5 Daftar Game PS1 untuk Android Terbaik Sepanjang Masa!

game ps1 android (1)

Seperti yang kita ketahui bahwa game saat ini semakin berkembang pesat baik game konsol PS1 hingga game mobile untuk Android atau iOS.

Bagi kamu anak Milenial atau Gen Z, mungkin sudah pernah memainkan beberapa game PS1 pada konsol PlayStation kan? Game-game ini sangat populer dimainkan oleh anak-anak pada era 90’an dan 2000-an.

Bahkan hingga saat ini, sudah banyak game PS1 yang bisa dimainkan melalui Android lho! Tentu saja hal ini menjadi kesenangan tersendiri karena memberikan kesempatan kepada pemain yang belum sempat bermain game PS1 di konsol tersebut.

Maka dari itu, pada artikel kali ini akan membahas mengenai game PlayStation 1 yang bisa dimainkan melalui smartphone Android. Kira-kira game apa saja, ya?

Baca juga: Menjelajahi Dunia Game Online

Daftar Game PS1 untuk Android Terbaik

game ps1 android (5)
All PlayStation Games (Source: Mod Ammo)

Kamu sedang mencari game PS1 tapi yang bisa dimainkan melalui Android? Langsung saja tak perlu basa basi lagi, kamu bisa melihat daftarnya di sini!

Final Fantasy VII

game ps1 android (3)
Final Fantasy VII (Source: Classic Game Room/Youtube)

Sebagai game PS1 terbaik yang bisa kamu mainkan di Android adalah Final Fantasy VII! Game ini dikembangkan dan diterbitkan oleh Square Co. Ltd pada 31 Januari 1997 di Jepang.

Final Fantasy VII adalah game berjenis Role-Playing Game (RPG) dengan elemen-elemen fantasy, petualangan dan strategi dengan mode single-player.

Sebenarnya Final Fantasy VII ini bisa dimainkan di PlayStation 1, PlayStation 4, PlayStation Portable, Nintendo Switch, iOS, Xbox One, Microsoft Windows dan Android.

Gameplay-nya menggunakan sistem pertarungan turn-based dengan elemen-elemen strategi. Nantinya, para pemain bisa mengontrol timnya dengan menggunakan kemampuan, senjata dan sihir untuk pertempuran.

Tentu saja, selama permainan nantinya karakter tersebut bisa naik level, mengakses keahlian dan senjata baru serta bisa meningkatkan skill-nya.

Selain itu juga, adanya elemen-elemen game peran klasik, salah satunya eksplorasi dunia dalam skala besar, teka-teki dan berkoordinasi dengan karakter lain.

Memiliki cerita yang sangat mendalam, menjadikan Final Fantasy VII ini sebagai salah satu game Role-Playing Game (RPG) terbaik sepanjang masa.

Tekken 3

game ps1 android (7)
Tekken 3 (Source: Romstun)

Untuk game PS1 terbaik sepanjang masa yang bisa dimainkan pada platform Android adalah Tekken 3! Game ini dikembangkan dan dirilis pada 26 Maret 1998 di Jepang oleh developer game terkenal yaitu Namco.

Gameplay-nya sendiri akan menampilkan berbagai karakter dengan gaya bertarung yang unik dan berbeda-beda. Adapun karakter baru seperti Jin Kazama, Ling Xiaoyu dan Hwoarang yang kini menjadi karakter khas di seluruh seri Tekken.

Untuk mode game-nya sendiri memiliki 5 mode yaitu:

  • Arcade Mode: Pemain bisa mengikuti alur turnamen dan menghadapi musuh sebelum bertemu dengan bos di akhir game.
  • Versus Mode: Pertempuran 1v1.
  • Survival Mode: Bertarung dengan kesehatan yang sangat terbatas.
  • Time Attack Mode: Pemain harus menyelesaikan game secepat mungkin.
  • Team Battle Mode: Pemain bisa memilih tim karakter untuk melawan satu sama lain.

Adapun 3 teknik bertarung dari Tekken 3 ini yaitu:

  • Juggling: Pemain bisa melakukan serangan berkali-kali untuk mematikan musuh.
  • Side-Stepping: Skill untuk menghindar serangan dengan bergerak ke samping.
  • Combo Moves: Kombinasi gerakan yang akan menghasilkan serangan.

Hal yang menarik dari game ini adalah memiliki grafis 3D yang memukau dan animasi yang mulus serta mode game yang memiliki banyak opsi sehingga membuat para pemainnya tidak merasa bosan.

Baca juga: 10 Game PS1 Paling Seru dan Populer, Yuk Nostalgia Dulu

Castlevania: Symphony of the Night

game ps1 android (2)
Castlevania: Symphony of the Night (Source: Wikipedia)

Sebagai game PS1 terbaik untuk Android selanjutnya datang dari developer Konami yaitu Castlevania: Symphony of the Night yang diterbitkan pada 20 Maret 1997.

Genre dari Castlevania: Symphony of the Night yaitu Action-Adventure, Role-Playing Game (RPG), Metroidvania, Fighting dan Role-Playing Action.

Castlevania: Symphony of the Night ini bisa dimainkan PlayStation 1, PlayStation 3, PlayStation4, PlayStation Portable, Android, SEGA Saturn, Xbox 360 dan iOS.

Gameplay-nya cukup seru karena menghadirkan elemen-elemen action-adventure dengan unsur game RPG, dimana para pemain bisa berpetualang di kastil sambil menyelesaikan teka-teki.

Selain itu juga, para pemain dapat meningkatkan kemampuan Alucard (karakter utama) dengan cara mengumpulkan koin dan item untuk membeli senjata, kosntum dan aksesoris lainnya.

Sesuai dengan namanya Castlevania: Symphony of the Night, ternyata diakui menjadi salah satu game yang bergenre “Metroidvania” yang memberikan unsur eksplorasi yang mendalam, kemampuan dan item untuk membuka area baru didalam game.

Metal Gear Solid

game ps1 android (4)
Metal Gear Solid (Source: Push Square)

Game PS1 terbaik yang bisa dimainkan pada platform Android adalah Metal Gear Solid yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Konami pada 3 September 1998.

Genre Metal Gear Solid ini bergenre stealth, tembak-menembak dan action-adventure, dan mode game ini adalah singleplayer.

Gameplay-nya sendiri berelemen stealth, di mana pemain harus memanfaatkan lingkungan dan menggunakan elemen stealth untuk menghindari musuh.

Selain itu juga menghadirkan cinematic experience, dimana penggunaan cutscene dan sinematik untuk menceritakan alur ceritanya sehingga akan memberikan pengalaman bermain yang mendalam.

Pertarungan dan senjatanya cukup berkualitas, dimana pada saat pertempuran menggunakan senjata seperti pistol, senapan dan elemen non-letal.

Setiap pertarungan, para pemain diwajibkan untuk mengaplikasikan keterampilan dan strategi yang berbeda-beda.

Resident Evil 2

game ps1 android (6)
Resident Evil 2 (Source: Wikipedia)

Sebagai game PS1 terbaik untuk Android adalah game besutan Capcom yang awalnya dirilis pada 21 Januari 1998 di Jepang dengan genre survival horror.

Pada gameplay-nya cukup seru karena pemain bisa memilih untuk memainkan Leon atau Claire untuk menghadapi tantangan Resident Evil 2.

Tentunya, Resident Evil 2 ini masih berunsur survival horror sebagai ciri khasnya, seperti ketersediaan sumber daya dan teka-teki yang harus diselesaikan dengan petempuran melawan musuh.

Kondisi fisik yang dimiliki oleh karakter ini akan mempengaruhi pada saat pertarungan, mereka tak bisa bergerak apabila mereka sedang terluka.

Resident Evil 2 ini akan lebih seru karena pada ending game yang berbeda, tergantung keputusan dan tindakan ketika bermain.

Selain itu juga menghadirkan atmosfir horror, dimana akan adanya suara seram, musik menggema sehingga memberikan pengalaman horror kepada para pemainnya.

Baca juga: 8 Game Balap PS 1, Nostalgia dan Recommended Banget

Segera top up game dan kebutuhan produk digital termurah, cepat dan aman hanya di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!