Mengenal Game Diner Dash

Diner Dash

Diner Dash adalah video game strategi dan manajemen waktu yang awalnya dikembangkan oleh Gamelab dan diterbitkan oleh PlayFirst. Saat ini, permainan ini dimiliki dan diterbitkan oleh Glu Mobile.

Diner Dash menjadi salah satu permainan yang paling laris diunduh sepanjang masa, tersedia di berbagai platform seperti PC, Mac, konsol, dan mobile.

Versi Xbox Live Arcade dari permainan ini dirilis oleh Hudson Soft pada 18 November 2009, versi PlayStation Network pada 25 November 2009, versi WiiWare pada 16 Februari 2010, di Jepang, serta Eropa pada 26 Maret 2010, dan Amerika Utara pada 29 Maret 2010. Namun, versi ini tidak lagi tersedia di layanan WiiWare.

Diner Dash kemudian menjadi permainan seluler ketika diporting ke ponsel oleh Glu Mobile, diberi rilis ritel, dan dapat diunduh melalui dukungan iklan 100%. Game ini juga telah dibuat untuk platform PlayStation Portable, Nintendo DS, dan iOS.

“Diner Dash” juga digunakan untuk merujuk pada waralaba Diner Dash, yang telah melahirkan banyak sekuel. Diner Dash 2: Restaurant Rescue dirilis pada awal 2006, Diner Dash: Flo on the Go dirilis pada akhir 2006, Diner Dash: Hometown Hero dirilis pada akhir 2007, Diner Dash 5: BOOM! dirilis pada awal 2010, Diner Dash pertama yang berbasis free-to-play, diluncurkan pada akhir 2014, dan installment terbaru, Diner Dash Adventures, dirilis pada tahun 2019.

Baca juga: 5 Daftar Game PS1 untuk Android Terbaik Sepanjang Masa!

Alur Cerita Game

Diner Dash
Alur Cerita Game. Source: Play Store

Flo adalah pekerja keras di sebuah perusahaan besar di Dinertown. Dia lelah melakukan semua pekerjaan dan merasa tidak puas. Flo memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya, berharap bisa bekerja di tempat lain.

Dia menemukan sebuah diner tua yang usang, yang kemudian dibelinya. Flo harus menghasilkan cukup uang untuk memperbaiki diner tersebut. Setelah mengumpulkan lebih banyak uang, dia membuka restoran baru bernama Flo’s Tiki Palace.

Setelah cukup berhasil di sana, Flo kemudian membuka diner tepi laut bernama Go with the Flo Fine Seafood Dining. Setelah selesai dengan diner tepi laut, dia membuka restoran yang lebih mewah bernama Chez Flo’s.

Setelah mendirikan banyak restoran, seorang dewi India memberikan Flo bentuk baru dan memungkinkannya untuk bekerja di restoran India yang berlokasi di atas Dinertown. Setelah membuktikan nilai dirinya, Flo melangkah ke arahnya sendiri dan siap membantu pekerja keras lain di perusahaan mendirikan diner mereka sendiri.

Baca juga: Rekomendasi 15 Game Android Offline Terbaik 2024

Gameplay Diner Dash

Gameplay
Gameplay Diner Dash. Source: Play Store

Gameplay game ini berpusat pada melayani pelanggan untuk mengumpulkan sebanyak mungkin uang. Flo dapat dipindahkan di sekitar restoran untuk menyelesaikan tugas-tugas. Saat pelanggan tiba di restoran, pemain harus menyeret dan meletakkannya di atas meja, di mana mereka duduk dan membaca menu.

Kemudian pemain harus memandu Flo ke meja untuk menerima pesanan mereka, yang harus dibawa ke hatch layanan. Setelah koki menyiapkan makanan, Flo harus mengantarkan makanan tersebut. Ketika pelanggan selesai makan, mereka harus diberi tagihan, pada saat itu pelanggan meninggalkan tip dan piring mereka di atas meja, meninggalkan restoran.

Piring harus dibersihkan oleh Flo sebelum set pelanggan berikutnya dapat menggunakan meja. Setiap tindakan yang berhasil menghasilkan poin bagi pemain, melakukan tindakan yang sama beberapa kali berturut-turut menghasilkan bonus rantai bagi pemain, yang terputus begitu tindakan yang berbeda dilakukan.

Pelanggan memiliki serangkaian hati di atas kepala mereka yang menunjukkan mood mereka. Semakin lama pelanggan terpaksa menunggu, semakin banyak hati yang dia atau dia kehilangan. Setiap jenis pelanggan memiliki tingkat kesabaran dan kebiasaan memberi tip yang berbeda.

Flo dapat melakukan berbagai tindakan, seperti berbicara dengan pelanggan atau memberi mereka minuman, untuk menghidupkan kembali hati-hati ini. Ketika pelanggan kehilangan semua hati mereka, mereka meninggalkan restoran, menghabiskan poin pemain.

Tujuan dari suatu level adalah untuk mendapatkan sejumlah poin tertentu. Ada juga total poin ahli untuk pemain lanjutan yang harus dicapai.

Game ini memiliki dua mode, yaitu Mode Karir, yang mengikuti kisah Flo, dan Endless Shift, mode survival di mana pemain harus bertahan sebanyak mungkin dalam satu level.

Baca juga: Rekomendasi 5 Game Petualangan Terbaru untuk PC

Demikian pembahasan kali ini mengenai Diner Dash, untuk artikel yang membahas anime, manga, game dan teknologi bisa ke website VCGamers News ya!

Untuk kamu yang  mau Top Up game termurah, cepat dan aman hanya di VCGamers Marketplace, ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!