Coba Fitur PvP Elden Ring, Perang Barbar Saat Coop Bersama Teman!

Fitur Player vs Player atau disingkat sebagai PvP Elden Ring sangat unik dibandingkan PvP yang biasa kamu temui di game lain.

Elden Ring adalah game Rogue-like yang dihadirkan dari oleh pengembang game terkenal FromSoftware.

Studio yang terkenal karena seri game Sekiro, Bloodborne, Dark Souls, dan Demon’s Souls ini merilis Elden Ring pada Februari 2022 lalu.

Banyak elemen dan fitur yang menjadikan Elden Ring wajib untuk kamu coba untuk mainkan.  Selain melawan boss, kamu juga bisa adu kekuatan bersama teman-teman kamu.

Penilaian sebagai game dengan nilai terbaik di Metacritic pun bukan hanya nilai saja. 

Selain konsepnya yang unik yaitu rogue-like dengan aspek open world di dalam game-nya, elemen fitur PvP Elden Ring juga sangat unik.

Seperti apa keunikannya? Artikel ini akan membahas berbagai detail lebih lanjut mengenai PvP Elden Ring.

Baca juga : Elden Ring Rilis, Banjir Respon Positif Hingga Sebutan Game Terbaik

Sepintas Cerita Elden Ring

pvp elden ring cerita elden ring
Latar Cerita Elden Ring

Elden Ring bercerita mengenai sebuah world bernama Lands Between. 

Dunia tersebut dipimpin oleh para Demigod (setengah dewa dan manusia) yang merupakan anak-anak dari Ratu Marika the Eternal. 

Setiap anak dari Ratu Marika the Eternal ini memiliki sebuah cincin yang disebut Elden Ring.

Elden Ring ini merusak para Demigod ini menjadi jahat dan berbahaya bagi dunia karena kekuatan dari Elden Ring tersebut. 

Tugas kamu sebagai pemain adalah mengumpulkan Elden Ring tersebut dengan merampas dari berbagai Demigod tadi untuk menjadi Elden Lord.

Namun pastinya untuk mendapatkan Elden Ring tersebut sangat sulit karena kamu harus melawan berbagai musuh yang tangguh.

Terlebih seperti game sebelumnya Elden Ring dari FromSoftware, setiap musuh ini sangat menantang dengan tingkatan yang sangat sulit.

Selama perjalanan cerita kamu di Elden Ring, kamu akan terlibat dengan berbagai pertarungan jarak dekat. 

Kamu pun juga akan menggunakan berbagai macam kekuatan magis yang mendukung kamu melawan musuh tersebut, namun dengan stamina yang sangat terbatas.

Baca juga : Mod Thomas Elden Ring, Hadirkan Thomas the Tank Engine Jadi Boss

Elemen yang Dihadirkan Dalam Fitur PvP Elden Ring

Keunikan Fitur elemen PvP Elden Ring akan berhubungan dengan gameplay dari cerita yang sedang kamu lewati selama bermain game ini.

PvP Elden Ring akan berhubungan dengan fitur multiplayer (Co-op) yang bisa kamu lakukan bersama teman-teman kamu.

Selain membantu kamu dalam menyelesaikan melawan musuh yang ada dalam cerita, fitur ini bisa kamu gunakan untuk PvP Elden Ring.

Terdapat 2 fitur PvP Elden Ring yang dihadirkan oleh FromSoftware yang perlu kamu coba yaitu melalui Invasi (Invasion)  dan Duels.

Baca juga : Catat! Berikut Ini 10 Game RPG Terbaik di Tahun 2022

PvP Melalui Invasi (Invasion)

pvp elden ring melalui invasion
Invasion Akan Membuat Kamu Bisa Melakukan PvP

Metode Invasi mungkin menjadi fitur PvP yang paling liar namun paling seru untuk kamu coba.

Singkatnya mode Invasi ini adalah kamu memaksa masuk world orang lain yang sedang menyelesaikan Single Player Story.

Single Player Story adalah cerita yang harus diselesaikan oleh para pemain Elden Ring untuk menamatkan cerita utama Elden Ring.

Ketika pada game lain biasanya kamu tidak bisa masuk ke world ketika orang tersebut sedang menyelesaikan cerita utama, pada Elden Ring kamu akan diberi kebebasan untuk melakukan hal tersebut.

Kamu bisa mengacaukan konsentrasi dari para pemain yang sedang menyerang musuh. Kamu bisa menyerang  pemain tersebut bersama dengan musuh yang sedang menyerang.

Kamu akan menang dari perang PvP melalui Invasi ketika Host (pemain yang world-nya kamu invasi) mati.

PvP Elden Ring melalui mode Invasi ini mempunyai beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa kamu lakukan.

Kamu hanya akan bisa menginvasi world atau dunia pemain yang mengkatifkan fungsi Co-op atau menggunakan item khusus bernama Recusant Finger.

pvp elden ring recusant finger
Recusant Finger

Level pemain biasanya harus yang sama dengan kamu atau lebih tinggi levelnya. Hal ini untuk mengurangi kecurangan sepihak dalam PvP Elden Ring.

Level upgrade senjata juga mempengaruhi dalam pemilihan matchmaking pemain yang akan melakukan PvP Elden Ring dengan kamu (world player yang dipilih secara acak).

Hal ini dilakukan agar kamu bisa melakukan PvP Elden Ring secara adil sambil menghindari pemain untuk membuat karakternya berlevel rendah, namun memiliki gear (senjata, armor, dll) yang OP dan mampu melakukan one shot kill. 

Hal yang membantu PvP Elden Ring mode Invasi ini adalah semua musuh yang ada di world orang akan tidak agresif ke kamu dan hanya agresif ke Host world tersebut.

Artinya kamu bisa menyerang pemain tersebut bersamaan dengan para musuh, menjadikan mereka sebagai kekuatan tambahan kamu.

Namun kamu harus hati-hati kepada musuh-musuh besar seperti Naga yang mempunyai AoE damage yang tinggi.

Meskipun musuh tersebut tidak akan menyerang kamu, karena area damage yang dihasilkan sangat luas, kamu akan tetap terkena damage dari serangan musuh tadi.

Baca juga : Performa Elden Ring PC Kurang, Bandai Namco Beri Klarifikasi

PvP Melalui Duel

pvp elden ring duelist furled finger
Duelist’s Furled Finger sumber: VCGamers

PvP ini melalui Duel ini akan lebih normal dibandingkan metode Invasi tadi. Kamu bisa melawan pemain seperti pada pertarungan 1 lawan 1 seperti pada umumnya PvP.

Mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana cara melakukan PvP Elden Ring metode duel ini.

Tidak ada tombol tertentu yang bisa kamu tekan di bagian menu atau apapun untuk melakukan Duel.

Kamu membutuhkan sebuah item khusus untuk melakukan PvP Elden Ring melalui Duel ini. Item tersebut bernama Duelist’s Furled Finger.

Duelist’s Furled Finger ini bisa kamu dapatkan di world. Kamu bisa menemukan item tersebut di dekat sebuah arena di bagian utara Limb Grave.

pvp elden ring lokasi menemukan furled finger
Lokasi Menemukan Duelist’s Furled Finger sumber: VCGamers

Ketika kamu menggunakan item ini, akan muncul tanda merah di tanah. 

Bagi pemain lain yang mengaktifkan fitur Online, berada di sekitar area tersebut, dan juga level karakter tidak berbeda jauh dengan kamu bisa di summon oleh pemain tersebut untuk melakukan PvP Elden Ring.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!