Performa Elden Ring PC Kurang, Bandai Namco Beri Klarifikasi

Elden Ring PC performa kurang baik

Elden Ring baru saja rilis beberapa hari lalu. Dibalik semua pujian dan prestasi yang didapatkan, kekecewaan dan kritika mulai bermunculan dari para pemain, terutama dari pemain Elden Ring PC.

Berbagai masalah terkait performa Elden Ring PC diungkapkan oleh para pemain. Hal ini menyebabkan review untuk Elden Ring yang semula “Mostly Positive” di laman komunitas (community page) Elden Ring berubah menjadi “Mixed”.

Masukan dan komentar yang paling mengenai game soul-like ini adalah mengenai frame rate dan shuttering yang error dirasakan pemain saat bermain Elden Ring PC.

Masalah Elden Ring PC juga semakin diperparah dengan adanya masalah serupa pada Elden Ring versi konsol yang baru saja menerima update patch untuk mengatasi masalah tersebut.

Masalah Performa Elden Ring PC

Elden Ring PC bermasalah di frame rate dan shuttering
Stuttering dan Frame Rate Menjadi Masalah Utama Elden Ring

Masalah yang dirasakan pemain Elden Ring PC terdapat dua hal utama masalah frame rate dan shuttering.

Elden Ring PC yang menggunakan versi 1.02 ini memiliki sejumlah masalah yang akan mempengaruhi semua konfigurasi perangkat keras (hardware).

Hal ini berpengaruh pada semua preset pengaturan grafis. Elden Ring PC diketahui menggunakan API tingkat rendah dan game ini menggunakan DirectX 12. 

Hal ini yang mungkin menjadi masalah utama penyebab shuttering dan frame rate yang buruk.

Stuttering akan terjadi selama durasi beberapa detik. Hal ini terjadi saat adanya efek, musuh, dan area baru muncul di layar. 

Efek shuttering ini akan berkurang saat pengalaman bermain berlanjut dan musuh, area, dan efek ditinjau kembali oleh pemain, namun akan semakin terasa dampaknya saat pemain memuat (loading) area baru.

Saat berpindah dari satu area ke area berikutnya dan saat karakter melewati area juga terdapat berapa momen shuttering  terjadi.

Frame rate menjadi masalah kedua yang terjadi akibat shuttering tadi. Efek dari adanya shuttering ini mengakibatkan turunnya kualitas frame rate dari 60 fps menjadi 40 fps.

Sebuah komplain dari pemain Elden Ring PC menyimpulkan masalah terburuk dari performa ini adalah empat crash dalam dua jam pertama mereka dengan game.

Hal itu juga semakin parah karena fps yang digunakan untuk Elden Ring terbatas hanya 60 fps dan tidak terdapat toleransi dengan frame rate selain 60 fps. Tidak ada dukungan (support) untuk monitor ultrawide juga  menjadi keluhan dari pemain game soul-like RPG ini.

Baca juga : Catat! Berikut Ini 10 Game RPG Terbaik di Tahun 2022

Klarifikasi Masalah dan Permintaan Maaf Bandai Namco

elden ring pc yang bermasalah akan diperbaiki segera
Bandai Namco akan Merilis Patch untuk Memperbaiki Masalah Terkait Elden Ring PC

Pengembang game Elden Ring yaitu From Software dan perilisnya yaitu Bandai Namco menyadari adanya masalah-masalah terkait. 

Permintaan maaf telah disampaikan kedua pihak pada akun resmi media sosial Twitter Elden Ring pada 25 Februari 2022 lalu.

Surat resmi terkait permintaan maaf tersebut berjanji bahwa From Software dan Bandai Namco selaku pencipta Elden Ring akan memperbaiki terkait bug dan performa Elden Ring PC yang dirasakan pemain.

Perkembangan terkait game akan terus dilakukan oleh kedua pihak dan tanggapan saran dari pemain sangat dipersilahkan diberikan untuk Elden Ring.

Berikut ini adalah beberapa masalah yang diklarifikasi oleh Bandai Namco pada laman resminya:

  • Masalah sensitivitas mouse yang terlalu berlebih di Elden Ring PC
    • Akan diperbaiki pada patch selanjutnya dalam waktu dekat
  • Frame rate dan masalah terkait kinerja gameplay lainnya
    • Akan ada informasi terkait untuk memperbarui driver kartu grafis pemain ke versi terbaru agar kinerja yang signifikan nanti untuk game.
    • Meningkatkan gameplay sehingga dapat dimainkan dengan nyaman di berbagai konsol dan Elden Ring PC
  • Masalah Easy Anti-Cheat yang gagal diluncurkan ketika nama akun Steam yang meggunakan karakter tulisan multi-byte (misalnya, kanji).
    • Akan diperbaiki di patch selanjutnya dalam waktu dekat.
  • Masalah game yang tidak disimpan di PlayStation 5
    • Konsol PS5 secara tak terduga dimatikan saat bermain game atau dalam mode istirahat (break mode), data yang tersimpan mungkin tidak disimpan dengan benar.
    • Penyebab masalah telah ditemukan dan pihak pengembang sedang mengerjakan patch untuk memperbaiki. Selagi menunggu, pemain dipersilahkan untuk menyimpan progress secara manual dengan keluar dari game secara teratur.
    • Data game akan tersimpan dengan benar jika pemain keluar dari permainan dengan membuka menu sistem menggunakan pilihan OPTION dan memilih “Quit Game,” (keluar dari game), kemudian tekan tombol HOME untuk kembali ke layar beranda PS5 dan keluar dari aplikasi game.

Demikian berbagai masalah dan konfirmasi terkait performa Elden Ring, khususnya Elden Ring PC. Pemain berharap adanya patch selanjutnya semua masalah yang ada bisa cepat teratasi.

Baca juga : Elden Ring Rilis, Banjir Respon Positif Hingga Sebutan Game Terbaik

Meski dengan semua permasalahannya, Elden Ring tetap pantas mendapatkan pujian mengenai game-nya yang sangat bagus. 

Kabar terbaru mengatakan lebih dari 860.000 pemain telah mengunduh game ini, melebihi rekor Elden Ring yang sebelumnya diunduh 750.000 pemain setelah 2 hari perilisannya. 


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!