Perbandingan Game Palworld dan Pokemon

Game Palworld

Jagat gaming saat ini sedang diramaikan dengan rilisnya game Palworld yang kontroversial! Bagaimana tidak, game monster capture yang satu ini benar-benar merevolusi konsep yang selama ini berlaku pada industri gaming lho! Buat yang penasaran, yuk simak ulasannya berikut ini!

Baca juga: Tips dan Trik Bermain Palworld Bagi Pemula, Auto GG!

Game Palworld, Seperti Apa Sih?

Pocket Pair selaku developer Palworld
Pocket Pair selaku developer Palworld. Sumber: Official Site

Jika Vicigers ada yang belum paham game yang satu ini, tandanya kalian sedang ketinggalan berita  game terhangat di pekan-pekan ini. Pasalnya, Palworld sudah menjadi perbincangan seru dimana-mana.

Game yang satu ini disebut-sebut terlihat begitu mirip dengan franchise yang amat dikenal dengan maskot tikus kuning yang bernama Pikachu tersebut, Pokemon.

Namun nilai jual utama dari Palworld adalah melalui kehadiran begitu banyak fitur yang keren dan tak ditemukan pada berbagai line-up Pokemon! Jadi, garapan ini mendapatkan yang cukup positif dari kalangan gamers!

Bayangkan, Pocket Pair selaku developer dari game ini meng-klaim bahwa game besutan mereka tersebut sudah terjual lebih dari 7 juta kopi! Mengejutkannya lagi, angka ini mereka raih hanya dalam kurun waktu lima hari perilisan!

Angka ini bahkan hampir sama dengan line-up utama terbaru Pokemon (Scarlet dan Violet), yang menyentuh 10 jtua penjualan dalam kurun waktu 3 hari! Dan ini merupakan record launching game Pokemon terbesar yang pernah diraih oleh Nintendo sepanjang sejarah!

Tentu gambaran tersebut membuat sang distributor ketar-ketir! Developer “kemarin sore” bisa hampir menyaingi record terbaik mereka hanya dengan satu line-up game – wajar bila mereka akhirnya merasa tidak terima.

Baca juga: Eeveelution: Evolusi Eevee Sang Pokemon Menggemaskan 

Membandingkan Game Palworld Dengan Pokemon

Pals dari Game Palworld bisa digunakan untuk base building
Pals dari Game Palworld bisa digunakan untuk base building. Sumber: Official Site

Nah buat yang penasaran semirip apa game Palworld berikut “twist” yang mereka sajikan, berikut adalah beberapa detailnya. Siapa tahu, setelah ini kalian juga ikut penasaran kan!

Monster yang Disebut Mirip

Tentu kemiripan yang paling menonjol adalah keberadaan monster-monster yang disebut dengan ‘Pals’. Berbagai monster ini juga dapat diadu selayaknya game Pokemon!

Namun dari sekian banyak desain dari Pals, sebagian besar di antaranya disebut mirip sekali dengan desain banyak Pokemon yang sudah lebih dahulu dirilis! Wajar bila akhirnya banyak yang yakin ini versi rip-off-nya!

Real-Time Battle Alih-Alih Turn Based

Tak hanya itu, cara battle yang dimiliki game ini juga bersifat real-time. Fitur ini sangat berbeda dengan Pokemon yang berbasis turn-based.

Walhasil, sistem battle milik Palworld dianggap oleh banyak orang jadi lebih seru. Pokemon besutan Nintendo seakan enggan memberikan gebrakan yang diluar rumus mereka.

Bisa Farming, Enslaving, dan Lain-lain

Berbeda dengan universe Pokemon, pemain tidak hanya ditugaskan untuk mengoleksi Pals dan “menyabungkannya” di dalam arena. Pals juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan lain!

Beberapa yang bisa dilakukan player dengan Pals-nya seperti membuat pasukan untuk berperang, dikumpulkan untuk keperluan farming, dan bahkan dapat “diperbudak” untuk membangun markas!

Simulasi Menjadi Tim Rival

Vicigers pasti sudah familiar dengan tim-tim rival yang umumnya menjadi tokoh antagonis di dalam game Pokemon (seperti Team Rocket, Tim Magma & Aqua, dan setereusnya).

Nah bisa dibilang, Palworld memberikan kesempatan bagi player untuk merasakan pengalaman menjadi tim-tim tersebut!

Nintendo Mulai Gerah

Nah melihat gambaran tersebut, wajar bila Nintendo akhirnya mulai gerah dengan kiprah dari Palworld. Ini terlihat dari perkembangan terakhir dimana Nintendo akan mengecek game Palworld secara menyeluruh.

Hal tersebut dilakukan pihak Nintendo, kalau-kalau didapati adanya pelanggaran hak cipta yang perlu dipertanggungjawabkan. Wah, ini sih pasti bakal ramai dong!

Pals juga bisa untuk farming
Pals juga bisa untuk farming. Sumber: Official Site
Baca juga: The Pokémon Company Umumkan Proyek Pikachu’s Indonesia Journey 2024

Itulah tadi pembahasan mengenai game Palworld. Buat kamu yang mau top up game murah dan cepat, langsung aja ke VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

[wpforms id="61130"]