3 Channel YouTube yang Sajikan Panduan Elden Ring

Panduan Elden Ring

Bagi penggemar game ini, tentunya panduan Elden Ring menjadi hal yang diperlukan. Ya, genre game tersebut memang terkenal begitu sulit untuk ditaklukkan karena tingkat difficulties dan kompleksitas yang dimilikinya.

Nah, makanya berikut ini kita akan membahas mengenai kanal-kanal YouTube yang dengan berbaik hati mau menyediakan panduan bagi para gamers di luar sana.

Dengan begitu, kalian tidak harus bingung-bingung lagi apabila stuck ketika sedang menamatkan game maha sulit yang satu ini. So, cekidot dan silahkan disimak ya!

Panduan Games

Jika melihat dari sejarah yang ada, panduan sendiri pada awal perkembangannya pertama kali muncul sebagai salah satu konten rubrik majalah-majalah gaming. Mereka memunculkannya sebagai tips yang bisa diikuti para pembaca setia.

Lambat laun, dengan semakin pesatnya pertumbuhan industri gaming, keberadaan panduannya pun menjadi semakin beragam. Tidak hanya tampil 1-2 halaman dalam majalah, berbagai game ini lantas memiliki panduannya dalam bentuk manuskrip buku-buku dengan judul tersendiri.

Dengan menggelontorkan sejumlah kocek, gamers bisa dengan mudah mendapatkannya. Buku-buku ini dijual dengan bebas di toko-toko gaming tanpa harus melalui lembaga sensor ataupun dapur editing percetakan (atau bisa disebut dengan istilah buku indie).

Namun, seiring berkembangnya teknologi informasi ke dalam bentuk yang kontemporer, media cetak menjadi semakin ditinggalkan. Sudah jarang ada orang di luar sana yang masih secara rutin membaca/berlangganan majalah.

Orang-orang lantas beralih ke mode digital, khususnya mengandalkan kombinasi audio-visual seperti video panduan, gameplay, review, dan tutorial.

Terlebih lagi, ini semua bisa dengan mudah di akses melalui internet yaitu YouTube.

Dari sanalah tren gaming akhirnya beralih menggunakan platform online video sharing dan social media yang satu ini.

Baca juga: Cara Menyelesaikan Quest Elden Ring Millicent

Kanal YouTube Panduan Elden Ring

Tanpa banyak berbasa-basi kali ini, bahasan akan langsung masuk ke dalam inti dari artikel kali ini. Beberapa kanal di bawah ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi para gamers yang mungkin membutuhkan bantuan dalam mengarungi belantara The Lands Between.

Sebagai catatan, yang disajikan ini merupakan hasil yang muncul ketika menginput kata kunci ‘panduan elden ring’ melalui pencarian YouTube.

Karena itu jangan di salah artikan bahwa mereka hanyalah satu-satunya ya, karena ada banyak kanal panduan Elden Ring lainnya di luar sana.

FightinCowboy

Panduan Elden Ring FightinCowboy
Panduan Elden Ring FightinCowboy. Sumber: YouTube/FightinCowboy

Pencarian teratas yang disodorkan algoritma adalah FightinCowboy. YouTuber yang satu ini memang secara sengaja mendedikasikan konten kanalnya untuk keperluan panduan berbagai judul. Dengan total 1 jutaan subs, ia merupakan salah satu kanal gaming panduan yang terbilang cukup besar.

Khusus untuk Elden Ring sendiri terdiri dari 82 part berbeda. Masing-masing video berdurasi kurang lebih 30 menitan, dengan jumlah penonton yang terhitung hingga jutaan jam tayang. Maka jika ditotal, playtime video panduan miliknya ini berjumlah hingga 41 jam!

Shirakko

Panduan Elden Ring Shirakko
Panduan Elden Ring Shirakko. Sumber: YouTube/Shirakko

Yang selanjutnya juga tidak kalah terkenal. Dengan total subscriber hingga hampir menyentuh angka dua jutaan, kanal Shirakko memang sudah begitu legendaris di kalangan para gamers kawakan.

Meski tidak dapat dibilang menyajikan playthrough yang detail, namun konten-kontennya amat mudah untuk dinikmati.

Ciri khas dari gamers ini adalah konten gameplay ‘no commentary’ miliknya, yang disajikan dalam video dengan resolusi menyentuh 4K.

Untuk konten Elden Ring, ia meringkasnya menjadi satu kesatuan video: menghabiskan durasi kurang lebih 16 jam. Jam tayang video ini pun sudah menyentuh angka 1jt-an.

Charstray

Panduan Elden Ring Walkthrough Charstray
Panduan Elden Ring Charstray. Sumber: YouTube/Charstray

Jika beberapa kanal sebelumnya menggunakan bahasa pengantar Inggris, YouTuber yang satu ini menggunakan Bahasa Indonesia Vicigers! Ya, akun YouTube Charstray cocok untuk mereka yang mungkin agak kesulitan mencerna konten-konten berbahasa asing.

Namun karena bersifat lokal, wajar bila kanal ini masih terbilang kecil dengan jumlah subs dan jam tayang yang berada di angka ribuan.

Meski begitu, ia tetap rajin membuat konten gaming. Untuk panduan Elden Ring miliknya ini terbagi dalam 38 part, yang berdurasi antara 30-120 menitan.

Baca juga: Resmi Digarap, DLC Elden Ring Shadow of the Erdtree Berbayar?

Jangan lupa iktui terus artikel Elden Ring di VCGamers News.

Selain itu, penuhi kebutuhan game kamu hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!