Apa Itu Dodge System Mobile Legends? Ini Penjelasannya

Dodge System Mobile Legends

Moonton sebagai pengembang game menghadirkan sebuah sistem bernama Dodge System Mobile Legends. Seperti apa sistem dan fungsinya? Langung saja simak ulasannya di artikel ini.

Mobile Legends merupakan sebuah game dengan genre MOBA yang melibatkan 10 pemain dengan masing-masing tim berisi 5 pemain.

Permainan dengan sistem 5v5 ini tentu saja akan mengedepankan kerjasama tim untuk bisa meraih sebuah kemenangan.

Kerjasama tersebut tidak hanya dari segi gameplay saat berada di arena, tetapi juga dari segi komposisi pemilihan hero Mobile Legends yang harus seimbang.

Pasalnya, seluruh pemain di tim nantinya akan memiliki dan menjalankan tugasnya masing-masing sesuai dengan role-nya.

Untuk menciptakan pengalaman bermain yang positif dan membantu mendapatkan komposisi hero yang tepat, hadirlah sistem bernama Dodge System Mobile Legends.

Baca juga: Hero Counter Johnson Terkuat di Season 25 Mobile Legends

Dodge System Mobile Legends

Dodge System Mobile Legends
Ilustrasi Draft Pick Mobile Legends

Saat Draft Pick, sebuah tim tentu saja perlu untuk memilih hero dengan role yang sesuai dan pastinya menghasilkan komposisi hero yang seimbang.

Sayangnya, tidak semua tim memperhatikan keseimbangan komposisi hero apalagi jika kalian sedang bermain sendirian atau solo. Hal ini pastinya cukup sulit untuk kalian dapatkan.

Tak bisa dipungkiri jika setiap pemain memiliki egonya sendiri dengan menginginkan hero favoritnya untuk turun di pertandingan terutama saat push rank.

Jika hero pilihannya itu ternyata sudah ada pemain lain yang memilihnya, bisa saja pemain tersebut malah memilih hero yang tidak sesuai dengan kebutuhan tim.

Dengan kata lain, pemain tersebut memilih hero secara sembarang dan tidak memperhatikan kebutuhan tim yang akhirnya membuat komposisi tidak seimbang.

Jika hal ini berlanjut ke pertandingan, terutana pemain solo, duo, atau trio pasti akan kesulitan untuk menang karena ada pemain yang memilih hero secara sembarang. Tak cuma itu saja, kalian juga akan kesulitan untuk push rank karena komposisi yang tidak seimbang itu.

Untuk mengatasi hal tersebut, Moonton selaku developer menghadirkan Dodge System Mobile Legends atau Dodge Mechanism yang ada pada saat Draft Pick.

Sistem ini sebenarnya bukanlah sistem baru karena Dodge Mechanism ini fitur yang sudah cukup umum pada game dengan genre MOBA yang lain. Jadi, kalian tentu saja tidak akan asing dengan sistem ini jika sebelumnya sudah pernah main game MOBA.

Beberapa game yang sudah mengadaptasi Dodge System ini adalah Honor of King dan League of Legends.

Dodge System adalah sebuah sistem yang bisa membuat pemain untuk membatalkan sebuah pertandingan tanpa khawatir kehilangan poin atau bintang.

Hal ini dilakukan tentunya karena dalam sebuah tim ada pemain lain yang memilih hero saat Draft Pick tidak sesuai dan membuat komposisi hero di tim tidak bagus.

Baca juga: Simak! Ini 5 Pawang Lord Mobile Legends di Regular Season MPL ID S9

Fungsi Dodge System

Dodge System Mobile Legends
Dodge System

Seperti yang kalian ketahui, Mobile Legends adalah game MOBA 5v5 dimana setiap pemainnya bermain sesuai dengan role-nya masing-masing.

Sangat penting bagi sebuah tim untuk menjalankan strategi yang tepat agar bisa meraih kemenangan. Strategi tersebut tidak berjalan ketika memulai pertandingan saja, tetapi sebuah tim tentunya sudah menyusunnya sebelum pertandingan khususnya pada saat Draft Pick.

Dodge System Mobile Legends sendiri memiliki fungsi untuk membatalkan pertandingan jika komposisi hero tim pada saat Draft Pick tak sesuai.

Sebagai contoh, di sebuah tim ada pemain yang melakukan pick 3 hero Mage dan 2 Marksman. Susunan hero seperti itu pastinya tidak sesuai karena role-nya tidak seimbang dan akan kesulitan meraih kemenangan.

Jadi, jika kalian bermain solo rank dan bertemu dengan pemain yang sengaja trolling dengan memilih hero sembarangan, kalian bisa meninggalkan Draft Pick tersebut. Namun tenang saja, dengan sistem ini kalian tidak akan kehilangan bintang karena membatalkan pertandingan.

Kehadiran fitur ini pastinya sangat membantu tim dan para pemain solo khususnya ketika sedang push rank. Selain itu, sistem ini juga memudahkan dan membantu pemain untuk bisa nge-push hingga ke rank Mythic.

Namun, Dodge System Mobile Legends ini tidak akan muncul untuk tim yang telah memiliki 5 pemain sebelum pertandingan . Dengan kata lain, kalian yang mabar dengan skuad 5 orang tidak akan muncul sistem ini.

Di samping itu, sistem ini juga tidak akan muncul di rank Mythic yang artinya hanya ada di pemain solo, duo, atau trio di rank Epic sampai Legend.

Baca juga: Inilah Hero MM Mobile Legends yang Punya Skill Jarak Jauh

Cara Kerja Dodge System

Dodge System Mobile Legends
Dodge System

Dodge System Mobile Legends akan muncul sebagai pemberitahuan ketika ada pemain dalam tim yang melakukan pick kepada 3 hero dengan role yang sama.

Sistem juga itu akan memberitahu kalian dengan komposisi hero seperti itu justru akan memperbesar peluang tim untuk menerima kekalahan.

Selain pemberitahuan itu, nantinya akan ada pilihan untuk menghindari pertandingan (dodge) atau tetap melanjutkan pertandingan.

Jika memilih untuk menghindari pertandingan (dodge), kalian akan langsung kembali ke Lobby Rank dan memulai ulang. Namun, melakukan dodge lebih dari satu kali akan membuat sistem melakukan ban untuk sementara waktu.

Baca juga: Hero Nerf dan Buff Mobile Legends dalam Update Patch Note 1.6.72

Nah, itu dia ulasan tentang Dodge System Mobile Legends yang berguna untuk membatalkan pertandingan jika komposisi hero tidak seimbang dan merugikan tim.

Selain itu, kalian para pemain solo juga bisa terbantu dengan sistem ini untuk bisa push rank sampai rank Mythic.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!