Persamaan Palworld Dengan Pokemon, Jadi Mirip Banget!

Persamaan Palworld Dengan Pokemon

Tentu ada banyak Vicigers di sini yang bertanya-tanya ada berapa banyak sih persamaan Palworld dengan Pokemon?

Yap, game dengan genre penjinak monster (Monster Tamer) yang satu ini memang sedang ramai diperbincangkan dimana-mana dikarenakan gebrakannya yang tidak kaleng-kaleng!

Nah, tanpa banyak basa-basi langsung saja kita bahas persamaan dari keduanya. Khusus untuk bahasan artikel kali ini, yang akan dibicarakan adalah persamaan masing-masing monster-nya (Pal vs. Pokemon) saja.

Nintendo sendiri sudah tampak yakin bahwa akan menemukan pelanggaran hak cipta. Disitulah mereka memutuskan untuk melakukan investigasi.

Namun melalui artikel ini juga bisa kok kita mencari persamaannya sendiri! Yuk simak ulasannya berikut ini!

Baca juga: 5 Pseudo Legendaries Terkuat di Game Pokemon!

Persamaan Palworld dengan Pokemon: Pal “Terinspirasi” Pokemon

Persamaan Palworld Dengan Pokemon
Foxparks Seperti Charmender dan Vulpix. Sumber: YouTube (IGN)

Pada grup ini, ada beberapa Pal yang terinspirasi dari Pokemon. Meski terdapat beberapa kemiripan, namun mereka memiliki desain originalnya sendiri dan hanya dapat dikatakan sebagai ‘mirip’.

Ini menjadikan grup ini terkesan tidak melanggar hak cipta apapun. Beberapa Pal dan Pokemon yang mirip di sini seperti Sparkit yang tampak mirip dengan Pikachu, sang tikus listrik.

Ada juga Foxparks yang menyerupai Vulpix namun dengan ekor yang berapi, persis seperti Charmander. Lalu tidak lupa Pengullet, yang cukup mirip dengan salah satu Starter Sinnnoh: Piplup.

Baca juga: Cara Leveling di Palworld dengan Cepat!

Pal yang “Meminjam” Atribut Pokemon

Wajah Mozzarina Mirip Snorlax
Wajah Mozzarina Mirip Snorlax. Sumber: YouTube (IGN)

Masuk ke kategori kedua adalah grup Pal yang tampak “meminjam” beberapa atribut dari Pokemon. Pada kategori ini, tampak mulai muncul gejala-gejala plagiasi pada game besutan developer Pocket Pair ini.

Sebagai contoh, lihat saja wajah Mozzarina yang begitu mirip dengan wajah Snorlax sang Pokemon tidur! Lalu ada juga wajah dari Galarian Meowth yang ikut dicomot menjadi wajah Pal bernama Grintale.

Satu lagi wajah familiar tentu dari Pal yang tampak seperti ikan lumba-lumba bernama Dumud, dimana tampangnya seperti diambil dari Slowpoke! Wah, kenapa bisa begitu ya?

Pal yang “Menggunakan” Pernak-Pernik Pokemon

Mahkota Kingpaca Mirip Empoleon
Mahkota Kingpaca Mirip Empoleon . Sumber: YouTube (IGN)

Di kategori ketiga adalah Pal yang secara terang-terangan meminjam berbagai elemen yang dimiliki oleh banyak Pokemon. Bisa dibilang, pada kategori ini, plagiasi menjadi sebuah isu yang terlihat sangat kontras.

Beberapa contoh Pal x Pokemon yang bisa dimasukkan ke dalam kategori ini seperti Pal yang bernama Kingpaca. Ini terlihat pada bagian mahkotanya yang begitu mirip dengan milik Pokemon Empoleon! Tak hanya itu, ada juga Pal kuda listrik bernama Univolt, yang tampak memiliki bentuk yang mirip dengan Pokemon Zebra: Zebstrika!

Tidak ketinggalan juga Robinquill dengan desain yang mirip dengan Decidueye. Lalu ada juga Tocotoco (Pal) yang menggabungkan konsep dari (Pokemon) Xatu dan Toucannon.

Baca juga: Mengenal Game Pokemon Insurgence, Fans Pikachu Merapat!

Pal yang “Plagiasi” Pokemon

Pal vs. Pokemon: Grizzbolt Mirip Electabuzz
Pal vs. Pokemon: Grizzbolt Mirip Electabuzz. Sumber: YouTube (IGN)

Dan kategori selanjutnya adalah Pal yang jelas-jelas melakukan plagiasi terhadap berbagai Pokemon. Sangat sulit bagi pihak developer untuk berkilah bahwa berbagai Pal pada kategori ini tidak meng-copas franchise legendaris tersebut.

Beberapa di antaranya seperti:

  • Pal Anubis yang sangat menyerupai Pokemon Lucario;
  • Grizzbolt amat identik dengan Electabuzz;
  • Elizabee, benar-benar meminjam Sprite dari Vespiqueen;
  • Astagon sekilas tampak seperti Mega Aggron;
  • Incineram menggabungkan Zoroark dan Houndoom; dan,
  • Orserk tampak seperti Garchomp versi tipe Listrik (Electric) kombinasi Peri (Fairy).

Pal yang “Kembar” dengan Pokemon

Verdash Merupakan "Versi" Tipe Rumput (Grass) Dari Cinderace
Verdash Merupakan “Versi” Tipe Rumput (Grass) Dari Cinderace . Sumber: YouTube (IGN)

Kategori terakhir adalah Pal yang fix merupakan “kembaran” dari Pokemon. Di kategori ini kalian akan menemukan rupa kembar dari kedua bentuk monster, dan jangan tanyakan lagi, siapa yang menyontoh siapa!

Kalian pasti akan melihat dengan begitu familiar, Pal yang bernama Lamball seperti tanpa beda dengan Pokemon Wooloo. Pastikan juga kalian melihat Fenglope yang juga “diambil” dari Cobalion.

Dan yang paling terlihat padan adalag Jetragon yang secara gamblang diambil dari sprite Latias/Latios; serta, Verdash, Pal yang merupakan “versi” Rumput (Grass) dari Cinderace!

Baca juga: Daftar Pokemon Limited dalam Versi Scarlet, Ekslusif!

Nah itulah tadi pembahasan mengenai persamaan Palworld dengan Pokemon. Saksikan ulasan lainnya mengenai isu-isu dunia gaming, hanya di VCGamers News!

Yuk top up game favoritmu sekarang juga dengan mudah, cepat, aman, dan pastinya termurah hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!