Review Mashle: Magic and Muscle, Anime Sihir Tanpa Protagonis Penyihir

mashle magic muscle anime

Mashle: Magic and Muscle adalah manga yang baru saja mendapatkan anime di musim semi 2023 lalu dan mendapatkan season kedua di awal tahun ini.

Meski tidak sepopuler anime shounen lain seperti Jujutsu Kaisen, Kimetsu no Yaiba, atau Chainsaw Man, anime ini cukup menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta anime dengan genre serupa.

Dengan konsep yang unik dan menarik, Mashle berhasil menggabungkan unsur-unsur sihir yang mungkin akrab kita dengan dari karya seperti Percy Jackson atau Harry Potter.

Bagi kamu yang suka film seperti tapi ingin plot yang berbeda dan tidak biasa, Mashle ini bisa jadi salah satu anime yang patut kamu tonton.

Dalam artikel ini, penulis akan menjelaskan terkait review kami setelah menonton anime yang tiba-tiba booming di Tiktok karena lagu openingnya ini.

Baca juga; Rekomendasi Anime yang Wajib Kamu Tonton di Tahun 2024

Review Mashle: Magic and Muscle

Mashle adalah anime dengan genre Shounen (target penonton remaja laki-laki) yang mengabungkan genre fantasy terkait ilmu sihir dan genre komedi.

Anime yang mendapatkan season kedua di awal tahun 2024 ini menggambarkan bagaimana seseorang tanpa kekuatan sihir hidup di dunia yang memprioritaskan para penyihir seperti dunia Harry Potter.

Plot Cerita yang Tidak Biasa

mash burnedead mashle magic muscle
Protagonis Mashle, Mash

Plot cerita dari anime dan manga Mashle: Magic and Muscle berpusat menceritakan kehidupan seorang pemuda bernama Mash Burnedead.

Di dunia latar cerita bernama Magic Realm, kekuatan magis atau sihir menjadi hal yang sangat penting dan sangat dihargai.

Di Magic Realm, terdapat sebuah sekolah sihir populer bernama Easton Magic Academy. Di sana, para siswa berlomba untuk mendapatkan Divine Visionary.

Divine Visionary yang dikumpulkan akan bisa mengantarkan siswa tersebut menjadi anggota dari Bureau of Magic.

Ibaratnya sebuah agen pemerintahan yang mengatasi segala hal terkait hukum dan ketentuan sihir di dunia tersebut.

Namun di kala semua siswa memperkuat kekuatan dan berlomba-lomba menunjukkan kemampuan sihir mereka, tokoh utama dari serial ini yang bernama Mash justru berbeda dengan yang lainnya. 

Uniknya, Mash tidak memiliki kekuatan sihir sama sekali. Namun, ia memiliki kekuatan fisik yang luar biasa seperti mampu mengangkat beban yang sangat berat.

Mash di awal cerita nekad untuk mendaftar di Easton Magic Academy dengan tekad untuk bisa masuk ke Divine Visionary.

Hal itu ia lakukan untuk membuktikan bahwa kekuatan fisik juga merupakan kekuatan yang penting di dunia ini. 

Seperti plot anime pada umumnya, perbedaan Mash awalnya tentu tidak mendapatkan sambutan positif dari teman sekitarnya. Mash sering diintimidasi dan di-bully oleh teman-teman sekelasnya yang berkekuatan magis.

Meski menghadapi berbagai rintangan dan hambatan, Mash tidak menyerah dan terus berjuang untuk membuktikan kekuatan yang dimilikinya tidak kalah dengan kekuatan sihir yang dibanggakan oleh para siswa sekolah tersebut.

Ia menunjukkan bahwa kekuatan fisik yang dimilikinya tidak kalah penting dengan sihir, bahkan mampu mengatasi bahkan melampaui kekuatan sihir itu sendiri.

Baca juga: 5 Game Harry Potter Terbaik 2024, Vibes ala di Hogwarts!

Poin Menarik dari Anime Mashle

mashle magic muscle funny scene
Adegan Komedi Mashle

Hal yang menurut penulis unik dari plot utama Mashle adalah sisi percampuran cerita yang menggabungkan elemen sihir dimana protagonis dari cerita ini bahkan tidak bisa menggunakan sihir sama sekali.

Melalui penceritaan yang menarik, Mashle mengajarkan kepada para penontonnya bahwa perbedaan dan kekurangan bukan menjadi kelemahan justru kekuatan. 

Biasanya anime shounen atau anime dengan tema mirip dengan Mashle berfokus pada progress tokoh utama untuk mengembangkan satu kemampuan tokoh utama seperti kekuatan sihir, kemampuan olahraga seperti basket atau tenis, dan lainnya.

Mash, tokoh utama, justru membuktikan bahwa ia tetap bisa menjadi hebat dengan kekuatan diri sendiri yang mungkin berbeda dengan orang lain.

Bertanding dengan berbagai karakter-karakter yang kuat dengan sihir yang mutakhir hanya dengan kekuatan pukulan, Mashle menginspirasi penulis untuk menghadapi tantangan dan mempercayai kekuatan diri sendiri. 

Selain itu karakter dari tiap tokoh disini juga menyenangkan dan berkarakter. Mash sendiri merupakan karakter yang sekilas santai namun percaya diri.

Ditambah lagi protagonis teman Mash seperti Finn, Lance, dan lainnya punya “keunikan” atau “keanehan” sendiri yang mengundang tawa sekaligus rasa kagum.

Komedi yang menghibur dari sisi aneh para karakter tadi inilah yang juga membuat pengalaman dari menonton anime yang tayang di Netflix ini tidak membosankan di setiap episode yang tayang.

Baca juga: 5 Game Nintendo Switch yang Rilis 2024, Ada Jujutsu Kaisen!

Karakter-Karakter yang Menarik

mashle character
Karakter Mashle

Di “Mashle: Magic and Muscle,” ada beberapa karakter penting yang memainkan peran utama dalam cerita. Berikut adalah beberapa karakter utama:

Mash Burnedead: Protagonis utama cerita ini yang tidak memiliki kemampuan sihir dalam dunia di mana sihir dianggap penting. Mash mengandalkan kekuatan fisiknya yang luar biasa dan bertekad untuk membuktikan bahwa kekuatan tidak hanya berasal dari sihir.

Finn Ames: Finn adalah salah satu teman terdekatnya Mash. Karakter yang memiliki sihir yang dapat memindahkan posisi lawan ini memiliki peran yang signifikan dalam cerita, sering kali mendukung dan membantu Mash dalam petualangannya.

Lance Crown: Lance adalah karakter yang memegang otoritas dalam dunia sihir dan memiliki kekuatan sihir gravitasi kuat. Dia sering kali menjadi salah satu penantang utama Mash dalam berbagai situasi. Sisi extreme Lance dalam menyayangi adik perempuannya ini sering ditonjolkan.

Dot Barrett: Salah satu tokoh utama teman Mash yang memiliki karakter suka marah-marah, tempramen, namun sangat sopan pada orang lain. Sesuai tempramennya, sihir Dott berpusat pada kekuatan untuk menghasilkan ledakan

Lemon Irvine: Satu satunya karakter perempuan yang menjadi tokoh utama. Lemon memiliki karakter yang penakut namun kekuatannya bisa mengikat orang agar tidak bisa bergerak. Lemon juga memiliki perasaan pada Mash.

Selain karakter-karakter utama ini, masih banyak karakter pendukung dan antagonis lainnya yang memperkaya dunia Mashle dan memberikan dinamika dalam alur cerita.

Sekian review terkait anime Mashle: Magic and Muscle. Penuhi kebutuhan digital dan game kamu di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!