Memahami XBox Game Pass Terbaru

Xbox Game Pass

Siapa yang tidak tertarik dengan Xbox Game Pass? Dari sekian banyak pilihan mode bermain yang paling digandrungi di jagat gaming saat ini, tentu yang satu ini amat begitu direkomendasikan.

Bagaimana tidak? Microsoft sebagai empunya Xbox sedang berlomba-lomba menaikkan pamor konsol kesayangannya itu hingga berani membanting harga pada berbagai produk gaming besutannya.

Harapannya sih, dengan begitu mereka mampu bersaing di pangsa pasar gaming dunia. Beberapa pesaing terberatnya tentu saja datang dengan nama-nama besar seperti PlayStation besutan Sony, maupun Switch milik Nintendo.

Dengan adanya persaingan tersebut, tentu saja para konsumenlah yang akan diuntungkan! Dengan penawaran harga yang terbilang cukup terjangkau, Vicigers bisa menikmati lineup judul-judul besar dengan menggunakan Game Pass tersebut.

Penasaran untuk lebih lanjutnya mengenai akses gaming yang satu ini? Karena itulah VCGamers akan mencoba membahasnya dengan lebih detail pada artikel berikut ini.

So, simak terus dan jangan kemana-mana ya!

Baca juga: Kumpulan Cheat GTA 5 Xbox One Terlengkap!

Buat yang Belum Kenal XBox Game Pass

Memahami Xbox Game Pass
Memahami Xbox Game Pass. Sumber: VCGamers

Meski layanan yang satu ini sudah begitu malang melintang di jagat gaming, namun pasti masih ada di antara Vicigers yang belum terlalu memahaminya bukan?

Karena itulah, kami kan mencoba memberi gambaran awal terlebih dahulu mengenai akses layanan gaming yang satu ini.

XBox Game Pass adalah salah satu layanan game streaming yang ditawarkan oleh Microsoft, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses katalog game yang luas dengan harga langganan bulanan.

Layanan ini memungkinkan pengguna untuk mengunduh dan memainkan game-game favorit mereka dengan mudah tanpa harus membeli permainan fisik.

Konsep seperti ini lebih dikenal dengan istilah cloud gaming. Akses ini tidak memerlukan para gamers untuk membeli judul game yang diinginkan, baik dalam bentuk fisik maupun digital download.

Layanan milik Xbox ini menawarkan lebih dari 100 game untuk dimainkan, termasuk game yang baru saja dirilis dan game-game klasik yang telah lama ada.

Katalog game ini terus diperbarui secara berkala, sehingga pengguna selalu memiliki akses ke game-game terbaru.

Baca juga: Forza Motorsport 7 Siap Hadir di Xbox One

Skema Subskripsi Xbox Game Pass

Subskripsi Xbox Game Pass
Subskripsi Xbox Game Pass. Sumber: VCGamers

Pengguna dapat mengakses layanan ini di berbagai perangkat mereka, baik Xbox, PC, atau bahkan melalui aplikasi seluler.

Selayaknya akses subskripsi/langganan (battepass, game pass, plus, dll) pada umumnya, para gamers perlu untuk membayar sejumlah uang (biasanya menggunakan USD) agar dapat mengakses Xbox Game Pass.

Lamanya durasi langganan biasa dalam satuan bulan. Biaya ini dapat berbeda tergantung pada wilayah pengguna, dan juga dapat bervariasi tergantung pada paket langganan yang dipilih.

Namun yang membuat worth it adalah, biaya langganan ini masih lebih murah daripada membeli game-game fisik satu per satu.

Ini juga bisa dilandaskan pada pemikiran bahwa game yang sudah 100% completion akan jarang diakses lagi.

Ini akan lain cerita apabila membeli dalam bentuk fisik, yang mana kaset bisa dijual dalam bentuk second-hand/pre-loved.

Namun apabila dalam bentuk digital download, akan sangat tidak memungkinkan untuk menjualnya ke tangan lain.

Maka dari pada membeli game secara satuan dan nantinya akan ‘mengendap’ setelah puas dimainkan, mengaksesnya melalui game pass tentu akan lebih baik.

Kekurangannya hanyalah, apabila subskripsi dari game pass tersebut habis, atau malah game tersebut sudah tidak termasuk ke dalam daftar list akses, pemain tidak bisa memainkannya kembali.

Baca juga: Cara Download dan Link Akun Roblox di Xbox

Yang Baru di Xbox Game Pass Februari 2023

Yang Baru Di Xbox Game Pass
Yang Baru Di Xbox Game Pass. Sumber: VCGamers

Nah, bagi Vicigers yang tertarik dan ingin mencoba berlangganan, ada 1 hal yang perlu diperhatikan.

Seperti yang sedikit banyak sudah dipaparkan di atas bahwa akses lineup game yang ditawarkan oleh game pass di masing-masing bulan tidaklah permanen dan selalu berubah-ubah.

Berbagai perubahan ini akan diumumkan di laman game pass itu sendiri. Baik judul game yang akan dihilangkan (leaving soon), maupun yang akan datang (upcoming/coming soon), akan ada peringatan yang biasanya diberikan oleh pihak developer.

Ini bertujuan agar para pengguna memiliki kesempatan untuk merampungkan linup game leaving soon yang ingin mereka selesaikan.

Selain itu, pemberitahuan upcoming juga dapat menjadi basis marketing, khususnya bagi para gamers yang tertarik untuk memainkan game-game yang akan datang tersebut.

Untuk bulan Februari 2023 ini sendiri, Microsoft melalui laman official Xbox mereka sudah mengumumkan lineup game-game tersebut. Berikut adalah daftarnya.

  1. Leaving Soon:
  • Madden NFL 21 PC & Xbox (Series X/S/One)
  • Crown Trick
  • Dragon Ball Fighterz
  • FAR: Changing Tides
  • Alien: Isolation
  • Lightning Returns FFXIII
  • Octopath Traveler
  1. Coming Soon:
  • Soul Hackers 2
  • Wo Long: Fallen Dynasty
  • MLB® The Show™ 23 Xbox (Series X/S/One)
  • Minecrafts Legends
  • Redfall
Baca juga: Cara Membuat Dedicated Server ARK Xbox One 2022

Jangan lupa Top Up Games Murah, Cepat dan Aman hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!