Rune Factory 5, Mengajak Kamu Bertani dan Melawan Monster Sekaligus!

rune factory 5

Rune Factory 5 baru saja merilis game versi global pada 22 Maret 2022. Dengan visual 3D yang menarik game ini cukup banyak diulas (review) oleh para pemain.

Game yang merupakan penerus seri Rune Factory ini menawarkan paket lengkap untuk kamu pecinta game, khususnya pecinta game JRPG (Japan role playing game).

Ulasan yang didapatkan sangat positif, mengingat berbagai kabar kurang baik terdengar mengenai seri ini.

Seperti apa game-nya? Artikel ini akan membahas mengenai Rune Factory 5.

Baca Juga: 5 Game Anime Februari 2022, Ada Attack On Titan Lho!

Seri Rune Factory

rune factory 5 pendahulu rune factory 4
Rune Factory 4, Pendahulu Rune Factory 5

Rune Factory 5 adalah permainan video RPG dengan genre Fantasy yang dikembangkan dan dirilis oleh studio Marvelous dan oleh Xseed Game untuk versi globalnya. Platform yang bisa kamu gunakan untuk bermain adalah konsol Nintendo yaitu Nintendo Switch.

Rune Factory sendiri mencakup tujuh game berbeda yang berada di alam semesta (universe) yang sama dimana mempunyai 5 game utama dan 2 game spin-off.

Semua game Rune Factory awalnya dirilis untuk Nintendo DS. Namun semenjak Rune Factory 5, game ini dirilis untuk Nintendo Switch.

Rune Factory sendiri adalah seri lama yang cukup populer di antara pecinta game RPG farming (bertani).

Game ini menawarkan pengalaman lengkap bertani dan RPG yang menyenangkan sekaligus menegangkan.

Jika biasanya di game bertani lainnya kamu hanya fokus untuk bercocok tanam, maka Rune Factory menawarkan paket permainan yang lebih lengkap.

Kamu diwajibkan untuk menolong dunia melalui bertani dan juga berperang melawan monster seperti naga.

Kegiatan bertani di Rune Factory 5 juga termasuk beternak monster seperti hewan ternak umumnya seperti menghasilkan susu, telur, bahkan juga bisa kamu ajak untuk membantu kamu berperang.

Baca Juga: Hogwarts Legacy, Hadirkan Game Harry Potter RPG Open World!

Cerita Latar Rune Factory 5

rune factory 5 amnesia
Rune Factory 5 Dimulai dengan Karakter Utama Amnesia

Pembukaan Rune Factory 5 seperti khas game Rune Factory pada umumnya. Kamu akan berperan menjadi seorang pemuda atau gadis yang bisa kamu pilih gender-nya yang terbangun dalam keadaan amnesia.

Kamu akan dijatuhkan melalui portal tepat di luar kota terpencil Rigbarth. Selanjutnya kamu bergabung dengan sebuah organisasi bernama SEED.

Organisasi tersebut adalah sebuah organisasi mirip fungsi polisi yang bertugas untuk melindungi kota dari monster. 

rune factory 5 farming
Kegiatan Bertanam di Rune Factory 5

Sebagai seorang anggota SEED di Rune Factory 5, tugas kamu sebagai protagonis dapat merawat dan bisnis pertanian besar, menanam banyak tanaman yang berbeda, menangkap dan memelihara beragam monster liar untuk sumber daya dan bantuan tempur, menjalankan berbagai tugas untuk penduduk desa, atau melawan monster yang mengancam kota.

Semua cerita Rune Factory dari seri awal sampai seri Rune Factory 5 ini semuanya berhubungan dimana kamu harus melawan monster khusus yang mengancam dunia.

Monster yang biasanya berbentuk naga ini biasanya tergabung atas kekuatan seperti tanah, api, udara, dan lain sebagainya.

Aspek Dating Sim di Rune Factory 5

rune factory 5 bachelor dan bachelorette
Karakter Utama Rune Factory 5 dan NPC Bachelor/ Bachelorette

Rune Factory 5 juga menawarkan banyak hal lainnya. Dengan konsep open world, kamu bisa menjelajahi semua tempat yang ada di peta.

Kamu bisa bertemu dengan beragam monster dari yang penampakannya lucu sampai yang paling menyeramkan.

Selain itu, kamu juga bisa menjalin hubungan bersama dengan masyarakat di kota Rigbarth. Kamu bisa menjalin hubungan pertemanan bersama dengan masyarakat 

Kamu pun bisa menjalin hubungan pertemanan dan hubungan yang lebih intimate untuk menjadikan beberapa NPC ini sebagai pasangan karakter kamu.

Terdapat total 12 NPC yang dibagi menjadi 6 perempuan (bachelorette) dan 6 laki-laki (bachelor) yang dapat menjadi pasangan karakter kamu di Rune Factory 5.

cutscene rune factory 5 wedding
Cutscene Pernikahan Rune Factory 5

Kamu harus mendapatkan hati mereka yang ditandai dalam bentuk bar affection dengan memberikan berbagai macam hadiah yang dapat meningkatkan level hati dari NPC tersebut.

Perlu diingat bahwa setiap NPC akan memiliki hadiah atau makanan kesukaan. Apabila kamu memberikan apa yang mereka sangat sukai, level afeksi kamu akan semakin lebih cepat naik.

Para NPC Rune Factory 5 ini juga memiliki apa yang mereka tidak sukai jadi kamu harus berhati-hati memberikan hadiah. Level bar affection kamu akan menurun ketika salah memberikan hadiah.

Rune Factory terkenal dengan berbagai cuplikan (cutscene) khusus. Kamu hanya bisa mendapatkan cuplikan tersebut dari event setiap NPC. 

Cara mendapatkannya pun sangat acak sehingga kamu harus mengantisipasi dalam mendapatkannya.

Baca Juga: The Seven Deadly Sins Origin akan Ramaikan Game Open World Baru

Review Rune Factory 5 Oleh Pemain

rune factory 5 grafik kurang memuaskan
Grafik Rune Factory 5 Kurang Memuaskan

Sejauh ini review yang didapatkan oleh Rune Factory 5 beragam. Isu pertama yang menjadi kekurangan game ini adalah aspek grafik yang kurang memuaskan.

Dengan mengusung konsep 3D, konsep baru yang sebelumnya belum pernah ada di Rune Factory, pemain antusias untuk mendapatkan kualitas yang tinggi.

Eksekusi game ini ternyata kurang memuaskan. Isu seperti penurunan frame rate saat dalam satu frame terdapat banyak karakter, atau beberapa tempat tidak dihias dengan baik dan terkesan “tandus”, seperti game yang belum selesai.

Namun selain aspek tadi, semua aspek mulai dari musik, cerita, dan grafik cutscene mendapatkan pujian.

Jika kamu suka game bertani, slow-paced RPG, dengan bumbu peperangan monster yang menegangkan, game Rune Factory 5 ini sangat wajib kamu coba.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!