5 Daftar Tontonan Anime China Terbaik dan Seru

anime china (3)

Seperti yang kita tahu bahwa dunia anime tak hanya didominasi oleh anime Jepang saja, tapi ada juga anime Korea (Aeni) dan Anime China (Donghua).

Anime China atau Donghua memiliki visual yang memukau, cerita yang mendalam dan karakter yang bagus.

Namun tentunya, hal ini berbeda dengan anime Jepang, dimana anime China (Donghua) ini memiliki gaya animasi yang sangat unik dan lebih realistis karena terinspirasi dari budaya Tiongkok sendiri.

Nah, tapi juga ada beberapa anime yang masih menggunakan gaya animasi seperti anime lainnya serta diiringi dengan cerita yang seru untuk diikuti.

Bagi kamu yang sedang mencari rekomendasi anime China atau Donghua, pada artikel kali ini kamu akan mendapatkan rekomendasinya!

Baca juga: Perbedaan Anime dan Kartun, Kenali Jangan Sampai Salah!

Anime China

anime china (8)
Chinese Anime Recommendations. Sumber: GIPS Guwahati

Melansir dari cbr.com, Donghua merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut animasi yang diproduksi di Tiongkok dan dibuat secara manual atau menggunakan teknologi komputer.

Animasi di Tiongkok bukanlah sesuatu yang baru, dimana sejarahnya dimulai sejak tahun 1920-an atau abad ke-20, dengan film animasi Tiongkok pertama yang berjudul “Wan-Shan Kun (The Sleeping Beauty)” dirilis pada 1922.

Sejak saat itu, industri anime China (Donghua) semakin terus berkembang, dimana setiap dekadenya memproduksi anime.

Lalu ditahun 1935 memproduksi “The Camel’s Dance” yang merupakan animasi China yang bersuara.

Kemudian di tahun 1941, menghadirkan “Princess Iron Fan” yang berdurasi panjang dan menjadi salah satu animasi yang paling berpengaruh saat itu.

Di tahun 1945, “Divine Sea Warriors” membuat sesuatu hal yang baru untuk memicu era baru animasi Jepang.

Selanjutnya di tahun 1950-an hingga 1970-an, era keemasan Donghua jatuh kepada film animasi yang berjudul “Havoc in Heaven” dan “Princess Nezha”.

Lalu di tahun 1980-an sampai 1990-an, dimana anime China (Donghua) ini memiliki pergeseran gaya animasi karena terpengaruh oleh gaya anime Jepang dan Barat.

Terakhir di tahun 2000-an hingga sekarang, popularitas Donghua kian meningkat dan banyak yang minat dengan Donghua karena memiliki kualitas visual yang lebih realistis.

Cerita anime China (Donghua) banyak terinspirasi dari mitologi, legenda, dan sejarah Tiongkok sehingga memberikan sedikit tentang sejarah Tiongkok secara mendalam pada animasi tersebut.

Selain itu juga, memiliki genre yang sangat beragam seperti misalnya:

  • Xianxia (Fantasy Kuno): Cerita fantasy yang berlatar Tiongkok kuno dengan elemen seni bela diri, supernatural dan makhluk mitologi. Seperti contohnya: “Mo Dao Zu Shi” dan “Heaven Official’s Blessing.
  • Wuxia (Seni Bela Diri): Rata-rata menceritakan tentang pendekar dan petualang di dunia bela diri. Contoh: “The Legend of Sword and Fairy” dan “Battle Through the Heavens”.
  • Romance (Romantis): Anime China yang menceritakan tentang kisah cinta karakter dari latar yang berbeda. Contoh: “Scum Villain’s Self-Saving System” dan “Love Story of an Old Fashioned Painter”.
  • Comedy (Komedi): Sebuah cerita lucu yang sangat menghibur penonton. Contoh: “Daily Life of the Immortal King” dan “The Daily Life of the Great Sage”.
  • Slice of Life: Merupakan cerita sehari-hari yang sangat relate di kehidupan kita. Contoh: “New Life of a Slime” dan “A Place Further Than the Universe”.

Adapun beberapa perbedaan yang mencolok dari anime China (Donghua) dengan anime lainnya, dimana salah satunya merupakan cerita adaptasi.

Kebanyakan Donghua mengadaptasi komik Manhua (Komik Tiongkok) yang dirilis secara fisik ataupun diterbitkan di web.

Hal ini juga sering dilakukan oleh anime Jepang yang mengadaptasi ceritanya dari manga Jepang, lalu diangkat menjadi anime.

Selain itu juga perbedaan lainnya, terdapat pada gaya animasi, dimana Anime China (Donghua) sering memadukan dengan gaya seni tradisional Tiongkok dengan elemen modernnya sehingga bisa menghasilkan estetika yang khas, menarik dan unik.

Saat ini, banyak penonton yang mencirikan Anime China (Donghua) dengan 3 elemen utama yaitu Pakaian Tradisional China, Romansa dan Budaya yang sering muncul didalam anime tersebut.

Bagi kamu yang sering menonton anime China (Donghua), pasti sering melihat beberapa karakter yang menggunakan pakaian tradisional Tiongkok serta dengan gaya rambut khas dari Tiongkok.

Ditambah lagi dengan cerita Romansa yang sangat menonjol dari sisi karakter sehingga hal ini akan selalu diingat oleh para penontonnya.

Nah, inilah yang membuat Donghua memiliki ciri tersendiri sehingga bisa membuat para penonton lebih mengenalnya, dibandingkan dengan anime lainnya.

Banyak penggemar yang ingin mencari referensi anime yang bagus ditonton, salah satunya menonton anime China (Donghua) yang memiliki kualitas tinggi.

Baca juga: 11 Anime Spring Terbaik 2024

Daftar Anime China Terbaik dan Seru

anime china (6)
Chinese Anime Recommendations. Sumber: amimegalaxyofficial.com

Anime China (Donghua) merupakan film animasi yang berasal dari Tiongkok dengan cerita menarik, karakter yang bagus dan animasi yang lebih realistis.

Dari keunikan yang dimilikinya, hal ini menjadi opsi untuk menjadi sebuah tontonan baru bagi para Wibu atau Otaku (Penggemar Anime) yang bisa memberikan pengalaman baru.

Setelah mengetahui tentang anime China (Donghua) diatas, pada pembahasan kali ini akan memberikan rekomendasi tontonan Donghua terbaik yang bisa kamu tonton!

Link Clink

anime china (1)
Link Click. Sumber: Crunchyroll

Sebagai rekomendasi pertama anime China (Donghua) yang memiliki cerita seru untuk diikuti adalah Link Click.

Link Click merupakan anime original Tiongkok yang diproduksi oleh LAN Studio karya Li Haoling dengan sentuhan genre Science Fiction dan Thriller Misteri.

Terdapat 2 Season dari Link Click ini, untuk Season 1 ditayangkan pada 30 April 2021 dengan total 12 Episode di Bilibili dan Funimation.

Sedangkan, Season 2-nya ditayangkan pada 17 Agustus 2022 dengan total 12 Episode juga yang tayang di iQIYI dan Crunchyroll.

Secara keseluruhan, Link Click menceritakan tentang dua orang sahabat yang bernama Cheng Xiaoshi dan Lu Guang yang menjalani Time Photo Studio yang melayani kliennya untuk memotretnya di Studio.

Cheng Xiaoshi hanya memfoto klien dari lokasi atau background yang telah dipilih oleh kliennya, dimana tanpa sadar hal ini membawanya perjalanan ke masa lalu.

Di sisi lain, Lu Guang memiliki kemampuan untuk melacak peristiwa tepat waktu dan membantu Cheng Xiaoshi untuk menjadi fotografer yang andal.

Keduanya bekerja hanya 12 jam, dimana mereka melakukan perjalanan dan menemukan apa yang dicari oleh klien mereka dari background atau lokasi fotoshoot yang dipilih.

Setiap episodenya, Cheng Xiaoshi dan Lu Guang akan membantu kliennya dalam menyelesaikan masalah mereka di masa lalu. Serta untuk bisa membantu kliennya, ada beberapa konsekuensi yang dihadapi mereka berdua.

Mo Dao Zu Shi

anime china (7)
Mo Dao Zu Shi. Sumber: IMDb

Sebagai rekomendasi anime China (Donghua) terbaik selanjutnya adalah Mo Dao Zu Shi atau lebih dikenal dengan Grandmaster of Demonic Cultivation

Anime China (Donghua) ini diadaptasi dari Novel Boys Love (BL) karya Mo Xiang Tong Xiu yang bergenre Xianxia, Aksi, Petualangan, Misteri, Komedi Supernatural dan Shounen Ai.

Pada Season pertama Mo Dao Zu Shi ditayangkan pada 9 Juli hingga 6 Oktober 2018 di Tencent Video, Bilibli dan Funimation dengan total 15 Episode.

Sementara di Season keduanya ditayangkan pada 3 Agustus sampai 31 Agustus 2018 dengan total 8 Episode di Netflix, Viki dan iQIYI.

Sedangkan Season ketiganya tayang pada 7 Agustus hingga 23 Oktober 2021 dengan total 12 Episode di Tencent Video.

Mo Dao Zu Shi berpusat pada Wei Wuxian merupakan seorang Kultivator muda yang dibunuh dan dihidupkan kembali 13 tahun kemudian di tubuh seorang anak muda yang bernama Mo Xuanyu.

Wei Wuxian dikenal sebagai Mo Xuanyu yang bergabung dengan sekte Gusu Lan untuk menyelidiki penyebab kematiannya dimasa lalu.

Di sana ia bertemu dengan Lan Wangji merupakan seorang kultivator jenius yang memiliki perasaan kepadanya.

Bersama Lan Wangji, Wei Wuxian menyelidiki berbagai misteri dan konspirasi dari sekte-sekte kultivasi di dunia mereka.

Pada saat perjalanan, mereka berdua juga harus menghadapi musuh-musuh yang mereka temui.

Baca juga: 10 Anime Terlaris dan Terbaik Sepanjang Masa

God Troubles Me

anime china (2)
God Troubles Me. Sumber: IMDb

Sebagai rekomendasi anime China ketiga adalah God Troubles Me yang dikenal juga dengan anime Hanhua Riji diadaptasi dari novel Shounen karya Tan Jinkang.

Untuk anime China God Troubles Me ini berjumlah 4 Season, untuk Season 1 ditayangkan pada 21 Juli sampai 29 September 2019.

Lalu, untuk Season keduanya tayang pada 15 November 2020 sampai 24 Januari 2021, Season ketiganya tayang pada 31 Juli sampai 09 Oktober 2022 dan Season keempatnya tayang pada 10 Maret 2024 kemarin.

Semua episodenya berjumlah 12 episode yang bisa kamu tonton melalui iQiyi, Bilibili dan Youtube.

God Troubles Me ini bergenre Komedi, Fantasy, Shounen dan Slice of Life yang memiliki cerita berbeda-beda di setiap Season-nya.

Di anime ini menceritakan tentang Su Moting yang merupakan seorang gadis dengan kepribadian anak iblis yang dituntut mandiri oleh orangtuanya sehingga ia bertemu dengan dewa Tianjin yang membuat hidupnya berubah menjadi gadis yang super sibuk.

Meng Qi Shi Shen

anime china (4)
Meng Qi Shi Shen. Sumber: IMDb

Sebagai rekomendasi anime China keempat datang dari judul Meng Qi Shi Shen atau Cinderella Chef yang diadaptasi dari novel online Eponymous karya Ziyi 281.

Meng Qi Shi Shen ini berjumlah 3 Season yang tayang pada 29 Desember 2018 sampai 13 September 2022 di Bilibili.

Cinderella Chef juga telah diangkat menjadi seri drama Tiongkok yang tayang pada 23 April 2018 dengan 56 Episode. Drama ini juga dibintangi oleh Hsu Thassapak, Zhong Danni dan Zhao Lusi.

Pada anime ini menceritakan tentang Ye Jia Yao seorang koki seleb yang menyukai resep tradisional Tiongkok dan sering bereksperimen dengan masakan.

Akan tetapi setiap ia memasak sesuatu, ia selalu gagal karena masakannya yang kurang enak.

Maka dari itu ia pergi ke masa lalu, dimana ia menjadi Putri seorang Hakim yang bernama Ye Jin Xuan.

Ia diculik ke Kamp Hei Fang dan ia bertemu dengan pemimpin bandit yang bernama Xia Chun Yu dan ia merupakan agen rahasia Raja di istana Jing An Marquis.

Mereka menyusup ke bandit Black Wind Fortress untuk menyelidiki rencana sang Raja. Pada akhirnya, mereka berdua merencanakan untuk berpura-pura menikah.

Sangat disayangkan bahwa Ye Jia Yao telah jatuh cinta dengan Xia Chun Yu yang merupakan suami palsunya hanya untuk memperoleh ilmu dan teknik memasak yang dimiliki sang suami palsunya tersebut.

The Daily Life of the Immortal King

anime china (5)
The Daily Life of the Immortal King. Sumber: IMDb

Sebagai rekomendasi anime China yang terakhir datang dari judul The Daily Life of the Immortal King atau Xian Wang de Ri Chang Sheng Huo diadaptasi dari Novel Xianxia karya Kuang Diao.

The Daily Life of the Immortal King Season 1 yang tayang pada 18 Januari 2020 sampai 28 Maret 2020 berjumlah 15 episode. Lalu pada Season kedua tayang pada 30 Oktober 2021 sampai 8 Januari 2022 berjumlah 12 episode.

Untuk Season ketiga yang dirilis pada 30 September 2022 sampai 11 Desember 2022 berjumlah 12 episode dan Season keempatnya dirilis pada 17 Desember 2023 sampai 25 Februari 2024 yang berjumlah 12 Episode juga.

Semua season tersedia di Bilibili, Netflix, Viki, Vidio.com dan iQIYI yang bisa kamu tonton kapan saja.

Anime ini bergenre Komedi, Fantasi, Xianxia, Petualangan dan Slice of Life yang menceritakan tentang Wang Ling.

Wang Ling sendiri merupakan anak muda yang reinkarnasi dari Immortal King (Kultivator terkuat). Walaupun ia punya kekuatan yang luar biasa, tapi ia ingin menjalani kehidupannya dengan tenang.

Akan tetapi karena kekuatannya inilah yang membuat membuatnya sering terlibat dengan berbagai kejadian konyol. Ia ditemani oleh Sun Rong dan Song Yan untuk berpetualang di dunia kultivasi yang sangat bahaya.

Baca juga: 11 Website Nonton Anime Gratis Terbaik dengan Resolusi HD

Yuk segera top up kebutuhan produk digital termurah, cepat dan aman hanya di VCGamers Marketplace, ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!