Emulator PS2 Android! Pilihan Terbaik Bernostalgia

Emulator PS2 Android

Dengan semakin majunya perkembangan teknologi dewasa ini, emulator PS2 Android menjadi semakin menjamur. Platform yang awalnya datang dalam bentuk konsol, sekarang sudah dapat dimainkan via perangkat mobile.

Ini tentu tidak terlepas dari adanya kecanggihan perangkat smartphone dewasa ini. Berbekal dapur pacu dan spek dewa, gawai flagship yang kita pegang di tangan sudah bisa memainkan berbagai game yang dulunya begitu demanding.

Para gamers retro lantas memanfaatkan ini untuk bermain platform-platform lawas, salah satunya adalah PS2. Dengan berbekal emulator, game-game tersebut dapat di akses dengan lancar.

Lantas mungkin ada Vicigers yang bertanya-tanya: “Emulator itu apa sih?” Nah, biar enggak bingung lagi, yuk simak artikel VCGamers tentang emulator PS2 kali ini.

Dijamin kalian bakal lebih paham setelah membaca. Pantengin terus ya!

Baca juga: Games Playstation 2 yang Masih Laris di 2023, Apa Saja?

Bermain Game Lawas Menggunakan Emulator

Buat yang belum begitu paham atau mungkin belum pernah mencobanya, VCGamers bakal jabarin terlebih dahulu nih mengenai sejatinya emulator itu seperti apa.

Pada dasarnya, emulator adalah program yang digunakan untuk meniru atau mengemulasikan (emulate) kinerja sistem maupun perangkat keras tertentu pada perangkat lain.

Emulator digunakan untuk beberapa alasan, seperti memungkinkan pengguna untuk menjalankan perangkat lunak yang tidak tersedia pada sistem operasi tertentu, atau untuk mencoba aplikasi tanpa harus membeli perangkat keras yang sebenarnya.

Sudah menjadi suatu praktek yang umum ketika emulator dirancang untuk pengujian berbasis platform PC/desktop. Pada awalnya, keberadaan program ini sendiri berasal dari para pengembang yang ingin melihat performa konsol game garapan mereka.

Mereka perlu melakukan berbagai macam tes sebelum akhirnya diimplementasikan pada perangkat keras yang sebenarnya dan diterjunkan ke pasar. Dari sana dapat dikatakan bahwa keberadaan emulator benar-benar merupakan rahasia perusahaan.

Namun lama kelamaan rahasia tersebut pun sampai ke publik. Lambat laun keberadaannya menjadi semakin mudah diakses, dan akhirnya tersebar luas ke berbagai kalangan.

Penggunaan emulator memiliki beberapa kelemahan: kinerja emulator cenderung lebih lambat daripada perangkat keras asli, terdapat kemungkinan beberapa game atau aplikasi tak dapat berjalan dengan baik; dan, penggunaan emulator yang tidak sah atau bajakan dapat melanggar hak cipta.

Baca juga: State of Play Hadirkan Game Terbaru PlayStation

Emulator PS2 di Platform Android

Pada awalnya, rancangan penggunaan emulator sendiri dimaksudkan untuk PC. dikarenakan platform desktop tersebut umumnya lebih powerful dan mudah untuk di upgrade sesuai kebutuhan.

Namun sekarang, perangkat berbasis Android sendiri sudah terbilang mampu mengimbangi kepiawaian dari perangkat desktop kebanyakan. Wajar bila emulator akhirnya juga semakin banyak ditemukan pada perangkat ini.

Maka, berikut ini akan VCGamers tampilkan beberapa emulator PS2 android yang banyak digunakan oleh pecinta game jadul. Cekidot yah!

Baca juga: Berbagai Game yang Diumumkan di Playstation State of Play Maret 2022

DamonPS2 Pro

Damon PS2 Emulator
Damon PS2 Emulator. Sumber: VCGamers

DamonPS2 Pro adalah salah satu emulator PS2 Android terbaik yang tersedia.

Emulator ini memiliki kinerja yang sangat baik dan dapat menjalankan sebagian besar game PS2 tanpa masalah.

DamonPS2 Pro juga mendukung kontroler Bluetooth dan memiliki opsi resolusi tinggi untuk memberikan pengalaman bermain game yang lebih baik.

Play!

Play! PS2 Emulator
Play! PS2 Emulator. Sumber: VCGamers

Play! adalah emulator PS2 Android yang terbilang cukup stabil dan terus diperbarui. Meskipun belum mendukung banyak game PS2, emulator ini memiliki tampilan antarmuka (interface) yang intuitif dan mudah digunakan. Sama halnya dengan emulator sebelumnya, Play! juga mendukung kontroler Bluetooth dan opsi resolusi tinggi.

PTWOE

PTWOE PS2 Emulator
PTWOE PS2 Emulator. Sumber: VCGamers

PTWOE adalah emulator PS2 Android yang relatif baru tetapi sangat menjanjikan. Emulator ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan sebagian besar game PS2 tanpa masalah, meski beberapa di antaranya masih terdapat banyak bug dan lag.

Yang berbeda dari emulator ini adalah ketaktersediannya pada platform aplikasi resmi (Play Store/Apps Store) sehingga user harus mendownload file .apk-nya sendiri di internet.

Gold PS2 Emulator

Gold PS2 Emulator
Gold PS2 Emulator. Sumber: VCGamers

Terakhir ada Gold PS2 Emulator. Emulator PS2 untuk platform Android ini makin hari kian populer. Itu dikarenakan performanya yang cukup baik, meski merupakan aplikasi gratisan.

Ya, karena tidak tersedia pada platform aplikasi resmi, aplikasi ini cocok sebagai alternatif bagi mereka yang tidak memiliki akses ke Play Store maupun Apps Store.

Baca juga: Simak! 5 Game PlayStation yang Dirumorkan Akan Rilis di PC Tahun Ini

Itu dia pembahasan mengenai emulator PS2 Android versi VCGamers. Yang perlu di catat adalah bahwa ini semua hanya sekedar untuk menambah informasi semata.

Kami tidak menganjurkan Vicigers untuk memakainnya, karena penggunaan emulator sangat identik dengan pelanggaran hak cipta dan pembajakan.

Selalu bermain game dengan cara yang legal ya! Happy gaming!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!