Ingin Jago Berbisnis? Simak Rekomendasi Game Bisnis Ini Untuk Belajar!

game bisnis 2022

Berbisnis adalah salah satu hobi yang juga bisa menghasilkan uang. Kadang, banyak yang takut mulai berbisnis karena terhambat modal dan kurang pengalaman mengelola bisnis. Oleh sebab itu, game bisnis simulasi ini bisa kamu gunakan untuk belajar tanpa mengeluarkan modal.

Jenis game yang dihadirkan akhir-akhir ini semakin banyak. Fungsi game sekarang bukan hanya untuk bermain dan melepas stres saja namun juga menjadi media pembelajaran.

Berbagai game seperti game simulasi adalah contoh game yang cocok kamu mainkan dan salah satunya adalah game bisnis simulasi.

Game bisnis biasanya akan mengajarkan kamu untuk mengelola berbagai macam usaha yang nantinya dapat kamu terapkan di dunia nyata juga.

Selain itu dengan bermain game bisnis secara virtual ini kamu akan mempunyai pengalaman mengelola bisnis namun dengan risiko yang hampir tidak ada sehingga kamu tidak akan mendapatkan kerugian besar.

Daftar Rekomendasi Game Bisnis

Virtonomics

game bisnis virtonomics
Virtonomics

Virtonomics adalah salah satu game bisnis yang bisa kamu gunakan untuk pelatihan dan pengembangan kepemimpinan dalam berbisnis.

Game bisnis simulasi yang dirilis pada tahun 2006 ini bisa kamu mainkan bersama teman-teman secara multipemain. Beberapa game yang tercangkup adalah Virtonomics Entrepreneur, Virtonomics Mafia Manager, dan Virtonomics Tycoon.

Dalam game Virtonomics, tidak ada aturan yang ditentukan untuk menang atau kalah maupun kapan permainan akan berakhir. 

Kamu bisa memilih tujuan bermain kamu di Vitronomics namun tujuan umumnya adalah tujuan paling umum adalah membangun bisnis yang sukses dan kompetitif. 

Hal yang paling menarik dari game bisnis ini adalah kamu bisa memilih berbagai macam industri mana kamu ingin mengembangkan bisnis. 

Pilihan industri yang ditawarkan mulai dari pertanian, manufaktur, ritel, keuangan, pemasaran, sains,dan masih banyak lagi.

Kamu bisa memainkan Virtonomics secara gratis melalui PC dan untuk pendaftarannya pun gratis.

Baca juga : Kehadiran Web3 Dorong Perkembangan Ekonomi Digital Indonesia

Tropico 4

game bisnis tropico 4
Tropico 4

Tropico 4 adalah game bisnis single-player yang dirilis pada tahun 2011. Kamu bisa memainkannya melalui Steam, Microsoft Windows, Xbox 360, dan macOS.

Terdapat juga game versi terbarunya yaitu Tropico 6 yang bisa kamu mainkan di PlayStation 4 dan Nintendo Switch.

Seri Tropico termasuk Tropic 4 ini adalah game bisnis simulasi yang dibagi menjadi 8 bagian game.

Kamu akan belajar mengembangkan bisnis sambil menggabungkan manajemen kota dan manipulasi politik dimana tugas utama kamu membangun negara ideal di beberapa pulau.

Aspek politik sangat kental dimana kamu akan menghadapi masalah politik yang berpengaruh kepada bisnis kamu. 

Game yang dikembangkan oleh Limbic Entertainment ini menggabungkan strategi, humor, dan kecerdasan untuk menyelesaikan 20 misi yang tersebar di 10 peta berbeda.

Baca juga : Rekomendasi Game Hunting yang Wajib Kamu Mainkan

Transport Fever

game bisnis transport fever
Transport Fever

Kamu pernah mendengar atau memainkan game yang berjudul Train Fever? Game bisnis Transport Fever ini merupakan lanjutan dari game tersebut.

Transport Fever menambahkan pilihan transportasi lain untuk kamu kembangkan bisnisnya seperti pesawat di bandara dan kapal di pelabuhan.

Kamu akan berusaha mengembangkan bisnis transportasi bukan hanya kereta saja.

Latar permainan dimulai pada tahun 1850 dan seiring berjalannya waktu pilihan transportasi yang bisa kamu jadikan kembangkan bisnisnya.

Tujuan bisnis kamu adalah untuk memfasilitasi transportasi baik di seluruh penjuru negara baik itu kota maupun pedesaan. 

Aspek berbisnis dari game bisnis ini akan sangat kamu rasakan ketika kamu harus membuat keputusan kendaraan mana yang paling hemat biaya untuk menyelesaikan masalah di setiap kota dan kapan harus meningkatkan pilihan transportasi baru.

Game bisnis yang dirilis 2016 ini juga menyediakan mode Sandbox dimana kamu hanya akan menyusun model-model jalur kereta, pesawat, atau kapal tanpa harus memikirkan aspek bisnis.

Bagi kamu yang penasaran bermain Transport Fever ini, kamu dapat memainkannya melalui  Steam.

Baca juga : Intip! 3 Langkah Mudah Cara Refund Game Steam

Rise of Industry

game bisnis rise of industry
Rise of Industry

Mirip dengan Transport Fever dimana kamu akan mengembangkan bisnis dari tahun yang cukup lama, Rise of Industry juga menawarkan game bisnis dimana kamu mengembangkan bisnis di awal tahun 1900an.

Game bisnis ini akan menuntut kamu untuk membangun dan mengelola kerajaan yang sedang berkembang. 

Kamu dapat membangun pabrik dan jalur transportasi, mengawasi pembangunan besar yang pesat, menemukan celah dan kekurangan di pasar kerajaan kamu, hingga melakukan negosiasi kesepakatan bisnis.

Kamu dapat memainkan Rise of Industry di Steam dan memainkannya di PC dengan basis Microsoft Windows, Linux, dan macOS.

Baca juga : 5 Rekomendasi Game Online Memasak ini Wajib Kamu Mainkan Saat Bosan

Two Point Hospital

game bisnis two point hospital
Two Point Hospital

Jika sebelumnya kamu akan berbisnis dan mempertajam skill dengan membangun negara, untuk Two Point Hospital akan berbeda.

Pada game bisnis ini kamu akan berperan sebagai administrator rumah sakit. Kamu harus membangun dan mengelola rumah sakit, meningkatkan pengalaman kualitas berobat pasien, dan terus meningkatkan rumah sakit dan staf Anda.

Kamu pun akan bisa mencari berbagai obat untuk penyakit serta mendesain rumah sakit sesuai yang kamu mau.

Jika kamu bermimpi menjalankan bisnis rumah sakit atau ingin tahu seperti apa jadinya dokter tanpa kuliah kedokteran, kamu bisa memainkan Two Point Hospital.

Two Point Hospital adalah penerus dari game simulasi populer Theme Hospital dan dirilis pada 2018. 

Kamu bisa memainkan game ini di Microsoft Windows, Linux, dan macOS melalui Steam dan juga tersedia versi untuk  Xbox One, PlayStation 4 dan Nintendo Switch.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!