PES 2012, Kelanjutan dari Winning Eleven!

PES 2012

Jika sebelumnya kami sudah banyak membahas mengenai tajuk nostalgia game-game lawas di PlayStation (PS) One dan 2, kali ini pembahasan akan beranjak ke judul yang lebih spesifik yakni PES 2012 nih Vicigers!

Ketika mendengar judul game tersebut, tentu saja para gamers retro angkatan 90-an akan langsung throwback ke masa lalu mereka yang penuh kenangan indah.

Ya, kala itu demam rental PS sedang tinggi-tingginya dan menjadi salah satu moda hiburan yang banyak diminati berbagai kalangan.

Dan salah satu game yang banyak dimainkan adalah Pro Evolution Soccer, atau yang juga sering disingkat sebagai PES.

Judul ini kerap menjadi primadona dan erat diidentikkan banyak gamers tanah air sebagai game ‘template’ dari konsol PS.

Semua ini tidak terlepas dari banyaknya fans sepak bola yang kerap menuntaskan “dahaga” mereka dengan memainkan game ini.

Keinginan untuk merasakan sensasi mengontrol tim kesayangan secara langsung menjadi suatu dorongan tersendiri. Maka kehadiran PES dapat menjadi solusi yang terbaik untuk menuntaskan keinginan tersebut.

Hingga sekarang-pun, popularitas dari game ini seakan enggan untuk luntur. Banyak pecinta kulit bundar di luar sana yang masih memainkan PES hingga sekarang.

Untuk menjaga aspek keterbaharuannya, sebagian besar yang masih beredar hadir dalam bentuk MOD (modifikasi).

Nah, buat Vicigers yang mungkin sempat mengalaminya atau bahkan masih menjadi penggemar setia PES, yuk simak bahasan artikel nostalgia berikut ini!

Di sini akan coba dibahas seluk-beluk dan noktah-noktah sejarah yang berhubungan dengan franchise legendaris tersebut. Silakan disimak ya!

Baca juga: Winning Eleven 2012: Nostalgia Game Bola Lawas Seru

Sejarah Pro Evolution Soccer

Grafis Lawas PES 2012
Grafis Lawas PES 2012. Sumber: YouTube/PlayStation España

Banyak gamers pasti sudah paham mengenai PES sebagai salah satu game sepak bola terpopuler di dunia. Game ini dikembangkan dan diproduksi oleh Konami dan pertama kali dirilis pada tahun 2001.

Namun pasti belum banyak yang tahu bahwa sejarah PES sendiri telah dimulai lebih lama dari itu, yang tepatnya pada tahun 1995.

Pada tahun tersebut Konami merilis game sepak bola pertamanya dengan tajuk ‘International Superstar Soccer’ atau yang disingkat ISS.

Game ini menjadi sangat populer dan berhasil menjadi salah satu game sepak bola terbaik pada masanya. Melihat kesuksesan tersebut, Konami kemudian meluncurkan edisi ISS yang baru setiap tahun, mengikuti dinamika dari olahraga itu sendiri.

Namun melihat perkembangan pasar yang begitu fluktuatif, Konami akhirnya merilis game sepak bola baru yang dikembangkan dari instalasi ISS yang sudah-sudah. Produk mereka kali inilah yang akhirnya diberi nama Pro Evolution Soccer atau disingkat PES.

Dengan berbagai pembaharuan, game ini segera menjadi populer karena gameplay-nya yang realistis dan kontrol yang mudah digunakan.

Sebagai game dengan genre simulasi olahraga, pemain dapat merasakan bagaimana menjadi manajer tim sepak bola favorit mereka.

Meski pada awalnya PES hanya tersedia untuk konsol PS 2 dan Xbox, tingginya permintaan lantas membuat sang developer merilis adaptasi game ini ke konsol lainnya.

Beberapa di antaranya seperti PS 3, Xbox 360, PC hingga platform mobile layaknya iOS serta Android.

Namun baru pada tahun 2011, Konami mengubah nama game ini menjadi “Winning Eleven: Pro Evolution Soccer” atau “WE/PES” untuk menunjukkan bahwa game ini masih merupakan bagian dari waralaba “Winning Eleven” yang sudah dikenal sebelumnya.

Dan hingga akhirnya di tahun 2014, Konami memutuskan untuk menghapus nama “Winning Eleven” dan hanya menyebutnya sebagai ‘PES’.

Baca juga: Cheat Harvest Moon Back To Nature, Saatnya Nostalgia!

PES 2012 Sebagai Mahakarya Konami

Konami Developer PES 2012
Konami Developer PES 2012. Sumber: YouTube/PlayStation España

Yang juga tidak kalah pentingnya adalah keberadaan persaingan yang terjadi antara PES dengan game bola besutan EA dengan judul FIFA.

Pro-kontra untuk menentukan yang terbaik-pun acap kali terlihat. Keunggulan FIFA sering kali diunggulkan dari fitur-fiturnya yang lebih lengkap, seperti keberadaan mode karir dan Ultimate Team. Inilah yang akhirnya menuntut PES untuk mengubah banyak bagiannya pada instalasi di tahun 2012.

PES 2012 menawarkan kontrol yang lebih baik dan responsif daripada seri sebelumnya. Kontrol ini memungkinkan pemain untuk memiliki lebih banyak opsi dalam mengontrol permainan, seperti mempertahankan bola, berlari dengan bola, dan mengoper  dengan akurasi tinggi.

Gameplay PES 2012
Gameplay PES 2012. Sumber: YouTube/PlayStation España

Selain itu grafis PES 2012 juga mengalami peningkatan yang signifikan. Konami menambahkan banyak detail tampilan pada unit karakter serta stadion sehingga game ini terlihat lebih realistis dan hidup. Pemain dapat merasakan atmosfer “rumput hijau” yang lebih autentik.

Tak hanya itu, penggunaan teknologi baru membuat gerakan pemain lebih halus dan alami.

Walhasil, players pun bisa dapat lebih menikmati permainan dan mengembangkan strategi yang kompleks dalam menghadapi lawan.

Inilah yang menjadikan PES 2012 menjadi salah satu instalasi PES yang paling berkesan di hati para penggemarnya.

Baca juga: Emulator PS2 Android! Pilihan Terbaik Bernostalgia

Buat kamu yang ingin Top Up Game Murah, Cepat dan Aman langsung ke VCGamers Marketplace sekarang juga!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!