Mengenal Karakter Kung Lao Mortal Kombat Lintas Generasi!

Kung Lao di Mortal Kombat

Karakter Kung Lao bisa dibilang menjadi salah satu maskot dari Game Mortal Kombat (MK). Yap, sebagai salah satu protagonis yang diperkenalkan, semua penikmat game ini tentu kenal dengan sang fighter! Yuk kenalan lebih jauh dengan karakternya!

Baca juga: 7 Karakter Mortal Kombat Terkuat, Ada Favoritmu?

Kung Lao Mortal Kombat Game Lintas Generasi

Sepanjang sejarah industri gaming modern, franchise game fighting ini adalah salah satu yang termahsyur dan bertahan lama.

Pertama kali rilis pada tahun 1992 untuk platform arcade (di Indonesia lebih dikenal dengan istilah mesin ‘ding dong’), MK mampu bertahan hingga kurang lebih 31 tahun lamanya!

Tentu seiring umurnya yang sudah menyentuh 3 dekade lebih tersebut, ada begitu banyak varian dan sekuel yang dirilis oleh Midway Games selaku developer dari lineup ini. Dan di kesemuanya, Kung Lao selalu hadir menjadi bagian utuh dari waralaba ini.

Dari semua titel MK yang ada, ciri khas dari Kung Lao adalah apparel unik yang sekaligus menjadi senjata utamanya: topi ‘caping’ dengan pinggiran yang dilengkapi bilah pisau tajam! Nah berikut adalah beberapa tampilan dari Kung Lao di lintas generasi Mortal Kombat:

Kung Lao di Mortal Kombat II (1993)

Versi Mortal Kombat II (1992)
Versi Mortal Kombat II (1992) . Sumber: Official Site

Meski Kung Lao termasuk dalam karakter “lama”, namun kemunculan pertama kalinya barulah mengambil debut di sekuel Mortal Kombat II (1993).

Sedangkan pada game pertama (1992), nama Kung Lao hanya sebatas disebutkan dalam progresi jalan cerita saja.

Pada lineup ini, penampilan Kung Lao diperkenalkan sebagai sosok pemuda dari ras Asia berbadan atletis.

Ia menggunakan pakaian inner ‘Biksu Shaolin’ berwarna dominan biru dengan outer hitam berhiaskan Aksara Mandarin merah: yang bila diartikan, memiliki makna ‘Perang’.

Setelan ini juga dilengkapi sepatu boots, manset lengan, serta tidak lupa, topi ‘caping’ berpisau andalannya yang berwarna senada dengan outfitnya di atas.

Penggambaran ini ternyata begitu ikonik dan membekas di hati penikmat game ini, hingga akhirnya Kung Lao menjadi karakter “wajib” di berbagai lineup MK.

Kung Lao di Mortal Kombat III (1995)

Versi Mortal Kombat III (1995)
Versi Mortal Kombat III (1995). Sumber: Official Site

Keberhasilan seri MK II yang merambah dari platform arcade menuju home-port sistem (konsol rumahan) turut membuat “meledakkan” popularitas karakter ini! Walhasil, Midway tidak melewatkan kehadirannya pada sekuel yang ketiga ini.

Meski begitu, agar terlihat lebih segar, Kung Lao mendapatkan sedikit perubahan tampilan. Outer ‘Aksara Mandarin’-nya digantikan dengan atasan sejenis tank top yang agak terbuka. Perawakannya juga dibuat lebih slim dengan fisik yang tidak se-berotot sosok debutnya.

Selain itu, inner ‘Biksu Shaolin’ miliknya juga dihilangkan. Gantinya, ia menggunakan celana berwarna kuning dengan sabuk kain berwarna merah: identik digunakan sebagai pakaian-pakaian para Pendekar Kung Fu.

Mortal Kombat Deadly Alliance (2002)

Mortal Kombat Deadly Alliance (2002)
Mortal Kombat Deadly Alliance (2002). Sumber: Official Site

Tampilan Kung Lao di MK II itu terus dipertahankan Midway pada beberapa sekuel ke depan. Barulah pada Mortal Kombat Deadly Alliance yang rilis 2002 di platform konsol generasi keenam, Kung Lao akhirnya mendapatkan tampilan baru.

Sang karakter menggunakan apparel yang kental dengan estetika oriental bergaya ‘Shanghai’: atasan biru lengan panjang dan bawahan putih, yang diikat dengan sabuk kain berwarna merah. Tidak lupa beberapa ornamen hitam (seperti gelang dan sepatu boots) turut melengkapi tampilan ini.

Namun yang unik adalah keberadaan topi ‘caping’ miliknya yang sekarang lebih sering ia lepas dan gantungkan di punggung. Walhasil, rambut panjang sang pendekar yang dikuncir ‘kuda’ terlihat menonjol dan ikonik!

Mortal Kombat Shaolin Monks (2005)

Mortal Kombat Shaolin Monks (2005)
Mortal Kombat Shaolin Monks (2005). Sumber: Official Site

Bisa dibilang titel Shaolin Monks yang rilis pada tahun 2005 ini merupakan puncak popularitas game Mortal Kombat.

Keputusan Midway untuk mengubah genre MK (yang terbiasa fighting) menjadi adventure co-op amatlah digandrungi penikmat game dari berbagai kalangan saat itu.

Keberhasilan tersebut juga tidak terlepas dari desain karakternya yang dikembalikan ke versi original.

Tampilan Kung Lao yang kembali terlihat menggunakan atasan ‘Shanghai’ tanpa lengan berwarna hitam dengan aksen keperakan, yang dipadukan celana ‘Shaolin’ biru bersabuk merah-nya.

Beberapa aksesoris (manset lengan, dekker, sepatu, dsb.) lainnya juga disenadakan dengan warna-warna di atas. Dan tentu saja, topi-nya kali ini lagi-lagi lekat bertengger di kepala sang pendekar.

Mortal Kombat 11 (2019)

Mortal Kombat 11 (2019)
Mortal Kombat 11 (2019). Sumber: Official Site

Tampilan di atas terus dipertahankan untuk sang karakter, hingga beberapa sekuel kedepannya, dengan beberapa pernak-pernik tambahan untuk penyegaran semata. Dan barulah di MK 11 (2019), si Pendekar Topi ini memiliki tampilan baru.

Perubahan ini dominan terlihat pada atasannya yang menggunakan tank top tradisional dengan perpaduan warna ‘Stripe’ merah dan biru.

Hal ini menjadi terlihat kontras kala dipadukan dengan celana 3/4 berwarna ‘Beige’ yang dikenakannya.

Ornamen yang dikenakannya kali ini tetap mempertahankan tema Kung Lao yang identik dengan pisau: hitam dan silver dan ditunjang dengan grafik yang sudah sangat mumpuni, penggambarannya di MK 11 bisa dibilang menjadi sangat pas!

Baca juga: Mortal Kombat 12 Dikonfirmasi akan Hadir Tahun Ini

Nah itulah tadi pembahasan mengenai karakter Kung Lao dari Mortal Kombat lintas generasi.

Jangan lupa, top up game dan beli produk digital murah, cepat dan aman di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!