Rekomendasi Game PC Offline Ringan, Enteng Banget!

Stronghold Crusader HD

Terhalang spek laptop untuk bermain game rasanya memang menyebalkan. Namun, kamu bisa coba intip rekomendasi game PC offline ringan dalam artikel ini.

Game berukuran kecil dan bisa dimainkan offline terdengar seperti angin segar bagi para pemilik PC kentang. Banyak yang mungkin tidak tahu bahwa game PC offline ringan juga tidak kalah seru untuk dimainkan.

Untuk kamu yang sedang mencari game untuk PC dengan ukuran kecil tapi sangat worth-it untuk dimainkan, ayo simak daftar rekomendasi dibawah ini!

Baca juga: Rekomendasi Game Football Android Terbaik 2023

Rekomendasi Game PC Offline Ringan

Daftar rekomendasi game PC offline ringan dibawah ini bisa dimainkan pada PC atau laptop budget dengan spesifikasi yang minim sehingga enteng untuk dimainkan. Apa saja daftarnya?

Stardew Valley

Game pc offline ringan - Stardew Valley
Stardew Valley. Source: Steam

Stardew Valley adalah sebuah game simulasi bertani yang dirilis pada tahun 2016 oleh ConcernedApe. Dalam game ini, kamu akan mengelola sebuah lahan pertanian tua yang merupakan warisan kakekmu di Stardew Valley.

Dengan modal yang sedikit, sekarang kamu harus memulai hidup baru yang tidak mudah. Sejak perusahaan Joja datang ke kota, seluruh keadaan berubah. Kota yang dulunya menjadi pusat aktivitas sekarang telah berantakan.

Dapatkah kamu mengubah lahan pertanian tua menjadi lebih subur dan mengembalikan Stardew Valley ke masa jayanya?

  • RAM: 2GB
  • Memori kosong: 500MB

Cat Goes Fishing

Game pc offline ringan - Cat Goes Fishing
Cat Goes Fishing. Source: Steam

Rekomendasi game PC offline ringan selanjutnya adalah Cat Goes Fishing. Sesuai dengan namanya, di sini kamu akan bermain sebagai seekor kucing yang ahli memancing ikan.

Kamu akan memulai petualanganmu di sebuah pulau dengan sebuah tongkat pancing sederhana. Semakin kamu berprogres dalam permainan, akan ada banyak tongkat pancing dan perahu yang bisa kamu buka.

Ada beragam ikan dengan perilaku dan bentuk unik yang bisa kamu dapatkan saat memancing. Dapatkah kamu menjadi kucing yang ahli menangkap ikan?

  • RAM: 1GB
  • Memori kosong: 15MB

Stronghold Crusader HD

Game pc offline ringan - Stronghold Crusader HD
Stronghold Crusader HD. Source: Steam

Untuk kamu para penggemar game perang jadul di PC, pasti sudah pernah mendengar tentang seri Stronghold Crusader. Game bergenre perang dan pembangunan kota ini kembali merilis sebuah sekuel berjudul Stronghold Crusader HD pada tahun 2002.

Dua seri game sebelumnya, yaitu Stronghold Crusader dan Stronghold Crusader Extreme ada dalam game Stronghold Crusader HD.

Game ini memiliki beberapa peningkatan dari versi sebelumnya, seperti jumlah maksimal unit prajurit yang awalnya dari 1.000 orang menjadi 10.000 orang. Terdapat juga beberapa unit baru dengan keterampilan unik seperti pemanah kuda dan ninja.

Sama seperti game pendahulunya, kamu akan bermain sebagai salah satu raja dari prajurit Crusader atau Saladin. Kamu akan membangun kerajaanmu agar menjadi lebih kuat dan menyerang kerajaan lawan untuk berebut kekuasaan.

Dengan resolusi layar HD, visual yang ditampilkan oleh Stronghold Crusader HD menjadi lebih tajam dan hidup. Lebih serunya lagi, game ini ternyata tidak memakan banyak RAM dan Memori dari PC.
  • RAM: 512MB
  • Memori kosong: 850MB
Baca juga: 5 Rekomendasi Game Pertanian di Steam 2023

Rain World

Game pc offline ringan - Rain World
Rain World. Source: Steam

Terinspirasi dari kesederhanaan dan keindahan dari game klasik 16-bit, Rain World dirilis pada tahun 2017 lalu. Game bergenre survival platformer ini membutuhkan pemilihan keputusan yang cerdas baik untuk berburu mangsa atau menghindari predator.

Dalam game ini kamu akan bermain sebagai seekor kucing siput yang nomaden, predator sekaligus mangsa dalam suatu ekosistem yang rusak.

Sebagai seekor kucing siput yang kecil dan lucu, kamu harus bisa bertahan hidup dengan bersembunyi dengan cerdas daripada harus menyerang. Pelajarilah ekosistem disekitarmu dan manfaatkan mereka menjadi kekuatan.

Apakah akhirnya kamu bisa bertahan hidup di Rain World?

  • RAM: 2GB

Coffee Talk

Coffee Talk
Coffee Talk. Source: Steam

Rekomendasi game terakhir datang dari developer game asal Indonesia yaitu Toge Productions yaitu Coffee Talk. Game ini adalah sebuah simulasi membuat minuman hangat dari stok toko dan menyajikannya pada pelanggan.

Sederhana, namun disini kamu juga akan mendengarkan permasalahan dari pembeli yang datang ke tempatmu. Mulai dari alien yang ingin mempelajari kehidupan manusia hingga kisah cinta antara elf dan succubus, banyak cerita menarik dalam game ini.

Dengan grafis pixel art yang terinspirasi dari anime tahun 90-an dan dilengkapi dengan musik lo-fi dan jazz yang hangat membuat Coffee Talk cocok untuk menjadi comfort game disaat bersantai.

  • RAM: 2GB
  • Memori kosong: 600MB
Baca juga: 5 Game RPG yang Layak untuk Dibeli di Steam Summer Sale

Nah itulah rekomendasi game pc offline ringan yang bisa kamu coba mainkan. Semua game dalam daftar tersebut bisa kamu dapatkan di Steam. Setelah melihat sedikit sinopsis diatas, mana nih game yang tertarik untuk kamu coba?

Game di atas bisa kamu dapatkan dengan mudah di Steam. Untuk game berbayar, kamu harus membelinya menggunakan saldo di Steam Wallet kamu.

Untuk beli Saldo Steam Wallet murah dan cepat, langsung aja ke VCGamers Marketplace sekarang juga!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

[wpforms id="61130"]