Semua Tentang Burst di Dalam Mobile Legends

Mobile Legends Burst Damage

Yap, burst adalah output damage! Pasti masih banyak Vicigers disini yang belum paham mengenai jenis-jenis damage dalam Mobile Legend: Bang Bang.

Ada lebih banyak konteks yang perlu dipahami jika kalian ingin merasakan bagaimana rasanya bersanding dengan para ”naga merah jambu” dan keluar dari habitat sang “badak hijau”.

Salah satu yang tidak kalah pentingnya adalah mengenai jenis-jenis damage. Penting untuk kalian pahami, bahwa dari jumlah output-nya, ada dua jenis damage yang bisa ditemukan dalam Land of Dawn.

Khusus pada bahasan kali ini, satu yang akan dibahas adalah burst damage. Lantas apa sih burst damage itu?

Supaya lebih paham mengenai apa itu burst damage, makanya pantengin terus artikelnya! Ini bakal penting banget dan bisa membantu meningkatkan gameplay kalian menuju Mythic!

Baca juga: Apa Artinya Defeat dalam Game Mobile Legends

Memahami Jenis Output Damage

Mengenal Jenis Output Damage
Mengenal Jenis Output Damage. Sumber: VCGamers

Supaya paham ada baiknya kita mulai dulu dari apa itu output damage. Output damage adalah jenis damage yang bisa dikeluarkan oleh suatu hero.

Output damage bisa dihasilkan dengan berbagai cara. Ini bisa didapatkan, baik melalui combo/spam berbagai skill yang dipunya, maupun dari serangan basic attack yang dimiliki.

Intinya, semua serangan-serangan yang mampu mengurangi darah musuh dapat disebut sebagai output damage. Di dalam Land of Dawn sendiri, terdapat dua jenis output damage:

Damage per second (DPS)

Jenis yang pertama adalah DPS. DPS adalah output damage yang keluar dengan jumlah yang kecil, namun dilakukan secara terus menerus.

Untuk dapat memberikan damage yang “sakit” DPS perlu dilakukan secara terus menerus tanpa henti. Gameplay DPS mengharuskan kita melakukan lock pada target supaya damage bisa terus-terusan masuk.

Dan perlu diingat, semakin cepat serangan DPS dilancarkan, maka akan semakin “bocor” darah target. Makanya wajar apabila hero-hero dengan tipe damage ini lebih mengandalkan basic attack yang ditopang dengan item penambah attack speed.

Hero-hero seperti ini juga tidak akan mengandalkan terlalu banyak spam skill. Ini karena sebagian besar skill mereka hanya dipergunakan untuk marking (menambah DPS yang masuk ke target yang terkena mark/tanda), maupun menghindari serangan-serangan yang dilancarkan lawan (debuff/blink).

Athena Shield Anti Burst
Athena Shield Anti Burst. Sumber: VCGamers

Burst

Nah, sekarang giliran burst. Berbeda dengan DPS, burst adalah jenis output damage yang keluar dalam jumlah yang sangat besar dalam satu kali hit.

Maka dari itu, agar damage bisa connect, pengguna damage burst harus benar-benar memiliki akurasi yang bagus. Ini supaya penargetan bisa dilakukan dengan keakuratan dan presisi yang tinggi.

Penggunaan burst juga harus penuh dengan kesabaran dan pertimbangan yang matang. Karena tentu saja apabila damage yang diberikan tidak mampu membawa tim meraih objective, skill yang ada akan terbuang sia-sia.

Hero seperti ini memerlukan item yang bisa meningkatkan/memberikan sejumlah output damage yang terakumulasi dalam satu hit, khususnya true damage yang tidak bisa ditangkal armor ataupun magical resistance.

Maka wajar apabila mereka pengguna burst akan lebih mengandalkan teknik spam skill alih-alih harus mengandalkan damage dari basic attack.

Baca juga: Trik Mudah Untuk Mendapatkan Double Kill Mobile Legends!

Hero dan Item Burst Damage

Hero Hero MLBB Burst Damage
Hero Hero MLBB Burst Damage. Sumber: VCGamers

Nah, tentu penasaran kan, hero dan item apa saja yang berkaitan dengan burst. Berikut adalah beberapa list-nya.

  • Hero pengguna burst: Sebagian besar mage adalah pengguna burst. Vicigers hanya perlu memperhatikan apakah burst yang diberikannya bersifat single target (Eudora, Harley, Karina, Cyclops, Selena, Aamon, dll.) atau area of effect – aoe (Nana, Kadita, Parsha, Kagura, Xavier, dll).
  • Hero counter burst: Tentu yang bisa meng-counter hero burst hanyalah role tank dan support. Beberapa hero yang cocok untuk mencounter output burst seperi Johnson, Fredrinn, Faramis, Nana, dll.
  • Hero lemah burst: Sebagian besar hero tidak mampu menahan output burst. Namun khusus melawan mekanik beberapa hero ini, menggunakan burst adalah keputusan yang tepat seperti Minotaur, Uranus, Belerick, Lolita, dll.
  • Item counter burst: Nah, kalo ini tentu bisa dibeli siapa saja supaya damage-damage hero burst gagal connect/ke buang percuma. Wind of Nature (WON), bisa membuat penggunanya kebal damage untuk beberapa detik; Athena Shield, khusus meng-counter damage burst magical (mage); Winter Truncheon, bikin hero mage freeze dan kebal semua efek musuh; dan, Immortality, biar masih bisa respawn lagi meski sudah ter-pick-off walhasil spam skill hero lawan.
  • Item penambah burst: Sedangkan untuk pengguna hero burst, cocoknya pake item-item seperti Berserker Fury, Blade of Heptaseas, Thunder Belt buat burst physical/true damage; serta, Holy Crystal, Blood Wings, dan Genius Wand buat magical.
Baca juga: Foto Nana Mobile Legends, Hero Mage Lucu yang Bikin Repot

Top Up Diamonds Mobile Legends Termurah, Cepat dan Aman di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!