5 Daftar Donghua Terbaik 2023, Wajib Masuk Watchlist!

donghua (1)

Kamu sudah biasa menonton anime dari Jepang atau bahkan anime Korea. Nah, apa kamu pernah menonton Donghua?

Anime dari Tiongkok ini lebih dikenal dengan sebutan Donghua dan ada beberapa yang menggunakan 3D.

Setelah mengetahui tentang Donghua, kamu bisa saja ketagihan menonton karena mengikuti alur ceritanya yang tak salah seru dengan anime. Apalagi dengan visualnya yang memberikan pengalaman menonton lebih asyik.

Maka dari itu, pada artikel kali ini akan membahas mengenai hal itu.

Tetapi sebelum itu, kita simak sedikit mengenai definisinya dan nantinya kamu akan mendapatkan rekomendasi terbaik di tahun ini.

Baca juga: Anime Romantis 2023 yang Wajib Kamu Tonton, Auto Baper!

Apa itu Donghua?

donghua (3)
(Source: Tribun Bengkulu)

Nah, mungkin ada dari kamu yang belum tahu apa itu donghua. Jadi, donghua ini merupakan salah satu istilah yang merujuk pada animasi yang berasal dari Macau, Tiongkok, Hongkong dan Taiwan atau biasa juga disebut sebagai anime China.

Donghua pertama kali muncul di tahun 1920-an di Tiongkok yang sebenarnya adaptasi dari animasi Barat yaitu Amerika dan Eropa.

Hingga saat ini pun penggemarnya semakin meningkat pesat dan mengalami perkembangan yang cukup signifikan karena cukup populer di seluruh dunia.

Tak kalah seperti anime Jepang, Korea dan Barat, donghua juga memiliki genre yang sangat beragam. Kamu bisa memilih genre yang kamu suka seperti action, fantasy, romance hingga komedi.

Ada beberapa anime China yang populer dan memiliki banyak penggemar. Beberapa di antaranya yaitu The King’s Avatar, Mo Dao Zu Shi (The Founder of Diabolism) dan Scissor Seven.

Baca juga: 5 Anime Action Terbaik dan Paling Hits Sepanjang Masa!

Rekomendasi Donghua Terbaik 2023

donghua (2)
(Source: Popmama)

Pasti kamu sudah tak sabar lagi dengan rekomendasi donghua terbaik yang harus kamu tonton di akhir 2023 ini. Kira-kira apa saja deretannya?

Doulou Dalu (Soul Land)

donghua (9)
Doulou Dalu (Source: IMDb)

Yang pertama adalah Doulou Dalu atau lebih dikenal dengan nama Soul Land yang diadaptasi dari Webtoon dengan nama yang sama dari Tang Jia San Shao.

Soul Land itayangkan pada tahun 2018 dan telah mendapatkan rating 8,5/10 di IMDb.

Doulou Dalu menceritakan tentang dunia yang mampu memperkuat jiwa dan bisa meningkatkan kekuatan seseorang. Kamu bisa memilih beberapa sekolah untuk mengasah keterampilan kekuatan jiwa.

Donghua ini menceritakan seorang anak muda yang pergi dari sekolahnya untuk mencari rahasia besar yang ada di sana.

Dia berkelana untuk meningkatkan kekuatan jiwanya tersebut untuk membalas dendam kepada seseorang.

Heaven Official’s Blessing

donghua (4)
Heaven Official’s Blessings (Source: IMDb)

Untuk donghua yang kedua adalah Heaven Official’s Blessings atau dikenal dengan nama China-nya yaitu Tian Guan Ci Fu (TGCF).

Heaven Official’s Blessings diadaptasi dari novel BL (Boys Love) karya Mo Xiang Tong Xiu yang dirilis pada tahun 2020.

Heaven Official’s Blessings mengisahkan tentang seorang pahlawan yang memiliki nasib buruk di kehidupan masa lalunya bernama Xie Lian,

Dirinya mendapatkan banyak sekali penderitaan yang datang silih berganti. Tetapi ia tetap menjadi seorang yang baik dengan selalu berbuat baik kepada siapa pun.

Kemudian, dia bertemu dengan seorang roh jahat yang bernama Hua Cheng hingga mereka berdua pergi untuk berpetualang bersama dalam memecahkan masalah dan misteri yang ada di kehidupan mereka pribadi.

Sebelum kamu memulai untuk menontonnya, perlu diingat bahwa donghua ini bergenre Boys Love (BL).

Dimana mengisahkan hubungan romantis antara karakter pria dan sangat penting sekali jika kamu mementingkan preferensi sebelum menontonnya.

Spare Me, Great Lord!

donghua (5)
Spare Me, Great Lord! (Source: IMDb)

Nah, donghua terbaik yang ketiga adalah Spare Me, Great Lord! atau bahasa China-nya adalah Yao Shen Ji.

Donghua ini merupakan sebuah animasi China yang diadaptasi dari webtoon dengan nama yang sama dan ditayangkan pada tahun 2018.

Spare Me, Great Lord ini bergenre aksi, fantasi serta petualangan, sehingga ceritanya sangat cocok ditonton untuk anak-anak.

Jadi, donghua ini menceritakan seorang remaja yang bernama Lin Feng yang terperangkap di alam roh untuk mendapatkan kekuatan dalam dirinya.

Lin Feng harus merancah ke dunia barunya yang dipenuhi dengan kekuatan roh serta makhluk gaib yang berada di sekitarnya.

Sehingga dengan ini ia pun mampu menukarkan barang dengan kekuatan supranaturalnya.

The Founder of Diabolism

donghua (6)
The Founder of Diabolism (Source: IMDb)

Selanjutnya adalah The Founder of Diabolism atau lebih dikenal dengan Mo Dao Zu Shi yang diadaptasi dari webtoon dengan judul yang sama dan perlu diketahui juga, kini sudah hadir versi live-actionnya dan versi manhua (Komik Tiongkok).

Donghua ini merupakan karya dari Mo Xiang Tong Xiu yang merupakan seorang penulis dari web novel/webtoon.

The Founder of Diabolism menceritakan kisah Wei Wuxian yang merupakan seorang penyihir jahat yang kembali hidup dari kematiannya setelah sekian lama.

Dia berteman dengan Lan Wangji untuk mengungkap kasus misteri dari kekuatan roh-roh jahat.

White Cat Legend

Donghua White Cat Legend

Nah, White Cat Legend menjadi donghua terakhir dalam pembahasan kali ini. Animasi ini lebih dikenal dengan nama Bai Mao Nu yang merupakan adaptasi dari Webtoon juga dengan nama yang sama karya Yue Guan.

Donghua ini ditayangkan pada tahun 2016 yang diperoduksi oleh Tencent Animation & Comics dan mereka membuat donghua ini berunsur fantasi.

White Cat Legend ini mengisahkan seorang pemuda yang bernama Mo Lianjian yang bertempur melawan kekuatan jahat dengan mahkluk-makhluk gaib dan dibantu kucing putih yang berkekuatan magis.

Baca juga: Rekomendasi Situs Download Anime Terbaik dan Gratis 2023

Nah, itulah rekomendasi lima donghua terbaik 2023 yang bisa kamu tonton. Jadi, kamu mau nonton yang mana nih?

Jangan lupa untuk membeli produk digital dan top up game termurah serta tercepat hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!