Ninja Legends Hadir! Yuk Nostalgia Bermain Ninja Saga!

Ninja Legends

Emagist Entertainment Limited menghadirkan game Ninja Legends sebagai suksesor dari game terkenal Ninja Saga. Game ini tentu mendapat sambutan yang meriah dari para pemain Ninja Saga.

Ninja Saga merupakan game yang cukup populer di kalangan pemain RPG game. Game yang bekerja sama dengan Facebook ini merupakan video game RPG kasual dengan sistem turn-based atau giliran bergantian.

Game Ninja Saga ini menghadirkan permainan dimana kamu akan berperan sebagai Ninja. Kamu akan diberi kebebasan untuk membuat dan menyesuaikan karakter Ninja yang kamu mainkan.

Ninja yang sudah kamu buat bisa kamu latih menjadi Ninja yang kuat dengan melakukan berbagai macam pelatihan dengan lebih dari 1.000+ Jutsu dan Misi.

Kamu juga dapat menggunakan berbagai varian senjata. Game populer ini juga menyediakan fitur Tantangan pertempuran PvP real time jadi kamu bisa menantang, melawan, dan bertarung kekuatan bersama teman-temanmu.

Hal menarik lainnya dari Ninja Saga adalah kamu bisa memiliki hewan peliharaan dan kamu bisa membentuk atau terdaftar dalam klan bersama teman-teman sesama pemain.

Baca juga : Catat! Berikut Ini 10 Game RPG Terbaik di Tahun 2022

Pecinta game ini sempat bersedih akibat penutupan layanan game ini di Facebook setelah 10 tahun lamanya hadir. Penutupan Ninja Saga ini karena Adobe Flash tidak bisa digunakan sehingga mau tidak mau developer menutup layanannya pada Desember 2020 lalu.

Laman resmi Facebook Ninja Saga mengucapkan terima kasih dan mengumumkan, “Ninja Saga tidak akan tersedia lagi setelah 31 Desember karena memerlukan Adobe Flash, yang juga akan segera mengakhiri layanannya. Setelah tanggal tersebut, Anda tidak akan dapat mengakses permainan untuk bermain. Pembelian baik itu token, Gold, dan semua item apa pun di dalamnya akan kedaluwarsa. Anda dapat memainkan game ini hingga selesai atau cari game keren lainnya”.

Game terkenal Facebook lainnya yaitu Farmville juga telah menutup layanannya karena alasan yang sama. Perusahaan Adobe secara resmi telah menghentikan layanan Flash Player pada 31 Desember 2020. Layanan Flash Player untuk browser web dan Facebook ditutup dan mengakibatkan semua game yang membutuhkan Flash Player mau tidak mau harus menghentikan layanannya.

Peluncuran Ninja Legends

Ninja Legends dihadirkan oleh pembuat game Ninja Saga pada tahun 2021 lalu. Meskipun masih tergolong game baru dan memasuki tahap awal testing atau alpha testing, Ninja Legends dianggap mampu mengobati rasa kangen dari para pemain Ninja Saga.

Game ini dihadirkan pada perangkat PC dan smartphone Android sehingga kamu bebas bermain di device yang kamu inginkan.

PC yang bisa kamu gunakan untuk bermain minimal menggunakan OS Windows dan juga ada pilihan untuk Linux terbaru yang bisa kamu sesuaikan untuk bermain game Ninja Legends ini.

Ukuran game juga tidak terlalu besar hanya 48 MB dengan mode exe. yang bisa dikonversikan. Besar game ini cukup compact bila dibandingkan dengan RPG game lainnya. Pada Android, Ninja Legends juga termasuk kecil file nya hanya 51 MB dengan mode Apk.

Ninja Saga sayangnya belum dihadirkan secara resmi di Google Play Store mengingat game ini baru saja dirilis Desember 2021. Mungkin pada waktu kedepan, Ninja Legends bisa kamu download di Google Play Store. Saat ini Ninja Legends bisa kamu download di website resmi Play Ninja Legends.

Video Alpha Testing dari Ninja Legends diunggah di laman Youtube Ninja Legends pada November 2021 lalu. Kamu bisa tonton video Alpha Testing Ninja Legends disini.

Review Game Ninja Legends

Sambutan baik didapatkan oleh dari para pemain Ninja Saga terdahulu. Pemain dari sebelum perilisannya berkespektasi permainan ini akan sama persis dengan Ninja Saga.

Dari segi gameplay tidak ada perbedaan yang signifikan antara Ninja Legends dengan Ninja Saga. Namun, kamu akan menemukan sedikit perbedaan dari halaman awal atau interface game.

Ninja Legends Interface

Kamu akan diminta untuk registrasi dan membuat akun game. Kamu cukup memasukan username, email, dan password. Setelahnya berhasil, kamu akan login ke dalam game dengan menggunakan username.

Ninja Legends selanjutnya akan meminta kamu untuk membuat karaktermu. Terdapat 6 slot pembuatan karakter yang bisa kamu gunakan untuk membuat karakter sepuasmu dengan pilihan gender, model rambut, dan elemen yang juga dihadirkan di game ini.

ninja legends kustom karakter
Kustom Karakter

Setelah kamu selesai membuat karaktermu, kamu akan masuk ke halaman utama dari Ninja Legends. Halaman utamanya pun tidak berbeda jauh.

Ninja Legends akan mendapat hadiah atau Welcome Gift berupa 100 token, senjata Yami Kanesada, Wind Sharin, Wind Ninja Outfit, dan Wind Warrior Style. Hadiah ini cukup bagus untuk meningkatkan kekuatan karaktermu di level awal permainan.

Welcome Gift

Hadiah kompensasi (Compensation GIft) juga bisa kamu dapatkan apabila kamu menyukai dan tergabung dalam sosial media seperti Discord, Facebook Page, dan subscribe Youtube dari Ninja Legends.

Terdapat berbagai pilihan fitur yang bisa kamu mainkan untuk meningkatkan level karakter. Pada awal permainan, kamu bisa menjelajahi berbagai fitur berikut ini untuk memulai perjalanan karaktermu sebagai Ninja:

  • Mission Room
  • Hunting House
  • Academy
  • Shop
  • Battle
  • Recruit
  • Pet

Mission Room akan berfungsi untuk kamu mengerjakan misi. Misi yang kamu kerjakan dapat meningkatkan level karakter.

Terdapat tingkat kesulitan dari berbagai Grade dan bisa kamu buka apabila level karakter sudah tinggi. Kamu baru bisa mengerjakan misi Grade C ketika bermain dengan total 20 level yang harus diselesaikan dengan tingkatan kesulitan yang berbeda.

ninja legends mission room
Mission Room Ninja Legends

Elemen seperti air, api, tanah, dan angin bisa kamu pelajari di Academy. Kamu membutuhkan biaya berupa Gold dan level yang cukup untuk belajar berbagai jenis Jutsu dan elemen yang akan menguatkan karaktermu.

Pada level 1 dan awal kamu hanya bisa belajar skill elemen angin dan elemen awal yang kamu pilih saat pembuatan awal karakter. Skill ini kamu harus gunakan secara manual dari pengaturan skill.

Recruit dapat kamu gunakan untuk rekrut teman tim kamu. Perekrutan ini akan membutuhkan token dimulai dari sekitar 2500 untuk satu karakter.

Fungsi Shop kamu gunakan untuk membeli keperluan seperti senjata, kostum, model rambut, dan lain sebagainya dengan menggunakan token.

Fungsi Clan, Hunting House, Pet, dan Battle baru akan terbuka setelah level karakter kamu mainkan naik ke level 10.

Kekurangan Game Ninja Legends

ninja legends gameplay
Ninja Legends Gameplay

Disamping kelebihan dan kemiripannya dengan Ninja Saga, game Ninja Legends ini memiliki beberapa kekurangan.

Kekurangan dari game ini yang paling cukup mengganggu adalah durasi atau waktu yang kamu butuhkan untuk meningkatkan setiap level agak cukup lama.

Setidaknya, kamu membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 menit per misi. Cukup lama bila dibandingkan game Ninja Saga sebelumnya. Apabila kamu ingin memainkan dan meningkatkan level karaktermu, kamu harus menyediakan waktu yang cukup banyak untuk bermain.

Ninja Legends menggunakan sistem game online namun meskipun smartphone atau PC kamu sudah tersambung dengan internet dan spek sudah memenuhi, waktu dari loading game ini cukup lama.

Selain itu, token belum bisa kamu beli secara bebas dengan cara pembelian terbatas. Kekurangan ini diakibatkan Ninja Legends belum bergabung dengan situs resmi seperti Google Play Store.

Untuk mendapatkan Gold atau uang juga sangat sulit dan terbatas dari misi saja untuk pemain awal. Saat ini pun kamu juga tidak bisa bermain dengan temanmu yang lain.

Semua kekurangan ini sebenarnya tidak terlalu signifikan tetapi tentu akan mempengaruhi pengalaman bermain game Ninja Legends.

Hal terkait kekurangan tersebut dirasa cukup wajar mengingat game ini masih dalam perkembangan awal. Ninja Legends tentu masih bisa berkembang menjadi game yang lebih baik untuk waktu kedepan dengan meningkatkan performa dan kualitas game-nya.

Ninja Legends baru dirilis 3 bulan ke belakang dan baru saja memasuki update versi 8.0 yang bisa kamu mainkan. Terdapat beberapa event spesial Valentine dan beberapa update yang meningkatkan kualitas game Ninja Legends ini yaitu:

  • Perang Klan
  • Acara Hari Valentine telah dimulai
  • Batas level telah ditingkatkan menjadi 30
ninja legends event valentine
Event Valentine 2022

Secara keseluruhan game Ninja Legends ini mungkin tidak sebaik game RPG lainnya yang telah sangat berkembang dari segi gameplay dan juga kualitas grafis game tersebut yang masih cukup retro bila dibandingkan dengan game lainnya. Namun, Ninja Legends tentu sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin bernostalgia memainkan Ninja Saga.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Komentar

  1. Old Player roast Rei GM

    Ninja Soon dulu
    skrg Ninja Scam
    wkwkwk