Profil Eiichiro Oda, Mangaka One Piece yang Akan Ulang Tahun

Eiichiro Oda

One Piece adalah salah satu seri manga dan anime terpopuler saat ini. Manga karya Eiichiro Oda ini pertama kali dirilis tahun 1997.

Cerita dari One Piece mengikuti petualangan dari Monkey D. Luffy dan kru bajak laut lainnya dalam menjelajah Grand Line dan menemukan keberadaan “One Piece”.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas lebih lanjut tentang profil dari Eiichiro Oda. Bagi para penggemar One Piece, yuk kenalan dengan kreatornya!

Baca juga: Mengenal Kurohige, Sang Penguasa Kegelapan One Piece

Profil Eiichiro Oda

Profil Eiichiro Oda
Profil Eiichiro Oda. Source: Kuroi Senko/Youtube

Eiichiro Oda adalah seorang seniman manga asal Jepang yang lahir di Kumamoto, Jepang pada 1 Januari 1975. Ya, mangaka yang satu ini akan berulangtahun besok.

Di umurnya yang baru menginjak 4 tahun, dia telah membuat keputusan untuk menjadi seorang mangaka agar bisa menghindari pekerjaan nyata.

Eiichiro Oda terkenal sebagai kreator dari One Piece yang merupakan seri manga terlaris sepanjang sejarah. Berkat karyanya ini, Oda mendapat predikat sebagai salah satu author fiksi terlaris.

Ketertarikannya pada bajak laut kemungkinan mulai muncul Setelah Oda menonton seri animasi tv populer yang berjudul “Vicky the Viking”.

Salah satu inspirasi Oda dalam menjadi mangaka adalah Akira Toriyama yang juga dikenal dengan karyanya, Dragon Ball.

Sejak 7 November 2004, Oda resmi menikah dengan Chiaki Inaba yang merupakan mantan model dan aktris. Keduanya bertemu di akhir tahun 2003 pada festival Jump Festa 2004.

Oda dan Chiaki Inaba
Oda dan Chiaki Inaba. Source: Ohayo おはよう/Youtube

Dari pernikahannya ini, mereka berdua dikaruniai dua orang anak perempuan. Anak pertama lahir pada pertengahan 2006 sedangkan yang bermuda lahir di tahun 2009.

Pada sebuah interview, Oda dan editor manganya berpendapat bahwa dirinya adalah seorang pekerja keras yang perfeksionis.

Dalam salah satu majalah mingguan One Piece juga diungkap sang kreator hanya tidur selama tiga jam pada hari kerja.

Baca juga: Mengenal Kurohige, Sang Penguasa Kegelapan One Piece

Perjalanan Karir Eiichiro Oda

Oda pada interview tahun 2016
Oda pada sebuah interview tahun 2016. Source: Nidai Kitetsu/Youtube

Saat menginjak usia 17 tahun, Oda pertama kali membuat “Wanted!” dan berhasil memenangkan beberapa penghargaan termasuk menempati peringkat kedua di Tezuka Award.

Dia kemudian mendapatkan pekerjaan di majalah Weekly Shonen Jump sebagai asisten Shinobu Kaitani untuk manga “Suizan Police Gang”.

Pada umurnya yang ke 19 tahun, Oda mulai bekerja sebagai asisten dari mangaka Nobuhiro Watsuki untuk “Rurouni Kenshin” sebelum memenangkan Hop Step Award untuk mangaka baru.

Di waktu ini, Oda menggambar cerita one shot bertema bajak laut yang diberi judul “Romance Dawn” dengan karakter Luffy. Cerita itu diterbitkan oleh Akamaru Jump dan Weekly Shonen Jump di akhir 1996.

Tahun 1997, One Piece memulai debutnya di Weekly Shonen Jump dan berhasil terjual sebanyak 100 juta kopi terhitung hingga bula Februari 2005.

Manga One Piece
Manga One Piece. Source: Manga PLUS

Jumlah penjualan ini terus meningkat drastis hingga mencapai angka 450 juta kopi pada bulan Maret 2019 lalu.

Dengan pencapaian yang luar biasa ini, manga One Piece karya Oda didapuk sebagai manga terlaris sepanjang masa.

Tidak hanya karyanya saja, Oda juga ternyata sangat populer. Pada sebuah voting yang dilakukan di tahun 2008 oleh Oricon, dia terpilih menjadi mangaka terfavorit nomor 5 di Jepang.

Oda juga pernah berkolaborasi dengan Akira Toriyama dalam sebuah one shot berjudul Cross Epoch yang menampilkan karakter-karakter dari One Piece dan Dragon Ball pada tahun 2007.

Manga Cross Epoch
Manga Cross Epoch. Source: @DB_Kringer2/Youtube

Keduanya kembali dipertemukan untuk mendesain masing-masing sebuah karakter untuk video game Gaist Crusher di tahun 2013.

Baca juga: Kekuatan Strategis Nami One Piece, Sang Kucing Pencuri!

Nah, itulah profil singkat dari manga terpopuler One Piece. Apakah kamu juga termasuk penggemar karya-karya Oda Sensei?

Untuk kamu yang sedang mencari tempat top up kebutuhan game termurah dan tercepat, yuk segera top up di VCGamers Marketplace sekarang juga!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

[wpforms id="61130"]