Menempa di Ragnarok: Aktivitas Wajib Para Blacksmith

Menempa di Ragnarok: Aktivitas wajib para Blacksmith yang sangat menguntungkan baik ketika di dalam maupun di luar game!
Menempa di Ragnarok
Menempa di Ragnarok. Sumber: VCGamers

Waralaba Massively Multiplayer Online Role Playing Game (MMORPG) yang satu ini memang sudah abadi. Sejak rilis pertamanya di tahun 2002, game ini bahkan masih mampu bertahan setelah lebih dari dua dekade lamanya! Dan pada topik kali ini akan di bahas mengenai menempa di Ragnarok.

Keberadaan set equipment dan build tertentu sudah pasti menjadi tulang punggung dari semua game bergenre MMORPG. Dan begitupun Ragnarok. Players akan dituntut untuk merangkai equipment terbaik agar karakter mereka semakin kuat dan terhindar dari sebutan ‘cacat’.

Dan jika membahas tentang item, yang paling berwenang tentu saja Blacksmith selaku job yang berurusan dengan aktivitas menempa di Ragnarok. Sebagai ‘Pandai Besi’, mereka memiliki kapasitas mumpuni dalam menciptakan berbagai equipment ciamik.

Tanpa job ini, tidak mungkin job-job lain bisa menggunakan berbagai build terbaik mereka. Bisa dibilang, keberadaan mereka amatlah krusial dan signifikan. Wajar bila akhirnya keberadaan job ini begitu populer di universe Midgard.

Nah, buat mereka yang penasaran bagaimana sih detail-detail job Blacksmith serta peran mereka dalam menempa di Ragnarok, bisa banget baca artikel VCGamers yang satu ini. Dijamin, setelah membaca ini kalian, bisa makin paham mengenai hubungan keduanya. Jadi, silahkan disimak!

Baca juga: Panduan Quest Skill Thief Platinum di Ragnarok Online

Dasar-dasar menempa di Ragnarok

Basik Menempa di Ragnarok
Basik Menempa di Ragnarok. Sumber: VCGamers

Ragnarok Online, salah satu game MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game) terkenal, menawarkan berbagai fitur menarik yang membuat para players-nya terus terlibat dalam petualangan yang seru dan menghibur.

Salah satu fitur yang mencuri perhatian adalah sistem menempa. Sistem ini merupakan suatu proses meningkatkan kekuatan senjata dan peralatan karakter dengan menggabungkan bahan-bahan khusus.

Dalam Ragnarok, ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh players untuk menempa. Proses menempa membutuhkan sejumlah Zeny (in-game currency) dan bahan-bahan khusus seperti Oridecon atau Elunium.

Baca juga: Build Stalker Bow Ragnarok Mobile 2023

Menempa di Ragnarok: mengasah senjata dan keterampilan karakter kalian

Merchant Base Job Blacksmith
Merchant Base Job Blacksmith. Sumber: VCGamers

Manfaat utama dari menempa adalah meningkatkan serangan, kecepatan serangan, atau efek khusus dari senjata atau peralatan. Tentu ini dimaksudkan agar players dapat menjadi lebih kuat dalam pertempuran dan menghadapi musuh-musuh yang lebih tangguh.

Dalam beberapa kasus, players juga dapat mendapatkan efek bonus seperti peningkatan critical chance atau efek elemental pada senjata mereka. Menempa juga menjadi salah satu cara untuk menciptakan keunikan dalam gameplay.

Namun, proses menempa tidak selalu mudah dan memiliki risiko. Setiap kali players mencoba menempa, ada kemungkinan senjata atau peralatan akan rusak atau bahkan hancur. Dari sana bisa terlihat bahwa menempa memang tidak untuk semua job.

Ini dapat mengakibatkan kerugian yang signifikan jika players telah menginvestasikan banyak sumber daya dalam memperoleh senjata atau peralatan tersebut.

Oleh karena itu, players perlu mempertimbangkan risiko dan keuntungan sebelum melakukan menempa. Beberapa diantaranya bahkan menggunakan item khusus seperti Bradium atau Carnium untuk mengurangi risiko kerusakan saat menempa. Di situlah akhirnya Blacksmith menjadi signifikan.

Baca juga: 6 Senjata di Ragnarok M: Eternal love yang Sangat Kuat

Peran Blacksmith dalam menempa di Ragnarok

Job Blacksmith
Job Blacksmith. Sumber: VCGamers

Blacksmith yang seorang pandai besi lebih piawai dalam menempa. Ilmu metalurgi sudah menjadi bagian dari job desc mereka. Eits, namun tentu bukan aspek tersebut yang membuat job ini cocok untuk aktivitas ini, lho ya!

Yap, seorang Blacksmith perlu menggenjot status LUK (Luckiness) yang dimilikinya. Bukan hanya ini cocok untuk play style mereka yang mengandalkan kehadiran critical hit dan chance semata, tetapi juga sekaligus untuk meningkatkan peruntungan dalam meraih keberhasilan menempa.

So, tidak heran bila akhirnya banyak players Blacksmith yang menjadikan aktivitas menempa sebagai sumber pendapatan baik di dalam maupun di luar game. Mereka yang terampil dapat menawarkan jasa menempa kepada players lain dengan imbalan Zeny atau barang-barang langka.

Maka ini semua tak hanya membuka peluang ekonomi, tapi ini akhirnya juga dapat menciptakan interaksi sosial unik antara pemain. Tidak sedikit players yang akhirnya melakukan kopi darat, bertemu, dan akhirnya menjalin pertemanan sungguhan di dunia nyata.

Baca juga: Build Status & Skill Monk Ragnarok M: Eternal Love

Jangan lupa,Beli Nyan Berry Murah, Cepat dan Aman di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!