasil karya yang banyak menginspirasi mangaka generasi di selanjutnya.

Banyak mangaka penggemar Akira Toriyama yang akhirnya berhasil mengikut jejak sang legendaris untuk menerbitkan berbagai karya populer yang tidak hanya terkenal di Jepang, namun juga seluruh dunia.

Mangaka tersebut di antaranya adalah Eiichiro Oda dengan One Piece, Masashi Kishimoto dengan Naruto, dan Tite Kubo dengan Bleach.

Nah, artikel kali ini akan membahas tentang 5 karya Akira Toriyama yang wajib untuk kamu tahu. Penasaran? yuk simak sampai habis!

Baca juga: 5 Karakter Dragon Ball Paling Ikonik Selain Goku dan Gohan!

5 Hasil Karya Akira Toriyama yang Wajib Diketahui

Akira Toriyama telah memulai debutnya sejak tahun 70-an, seorang veteran di dunia manga yang karyanya banyak diadaptasi kedalam bentuk animasi maupun video game.

Jika kamu adalah penggemar baru yang ingin mengenal lebih banyak karya dari sang mangaka legendaris, berikut adalah 5 hasil karyanya yang wajib kamu tahu!

Dragon Ball

Hasil karya Akira Toriyama - Dragon Ball
Anime Dragon Ball. Source: WatchMojo.com/Youtube

Dragon Ball adalah karya terpopuler dari Akira Toriyama yang memiliki banyak penggemar dari seluruh dunia termasuk Indonesia.

Seri manga ini dirilis dari tahun 1984 hingga 1995 di majalah Weekly Shonen Jump. Manga ini bercerita tentang kehidupan Son Goku mulai dari masa anak-anak hingga dewasa dalam mempelajari ilmu bela diri.

Dragon Ball memiliki tiga pembagian timeline manga, yaitu Dragon Ball, Dragon Ball Z, dan Dragon Ball Super.

Seri Dragon Ball mengikuti perjalanan Goku dari kecil hingga akhirnya dia berhasil mengalahkan Piccolo. Sedangkan Dragon Ball Z bercerita memiliki beberapa sub saga seperti Frieza dan Buu.

Seri manga Dragon Ball Super sendiri berlangsung setelah Goku berhasil mengalahkan Buu dan memulai perjalanan baru ke semesta yang lain.

Dr. Slump

Hasil karya Akira Toriyama - Dr Slump
Dr Slump. Source: Dave one/Youtube

Meskipun lebih dikenal dengan Dragon Ball, Akira Toriyama juga pernah menerbitkan manga berjudul Doctor Slump yang menjadi salah satu karya populernya.

Doctor. Slump berlatar di Desa Penguin, dimana manusia hidup berdampingan dengan berbagai hewan dan objek yang dapat berbicara.

Tokoh utama dari manga ini adalah Senbei Norimaki yang sering dipanggil sebagai “Dr. Slump”. Dia suka menciptakan berbagai penemuan unik, salah satunya adalah robot dengan kekuaran super bernama Arale.

Dr. Slump pertama kali diterbitkan di Shonen Jump pada tahun 1980 dan berakhir pada tahun 1984. Manga ini sempat dibukukan dan diadaptasi menjadi dua anime terpisah.

Jaco the Galactic Patrolman

Hasil karya Akira Toriyama - Jaco
Jaco the Galactic Patrolman. Source: Saiyan Rangers/Youtube

Tidak hanya seri manga panjang seperti Dragon Ball dan Dr. Slump, Akira Toriyama juga sering membuat manga pendek, salah satunya adalah Jaco the Galactic Patrolman.

Manga ini mengikuti kisah dari protagonis utama bernama Jaco yang datang ke bumi untuk melindunginya dari serangan alien.

Di bumi, dia bertemu dengan Omori, seorang ilmuwan yang telah pensiun dan Tights, seorang perempuan muda yang akan ikut dalam setiap petualangannya.

Meskipun Dragon Ball terbit lebih dulu, diketahui bahwa manga yang debut pada tahun 2013 ini telah berlatar beberapa tahun sebelum Dragon Ball muncul.

Jaco sedang menunggu kedatangan Goku ke bumi sebagai seorang bayi dan dia kemudian kembali muncul dalam seri Dragon Ball Super sebagai karakter pendukung.

Dragon Quest

Hasil karya Akira Toriyama - Dragon Quest
Dragon Quest. Source: WatchMojo.com/Youtube

Selain manga, Akira Toriyama pernah berpartisipasi dalam pembuatan game berjudul Dragon Quest. Game ini dirilis pada tahun 1986 di Jepang untuk platform MSX dan Nintendo Family Computer.

Dragon Quest menjadi game pertama yang secara ekslusif menampilkan gaya seni dan karakter yang didesain oleh sang mangaka legendaris.

Selain di Jepang, game ini juga sempat dirilis di Amerika Utara pada tahun 1989 dengan judul Dragon Warrior. Judul game ini diubah untuk menghindari pelanggaran hak cipta.

Chrono Trigger

Hasil karya Akira Toriyama - Chrono Trigger
Chrono Trigger. Source: WatchMojo.com/Youtube

Chrono Trigger adalah karya kolaborasi antara para kreator dari game Final Fantasy dan Dragon Quest. Kolaborasi ini banyak disebut penggemar sebagai kolaborasi “the dream team“.

Orang-orang yang berpartisipasi dalam pembuatan Chrono Game adalah para bintang terkenal yang sudah lama berada di industri JRPG, salah satunya adalah Akira Toriyama.

Dalam game ini, Akira Toriyama sekali lagi berpartisipasi dalam membuat desain untuk para karakter di Chrono Trigger.

Baca juga: Alasan Karakter Piccolo Oranye Berkembang Menjadi Sangat Kuat

Nah, itulah 5 hasil karya dari mangaka legendaris Akira Toriyama yang wajib kamu tahu. Bagaimana menurutmu?

Untuk kamu yang sedang mencari tempat top up kebutuhan game kesayangan atau produk digital yang murah, aman dan terpercaya, yuk top up di VCGamers Marketplace aja!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!